5 Cara Ampuh Dan Efektif Mengatasi Bopeng Pada Kulit Wajah

Wiwin Indriani 0 Komentar

Bopeng adalah bekas jerawat yang dalam di kulit. Terdapat beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mengatasi bopeng pada kulit wajah.

INDIFFS.COM – Bopeng adalah bekas jerawat yang dalam di kulit. Adanya bopeng disebabkan oleh kebiasaan memencet jerawat yang sudah meradang. Umumnya, bekas jerawat ini tidak dapat hilang sendirinya. Akan tetapi, kamu tidak perlu khawatir, karena ada cara untuk mengatasi kulit wajah yang bopeng.

Cara Mengatasi Bopeng

Melansir dari berbagai sumber, berikut ini terdapat beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk mengatasi kulit wajah yang bopeng:

1. Dermabrasi

Menghilangkan bopeng di wajah bisa dilakukan lewat perawatan dermabrasi. Teknik perawatan ini di lakukan tanpa menggunakan bahan kimia, melainkan sikat kawat kecil. Sikat kawat kecil akan diputar mengenai kulit yang bopeng, untuk mengikis lapisan atas.

Dermabrasi atau pengikisan ini dilakukan dengan anestesi lokal atau umum, tergantung pada ukuran area bopeng yang membutuhkan perawatan. Pada beberapa situasi tertentu, dermabrasi justru dapat meningkatkan risiko menciptakan bekas luka baru atau pori-pori membesar.

2. Gel Lidah Buaya

Gel lidah buaya adalah bahan alami yang memiliki sifat anti-inflamasi antibakteri, sehingga dianggap berguna untuk memperbaiki masalah kulit dan menjaga kesehatan kulit. Caranya yaitu, campurkan 1 sendok makan gel lidah buaya dengan 2 atau 3 tetes tea tree oil. Lalu oleskan ke bopeng bekas jerawat. Setelah 10 hingga 15 menit, bilas dengan air dingin, gunakanlah sekali sehari.

3. Krim Penghilang Bekas Jerawat

Kamu bisa membeli krim penghilang bopeng di apotek. Cara kerja krim ini cukup sederhana, yaitu melembabkan kulit dan mengurangi gejala, seperti gatal dan kemerahan. Sayangnya, krim penghilang bopeng membutuhkan waktu berbulan-bulan hingga bertahun-tahun agar hasilnya maksimal.

Maka dari itu, penting bagi kamu untuk memilih jenis krim yang cocok dengan jenis kulit manusia dan aman untuk menghilangkan bopeng bekas jerawat.

Terdapat beberapa masker yang mengandung bahan dalam krim ini, seperti Centella asiatica. Centella asiatica adalah tanaman herbal yang mengandung zat-zat aktif, seperti asiaticoside, madecassoside, dan asiatic.

Senyawa tersebut dipercaya dapat membantu meredakan iritasi dan memperbaiki lapisan kulit terluar yang rusak. Jika kamu ragu, sebaiknya konsultasikan dengan dokter untuk mengetahui jenis krim apa yang dapat membantu menghilangkan bopeng.

4. Chemical Peeling

Bopeng di wajah bisa dihilangkan dengan cara perawatan chemical peeling. Jenis perawatan ini efektif untuk menghilangkan bekas luka. Proses perawatan nya adalah dengan menggunakan teknik pengelupasan kimia dimana lapisan asam dioleskan ke wajah.

Chemical peeling menghilangkan lapisan luar kulit dan membuatnya ber-generasi. Kulit bisa menjadi merah dan teriritasi setelah dikupas dan bisa mengelupas. Chemical peeling perlu dilakukan secara teratur agar efektif dan menghasilkan tekstur kulit yang rata, sehingga bopeng pun berkurang.

5. Dermal Fillers

Dokter dapat merekomendasikan produk perawatan dermal filler ini untuk mengobati bopeng. Dermal filler adalah suntikan produk yang mengangkat bopeng ke tingkat kulit wajah lainnya. Ada berbagai produk di pasaran, termasuk asam hialuronat dan kalsium hidroksilapatit yang dapat kamu gunakan. Efek dermal fillers bersifat sementara tetapi biasanya berlangsung dari beberapa bulan hingga satu tahun, tergantung pada produknya.

Demikian beberapa cara yang dapat kamu lakukan untuk mengatasi bopeng pada kulit wajah. Semoga membantu!

Tanggapan

Belum ada

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Konten Terkait

Konten Terbaru