5 Bacaan Doa Nabi Musa, Lengkap Arab, Latin dan Terjemahan

Siti Nurul Azizah 0 Komentar

Berikut Bacaan Doa Nabi Musa yang bisa kamu amalkan, agar senantiasa mendapatkan kebaikan di Dunia Maupun di Akhirat Kelak.

INDIFFS.COM – Doa Nabi Musa ini sebaiknya dibaca, terutama saat kamu sedang mengalami masalah. Terlebih, dengan doa ini menjadi sebuah permintaan agar senantiasa permasalahan dapat selesai dengan baik.

Tak hanya itu, doa ini juga merupakan bacaan doa Nabi Musa yang dibaca saat menghadapi rintangan dan cobaan yang begitu berat. Di mana, Beliau harus berhadapan secara langsung dengan raja terkejam dan terkeji yakni Fir’aun.

Doa Nabi Musa

Dibalik semua rintangan yang dihadapi oleh Beliau, Nabi Musa memilih untuk menghadapinya dengan cara berdoa kepada Allah. Bahkan doa-doa tersebut hingga saat ini masih sering diamalkan oleh kaum muslimin.

Doa Untuk Memudahkan Segala Urusan dan Ucapan

Ketika kamu sedang berhadapan dengan berbagai masalah kamu bisa membaca doa ini. Selain itu, doa ini juga bisa kamu baca pada saat ingin menyampaikan suatu pembicaraan agar tidak kaku selama yang kamu ucapkan.

Doa ini bisa kamu amalkan dan bacakan selepas sholat wajib ataupun sholat sunnah. Adapun bacaan doa ini terdapat pada Qur’an Surat Thaha ayat 25-28:

رَبِّ اشْرَحْ لِي صَدْرِي وَيَسِّرْ لِي أَمْرِي وَاحْلُلْ عُقْدَةً مِنْ لِسَانِي يَفْقَهُوا قَوْلِي

Robbisy rohlii shodrii, wa yassirlii amrii, wahlul uqdatam mil lisaani yafqohu qoulii

Artinya: “Ya rabbku, lapangkanlah untukku dadaku, dan mudahkanlah untukku urusanku, dan lepaskanlah kekakuan dari lidahku, supaya mereka mengerti perkataanku.”

Doa Memohon Ampunan

Ini merupakan doa yang dipanjatkan Beliau Nabi pada saat tidak sengaja membunuh. Yang mana saat itu Beliau bertemu dengan dua orang yang bertengkar, yakni orang dari kaum Bani Israil dan kaum bangsa firaun.

Ketika seorang kaum Bani Israil meminta bantuan kepada Beliau, kemudian Beliau meninju orang bangsa firaun tersebut dan membuatnya meninggal.

Setelah kejadian tersebut Beliau penuh dengan penyesalan dan tak henti-henti memohon ampunan dari Allah. Adapun bacaan doa ini terdapat pada Qur’an Surat Al Qashash ayat 16:

رَبِّ إِنِّي ظَلَمْتُ نَفْسِي فَاغْفِرْ لِي فَغَفَرَ لَهُ ۚ إِنَّهُ هُوَ الْغَفُورُ الرَّحِيمُ

Robbi innii zholamatu nafsii faghfir lii fa ghofaro lah, innahuu huwal ghofuurur rohiim

Artinya: “Ya Tuhanku sesungguhnya aku telah menganiaya diriku sendiri karena itu ampunilah aku. Maka Allah mengampuninya, sesungguhnya Allah Dialah Yang Maha Pengampun Lagi Maha Penyayang.

Doa Memohon Kebaikan

Beliau Nabi sendiri mendapatkan khasiat dari doa ini saat ia sedang melakukan pelarian. Saat itu, ia bertemu dengan dua orang penggembala wanita yang kesulitan memberi minum kepada ternaknya.

Kemudian, Beliau memberikan bantuan kepada dua penggembala tersebut. Yang mana, kebaikan Beliau Nabi terbalaskan karena ayah dari dua orang penggembala tersebut mau menampung Beliau yang sedang dalam pelarian. Adapun bacaan doa ini terdapat pada Qur’an Surat Al Qashash ayat 24:

رَبِّ إِنِّي لِمَا أَنْزَلْتَ إِلَيَّ مِنْ خَيْرٍ فَقِيرٌ

Rabbi Innii Limaa Anzalta Ilayya Min Khairin Faqiir

Artinya: “Ya Tuhanku sesungguhnya aku sangat memerlukan sesuatu kebaikan yang Engkau turunkan kepadaku.”

Doa Meminta Petunjuk

Bacaan Doa ini diucapkan oleh Beliau ketika ia dalam pelarian setelah peristiwa pembunuhan. Beliau meminta kepada Allah untuk diberikan petunjuk bagaimana ia harus melanjutkan perjalanan.

Adapun bacaan doa ini terdapat pada Qur’an Surat Al Qashash ayat 21 dan 22:

رَبِّ نَجِّنِي مِنَ الْقَوْمِ الظَّالِمِينَ
عَسَىٰ رَبِّي أَنْ يَهْدِيَنِي سَوَاءَ السَّبِيلِ

Rabbi Najjinii Minal Qaumidz Dzoolimiin
‘Asaa Rabbii An Yahdiyanii Sawa’aa Sabiil

Artinya: “Ya Tuhanku, selamatkanlah aku dari orang-orang yang zalim itu.
Mudah-mudahan Tuhanku memimpinku ke jalan yang benar.”

Doa Agar Terhindar dari Fitnah

Kamu bisa mengamalkan doa ini agar terhindar dari fitnah dan keji. Selain itu, doa ini merupakan Doa yang dibacakan Nabi Musa untuk menjaga dirinya dari tipu daya kaum Firaun.

Adapun bacaan doanya ialah sebagai berikut:

فَقَالُوا۟ عَلَى ٱللَّهِ تَوَكَّلْنَا رَبَّنَا لَا تَجْعَلْنَا فِتْنَةً لِّلْقَوْمِ ٱلظَّٰلِمِينَ وَنَجِّنَا بِرَحْمَتِكَ مِنَ ٱلْقَوْمِ ٱلْكَٰفِرِينَ

Faqooluu ‘Alallahi Tawakkalnaa Rabbanaa Laa Taj’alnaa Fitnatalilqoumidz Dzoolimiina Wanajjinaa Birohmatika Minalqoumil kaafiriin

Artinya: “Kepada Allah lah kami bertawakal. Ya Tuhan kami, janganlah Engkau jadikan kami sasaran fitnah bagi kaum zalim, dan selamatkanlah kami dengan rahmat Engkau dari (tipu daya) orang-orang yang kafir.”

Demikian beberapa doa Nabi Musa yang bisa kamu bacakan dan amalkan. Semoga dengan membaca doa tersebut secara rutin, kamu akan dapat merasakan manfaatnya.

Wallahua’lam

Tanggapan

Belum ada

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Konten Terkait

Konten Terbaru