5 Bacaan Sholawat Pendek Mudah Dihafalkan, Perbanyak Amal!

Resa Azzahra 0 Komentar

Beberapa bacaan sholawat yang pendek memiliki banyak keutamaan yang luar biasa. Untuk itu, yuk amalkan beberapa sholawat berikut ini!

INDIFFS.COM – Beberapa bacaan sholawat pendek memiliki beberapa keutamaan. Sholawat yang berisi permohonan kepada Allah SWT untuk meminta keselamatan, keberkahan, kemudahan rezeki dan lain halnya. Sholawat juga bermakna sebagai doa yang dapat dipanjatkan untuk Nabi kita Muhammad SAW beserta keluarga dan para sahabatnya.

Sholawat juga dapat menjadi refleksi kecintaan dan penghormatan umat Muslim terhadap Nabi Muhammad SAW. Hal ini disampaikan dalam  QS. Al-Ahzaab ayat 56 yang berbunyi:

إِنَّ ٱللَّهَ وَمَلَٰٓئِكَتَهُۥ يُصَلُّونَ عَلَى ٱلنَّبِىِّ ۚ يَٰٓأَيُّهَا ٱلَّذِينَ ءَامَنُوا۟ صَلُّوا۟ عَلَيْهِ وَسَلِّمُوا۟ تَسْلِيمًا

Innallaaha wa malaa`ikatahụ yuṣallụna ‘alan-nabiyy, yaa ayyuhalladziina aamanụ ṣallụ ‘alaiihi wa sallimụ taslīmā

Artinya: Sesungguhnya Allah dan malaikat-malaikat-Nya bershalawat untuk Nabi. Hai orang-orang yang beriman, bershalawatlah kamu untuk Nabi dan ucapkanlah salam penghormatan kepadanya.

Bacaan Sholawat Pendek

Ada beberapa macam sholawat yang dikenal oleh umat muslim. Sholawat ini dapat dibaca dimana dan kapan saja tanpa batas waktu. Apa saja itu? Berikut bacaan sholawat pendek yang mudah di hafal:

1. Sholawat Syifa

Ada pula yang menyebutkan bahwa sholawat Syifa sebaiknya dibaca setiap hari 100 kali atau lebih, atau dibaca setiap selesai mengerjakan sholat Subuh dan Maghrib. Untuk menyembuhkan dan memberikan ketenangan hati, bacalah sholawat Syifa tiga kali sehabis sholat Maghrib secara terus-menerus dan berkesinambungan. Sehabis sholat fardhu, bacalah sholawat Syifa 15 kali, niscaya akan terjaga dari segala penyakit lahir dan batin, serta akan memperoleh keselamatan.

Berikut Bacaan Sholawat Syifa:

أَللَّهُمَّ صَلِّ عَلَى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ طِبِّ الْقُلُوْبِ وَدَوَائِهَا وَعَافِيَةِ الأَبْدَانِ وَشِفَائِهَا وَنُوْرِ الأَبْصَارِ وَضِيَائِهَا وَعَلَى آَلِهِ وَصَحْبِهِ وَسَلِّمْ

Allaahumma sholli ‘ala sayyidina Muhammadin thibbil qulubi wa dawa ihaa, Wa ‘afiyatil abdaani wa syifa ihaa, Wa nuuril absoori wa dhiya ihaa, Wa ‘ala aalihi wa shobihi wa salim

Artinya: “Ya Allah limpahkan rahmat kepada junjungan kami nabi Muhammad SAW, sebagai obat hati dan penyembuhnya, penyehat badan dan kesembuhan nya, sebagai penyinar penglihatan mata beserta cahayanya dan semoga rahmat tercurah limpahkan kepada para sahabat beserta keluarganya.”

Keutamaan Sholawat Syifa:

Fadhilah dan manfaat sholawat Syifa bagi umat Muslim adalah disembuhkan dari segala penyakit serta di berikan kemudahan dari banyak kesusahan dan kesulitan. Sholawat Syifa atau thibbil qulub ini adalah salah satu shalawat penenang hati. 

2. Sholawat Nariyah

Sholawat Nariyah adalah salah satu sholawat yang disusun oleh Syekh Nariyah. Beliau hidup di zaman Nabi Muhammad SAW dan termasuk ke dalam salah satu sahabat Nabi. Beliau bekerja keras untuk menyampaikan wahyu Allah dan mengajarkan Islam, amal saleh dan akhlaqul karimah. Sehingga beliau selalu berdoa kepada Allah untuk memohon keselamatan dan kesejahteraan untuk nabi. Dan beliau membaca sholawat ini sebanyak 4444 kali dan setelah membacanya ia mendapatkan karomah dari Allah SWT.

Berikut bacaan Sholawat Nariyah:

اَللّٰهُمَّ صَلِّ صَلَاةً كَامِلَةً وَسَلِّمْ سَلَامًا تَامًّا عَلىٰ سَيِّدِنَا مُحَــمَّدِ ࣙالَّذِيْ تَنْحَلُّ بِهِ الْعُقَدُ وَتَنْفَرِجُ بِهِ الْكُرَبُ وَتُقْضٰى بِهِ الْحَوَائِجُ وَتُنَالُ بِهِ الرَّغَائِبُ وَحُسْنُ الْخَوَاتِمِ وَيُسْتَسْقَى الْغَمَامُ بِوَجْهِهِ الْكَرِيْمِ وَعَلىٰ اٰلِهِ وِصَحْبِهِ فِيْ كُلِّ لَمْحَةٍ وَ نَفَسٍ بِعَدَدِ كُلِّ مَعْلُوْمٍ لَكَ

Allaahumma shalli shalaatan kaamilatan wa sallim salaaman taaman ‘ala sayyidina Muhammadinil-ladzi tanhallu bihil- ‘uqadu wa tan fariju bihil-kurobu wa tuqdaa bihil-hawaaiju wa tunaalu bihir-raqa’ibu wa husnul-khawaatimi wa yistasqal-ghamamaamu biwajhihil-karimi wa ‘alaa aalihi wa sahbihi fi kulli lamhatin wa nafasin bi’adadi kulli ma ‘luumilak(a)

Artinya: “Ya Allah, limpahkan lah shalawat yang sempurna dan curahkan lah salam kesejahteraan yang penuh kepada junjungan kami Nabi Muhammad, yang dengan sebab beliau semua kesulitan dapat terpecahkan, semua kesusahan dapat dilenyapkan, semua keperluan dapat terpenuhi, dan semua yang didambakan serta husnul khatimah dapat diraih, dan berkat dirinya yang mulia hujan pun turun, dan semoga terlimpahkan kepada keluarganya serta para sahabatnya, di setiap detik dan hembusan nafas sebanyak bilangan semua yang diketahui oleh Engkau,”

Keutamaan Sholawat Nariyah

Ibnu Watiniyah mengatakan dalam bukunya, keutamaan membaca sholawat Nariyah adalah doa dan hajat nya dengan mudah dan cepat bisa dikabulkan. Selain itu, membawa sholawat ini juga bisa melancarkan rezeki dan terhindar dari segala kejahatan, serta dijaga dari musibah dan malapetaka.

3. Sholawat Nuril Anwar

Sholawat Nuril Anwar ini mujarab untuk mencapai hajat dan menghilangkan berbagai kesusahan. Untuk memperoleh ketenangan hidup dan dijauhkan dari marabahaya, seseorang bisa dengan rutin melafalkan bacaan sholawat. Salah satunya adalah bacaan sholawat Nuril Anwar.

Berikut bacaan Sholawat Nuril Anwar:

اللَّهُمَّ صَلِّ عَلَى نُورِ الأَنْوَارِ. وَسِرِّ الأَسِرَارِ. وَتِرْيَاقِ الأَغْيَارِ. وَمِفْتَاحِ بَابِ الْنَسَارِ. سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ الْمُخْتَارِ. وَآلِهِ الأَطْهَارِ. وَأَصْحَابِهِ الأَخْيَارِ. عَدَد نِعَمِ الله وَأِفْضَالِهِ.

Allahumma Shalli ‘Alaa Nuuril Anwaari Wasirril Asraari, Watiryaaqil Aghyaari Wamiftaahi Baabil Yasaari, Sayyidinaa Wamaulaana Muhammadinil Muhtaari Wa Aalihil Ath Haari Wa Ash Haabihil Ahyaari ‘Adada Ni’amillaahi Wa Ifdhaalih.

Artinya: “Ya Allah, limpahkanlah rahmat kepada cahaya dari segala cahaya, belakang layar dari segenap rahasia, penawar sedih dan kebingungan, pembuka pintu kemudahan, yakni junjungan kami, Nabi Muhammad saw. yang terpilih, keluarganya yang suci, dan para sahabatnya yang mulia sebanyak hitungan nikmat Yang Mahakuasa dan karunia-Nya”

Keutamaan Sholawat Nuril Anwar

Dengan rutin membaca dan mengamalkannya, seseorang akan memperoleh keutamaan yang sangat luar biasa, salah satunya ia akan mampu ber-istiqomah dalam mengamalkan sholawat tersebut dalam memperoleh rezeki lahir dan batin, terhindar dari malapetaka, musibah, kecelakaan, kesialan, memperoleh cahaya ilahi, dilapangkan hati dan kebahagiaan, meredakan amarah dan mampu menjernihkan pikiran.

4. Sholawat Munjiyat

Selain itu, bacaan sholawat Munjiyat juga dianjurkan untuk dilafalkan setelah melaksanakan shalat hajat sebagai zikir agar hajat yang diinginkan bisa segera terpenuhi.

Berikut bacaan Sholawat Munjiyat:

اَللّٰهُمَّ صَلِّ عَلَى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ صَلاَةً تُنْجِيْنَا بِهَا مِنْ جَمِيْعِ الْأَهْوَالِ وَالْاٰفَاتِ وَتَقْضِيْ لَنَا بِهَا جَمِيعَ الْحَاجَاتِ وَتُطَهِّرُنَا بِهَا مِنْ جَمِيْعِ السَيِّئَاتِ وَتَرْفَعُنَا بِهَا عِنْدَكَ أَعْلَى الدَّرَجَاتِ وَتُبَلِّغُنَا بِهَـــا أَقْصَى الْغَايَاتِ مِنْ جَمِيْعِ الْخَيْرَاتِ فِى الْحَيَاةِ وَبَعْدَ الْمَمَـــاتِ

Allaahumma shalli ‘alaa Sayyidinaa Muhammadin wa ‘alaa aali Sayyidinaa Muhammadin shalaatan tunjînaa bihaa min jamî’il ahwaali wal aafaat wa taqdhî lanaa bihaa jamî’al haajat wa tuthahhirunâ bihâ min jamî’is sayyiât wa tarfa’unâ bihâ ‘indaka a’lad darajât wa tuballighunâ bihaa aqshal ghaayat min jamii’il khairaati fil hayaati wa ba’dal mamaat

Artinya: “Ya Allah limpahkanlah rahmat kepada junjungan kami Nabi Muhammad, yang dengan shalawat itu, Engkau akan menyelamatkan kami dari semua keadaan yang menakutkan dan dari semua cobaan; dengan shalawat itu, Engkau akan mengabulkan hajat kami; dengan shalawat itu, Engkau akan menyucikan kami dari segala keburukan; dengan shalawat itu, Engkau akan mengangkat kami ke derajat paling tinggi; dengan shalawat itu pula, Engkau akan menyampaikan kami kepada tujuan yang paling sempurna dalam semua kebaikan, ketika hidup dan setelah mati.”

Keutamaan Sholawat Munjiyat

Sholawat Munjiyat dikenal sebagai sholawat penyelamat. Hal ini karena ‘terciptanya’ bacaan shalawat tersebut yang berasal dari sebuah peristiwa yang dialami oleh salah satu orang ‘arif. Keutamaan sholawat Munjiyat yang baik bagi umat muslim dapat menjadi syafaat di akhirat kelak, penolong di dunia, mendapatkan turunnya rahmat Allah, membantu doa cepat terkabul dan melapangkan segala kesulitan.

5. Sholawat Bani Hasyim

Sholawat Bani Hasyim adalah salah satu sholawat yang banyak manfaatnya untuk kepentingan dunia akhirat. Amalkan sholawat berikut ini karena dengan rutin dan istiqomah, insyaallah pintu rahmat akan terbuka untuk hambanya yang mengamalkan.

Berikut Bacaan Sholawat Bani Hasyim:

اَللَّهُمَّ صَلِّ عَلَى النَّبِىِّ الْهَاشِمِىِّ مُحَمَّدٍ وَعَلَى آلِهِ وَسَلِّمْ تَسْلِيْمًا

Allaahumma shalli ‘alaan-nabiyul Haasyimiyyi Muhammadin wa ‘alaa aalihi wa sallim tasliimaan

Artinya: “Ya Allah berikanlah rahmat serta salam kepada seorang nabi keturunan Bangsawan Hasyim, yakni Muhammad beserta keluarganya, semoga tetap selamat dan sejahtera.”

Keutamaan Sholawat Bani Hasyim

Sholawat bani hasyim sangat dianjurkan untuk dibaca sebanyak-banyaknya, baik secara lisan atau di dalam hati. Sholawat ini memiliki keutamaan yaitu diberikannya kemudahan dan dijauhkan dari kesusahan, rasa takut, atau mengalami gangguan.

Sholawat ini sangat besar pahalanya karena sholawat ini tentang mendoakan Nabi Muhammad SAW dan juga bisa membuat hati terasa tenang dan jiwa terlindungi dari marabahaya.

Itulah beberapa bacaan sholawat pendek yang bisa kita hafal kan dan kita amalkan dalam sehari-hari. Semoga dapat membantu dan bermanfaat.

Tanggapan

Belum ada

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Konten Terkait

Konten Terbaru