5 Cara Meneladani Asmaul Husna Dalam Kehidupan Sehari-Hari

Wiwin Indriani 0 Komentar

Umat muslim dianjurkan untuk meneladani Asmaul Husna. Penting bagi setiap muslim untuk mengetahui cara meneladani Asmaul Husna.

INDIFFS.COM – Bagi setiap Muslim, Asmaul Husna harus diketahui dan dipahami. Pasalnya, dengan tahu dan hafal dengan nama-nama itu, jaminan nya adalah surga. Tak hanya dipelajari, sebagai umat muslim dianjurkan untuk meneladani Asmaul Husna ini.

Cara Meneladani Asmaul Husna

Sangat penting bagi setiap muslim untuk mengetahui cara meneladani Asmaul Husna. Berikut ini cara meneladani Asmaul Husna yang dilansir dari beberapa sumber:

1. Memiliki Sifat Sabar dan Ikhlas

Allah SWT memiliki nama As Shobur atau Yang Maha Penyabar. Meneladani nama tersebut, kamu harus senantiasa bersabar dan ikhlas ketika diberi cobaan oleh Allah SWT. Sabar sendiri merupakan sifat yang sangat mulia. Selain bersabar dalam menghadapi cobaan, kamu juga harus bersabar menghadapi hawa nafsu untuk berbuat maksiat.

2. Menebarkan Perdamaian

Allah mempunyai nama As Salam yang artinya Yang Maha Pemberi Keselamatan kepada semua makhluk-Nya. Cara meneladani nama baik Allah yang satu ini adalah umat muslim harus menebarkan perdamaian dan keselamatan kepada orang lain.

Dengan menebarkan ketentraman dan keselamatan, lingkungan sekitar menjadi tempat yang ideal dengan orang-orang yang baik dan menjunjung tinggi perdamaian. Bahkan kepada orang yang tidak baik pun umat Muslim harus menebarkan keselamatan. Hal ini sesuai yang diperintahkan Allah melalui firman-Nya:

وَعِبَادُ الرَّحْمٰنِ الَّذِيْنَ يَمْشُوْنَ عَلَى الْاَرْضِ هَوْنًا وَّاِذَا خَاطَبَهُمُ الْجٰهِلُوْنَ قَالُوْا سَلٰمًا

“Adapun hamba-hamba Tuhan Yang Maha Pengasih itu adalah orang-orang yang berjalan di bumi dengan rendah hati dan apabila orang-orang bodoh menyapa mereka (dengan kata-kata menghina), mereka mengucapkan, salam (kata-kata keselamatan).” (QS. Al Furqan: 63)

3. Teguh Pendirian dalam Beribadah

Allah SWT memiliki nama Al Matin memiliki arti Yang Maha Kokoh. Meneladani sifat tersebut kamu harus selalu istiqomah dan berpegang teguh pada iman dalam beribadah. Jangan sampai kamu mudah terbujuk rayuan setan sehingga kamu malas beribadah. Selain teguh pendirian dalam beribadah, kamu juga harus kuat dalam menghadapi cobaan.

4. Berusaha Berlaku Adil

Allah mempunyai nama Al Adl memiliki arti Yang Maha Adil. Cara mengamalkannya yaitu dengan berusaha bertindak adil dalam memberlakukan perilaku terhadap diri kita sendiri karena apa yang ingin kita berlaku-kan kepada orang lain telah kita alami. Tentu perbuatan kita tidak didasarkan atas rasa marah, dendam, atau kepentingan diri sendiri sehingga perbuatan itu tidak akan merugikan orang lain.

Kita akan bertindak dan berbuat sesuai dengan peraturan dan ketentuan Allah. Dengan demikian, kita akan memberikan hak-hak orang lain sesuai dengan hak yang mereka miliki. Menegakkan keadilan adalah wujud pengabdian kita kepada Sang Maha Adil.

5.  Selalu Tunduk, Patuh dan Bersyukur

Berusaha bertindak adil dalam memberlakukan perilaku terhadap diri kita sendiri karena apa yang ingin kita berlaku-kan kepada orang lain telah kita alami. Tentu perbuatan kita tidak didasarkan atas rasa marah, dendam, atau kepentingan diri sendiri sehingga perbuatan itu tidak akan merugikan orang lain.

Kita akan bertindak dan berbuat sesuai dengan peraturan dan ketentuan Allah. Dengan demikian, kita akan memberikan hak-hak orang lain sesuai dengan hak yang mereka miliki. Menegakkan keadilan adalah wujud pengabdian kita kepada Sang Maha Adil.

Tanggapan

Belum ada

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Konten Terkait

Konten Terbaru