5 Cara Jitu Menghadapi Teman yang Iri Padamu Dengan Bijak!

Resa Azzahra 0 Komentar

Dalam kehidupan tentunya kita tak asing dengan adanya seseorang memiliki perasaan iri dan dengki. Berikut Cara Menghadapi Teman yang Iri!

INDIFFS.COM – Di setiap ruang lingkup kehidupan, baik di tempat kerja atau pertemanan pasti ada aja seseorang yang iri denganmu. Akan tetapi, kamu juga tidak bisa mengontrol sikap dan pikiran orang lain. Namun, kamu punya pilihan untuk mengabaikan atau melakukan cara untuk menghadapi teman yang selama ini iri padamu. 

Menurut psikolog, iri adalah bentuk reaksi yang timbul karena merasa cemburu akan sesuatu yang tidak bisa dimiliki. Apalagi sesuatu yang ada pada dirimu. Dengan melihatmu sukses di segala bidang saja itu justru akan membuatnya kesal, bukannya termotivasi.

Tips Menghadapi Orang Iri

Orang-orang terdekat disekitar mu bisa saja memiliki rasa iri dan kebencian terhadapmu. Jangan menjadi takut atau berlarut sedih. Simak beberapa cara arau tips menghadapi orang iri dan dengki padamu:

1. Kurangi Memposting Sesuatu Di Medsos

Terkadang seseorang iri dari tingkah laku diri sendiri. Untuk terjauh dari sikap seseorang kamu bisa mengurangi postingan segala sesuatu di media sosial. Lagi pula, terdapat beberapa hal yang tak perlu di posting, misalnya pencapaian, penghasilan, karier sampai masalah. Jika dengan cara ini mereka dapat berhenti menunjukkan sifat iri, maka lakukanlah.

Sementara waktu tak usah unjuk gigi di media sosial dahulu. Jika temanmu berhenti nyinyir berarti cara ini cukup ampuh. Tapi jika tidak, artinya temanmu sudah terlanjur iri dan dengki padamu.

2. Cari Tau Alasannya

Sebaiknya cari tau secara langsung apa yang menyebabkan temanmu merasa iri begitu. Siapa tau penyebabnya hanya karena salah paham saja. Dia pikir mungkin kamu sombong dan suka pamer bahwa kamu itu yang paling baik di lingkungannya. Sebenarnya kamu tak ada niat sama sekali. Nah, kalau sudah lebih dekat dan saling kenal lebih jauh, ada kemungkinan tidak ada lagi perasaan iri dan dengki di hatinya.

3. Hiraukan Saja

Orang iri biasanya ia akan berbicara dengan kata menyakiti perasaan. Oleh karena itu, kamu harus bisa menjaga pikiran dan hati agar tidak terpancing emosi. Hadapi nyinyiran mereka dengan bijak, jangan sampai dimasukkan dalam hati karena hal itu akan berimbas pada kesehatan mental-mu. Anggap saja ia begitu karena sedang meluap kan emosi nya karena belum bisa seperti-mu.

Jika memang kamu tidak tahan dengan sikapnya, maka kamu bisa menjaga jarak dengannya. Kurangi intensitas bermain dengan nya dan berikan alasan yang masuk akal agar tetap terlihat sopan.

4. Berintropeksi Diri

Memang menyebalkan jika menghadapi orang yang gampang iri sama kita, tapi mungkin kamu lupa dulu juga pernah berada dalam posisinya. Pasti rasanya tidak enak dan bawaan nya ingin menggunjing demi menutupi kesalahan sendiri. Tidak ada salah nya juga kan kamu berontropeksi diri. 

Jika kamu sudah tau rasanya tidak enak iri sama orang lain, mungkin kamu bisa menjadi sedikit maklum pada orang-orang yang iri padamu. Anggap saja mereka sedang melakukan tahapan yang sama dengan posisimu sekarang. Jadi tidak usah terlalu respons, ya.

5. Berikan Ia Waktu Untuk Unjuk Gigi

Orang yang iri sama usaha orang lain biasanya karena mereka merasa tidak punya kesempatan yang sama untuk tampil. Nah, kamu bisa berlagak seperti perantara untuknya, untuk melakukan sesuatu usaha atau hal sama-sama jago. Dan lain kali ketika ada kesempatan datang, lemparkan peluang tersebut ke temanmu biar dia bisa ikut merasakan perjuangan-mu sebelum mendapatkan kesuksesan.

Demikianlah beberapa cara untuk menghadapi teman yang iri dengan cara bijak dan berkelas. Semoga dapat membantu!

Tanggapan

Belum ada

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Konten Terkait

Konten Terbaru