5 Cara Mengamankan WiFi Rumah Supaya Tidak Mudah Dibobol

Wiwin Indriani 0 Komentar

Dengan mengamankan jaringan Wifi rumah akan menjauhkan dari perangkat tidak sah yang akan memperlambat koneksi.

INDIFFS.COM – Jaringan rumah yang aman akan membantu mengurangi risiko diretas dan seseorang mengakses informasi sensitif Anda. Tak hanya itu, mengamankan jaringan Wifi rumah akan menjauhkan pengguna dan perangkat tidak sah yang akan memperlambat koneksi atau membebani layanan internet yang Anda bayar.

Cara Mengamankan WiFi Rumah

Ternyata cukup mudah untuk mengamankan atau melindungi WiFi rumah agar aman. Ikuti beberapa cara berikut ini untuk mengamankan jaringan WiFi rumah Anda:

1. Ganti Nama Koneksi WiFi

Cara mengamankan wifi yang paling mudah adalah mengganti nama wifi Anda. Mungkin hal ini dianggap sepele bagi beberapa orang. Akan tetapi, mengubah nama koneksi jaringan ternyata bisa juga untuk mengamankan wifi Anda.

Apabila sebelumnya nama wifi yang Anda gunakan hanya dinamai dengan nama defaut, untuk selanjutnya cobalah untuk mengubah namanya menjadi nama yang lebih provokatif.

2. Ubah Password Bawaan Router Wifi

Password bawaan router sangat mudah dibobol, karena biasanya password default router sudah di setting standar bawaan pabrik. Jika hacker sudah mengetahui password untuk router Anda. Ia bisa saja masuk dengan kata sandi tersebut dan mengubah pengaturan jaringan Anda.

Jika sudah begitu, tentu Anda yang akan rugi karena bisa saja hacker tersebut membuat Anda tidak bisa mengakses jaringan yang Anda beli sendiri. Itulah mengapa, mengubah password adalah hal yang paling penting.

3. Mengaktifkan Enkripsi

Memastikan bahwa traffic atau data yang berpindah antara ponsel, laptop, dan router Wifi dapat disadap. Teknik intersepsi ini di sebut packet sniffing. Sebagian besar router modern akan secara otomatis memilih enkripsi WPA2 sebagai default. Sebaiknya periksa apakah Anda menggunakan standar terbaru.

Buka halaman Wi-Fi di bawah pengaturan admin router dan pastikan itu di atur ke WPA2 atau WPA3. Perhatikan, bahwa WPA dan WEP adalah protokol yang tidak aman dan telah lama di kompromikan.

Jika router tidak mendukung standar yang lebih tinggi dari WPA atau WEP, mungkin ada baiknya untuk meningkatkan ke yang baru dari daftar router Wifi terbaik.

4. Pasang Mikrotik dengan Login Page

Ketika Anda menggunakan fitur mikrotik, jika ada orang yang ingin membobol WiFi maka akan di arahkan ke login page. Sistem ini berbeda dengan sistem Router Accespoint dan bisa di katakan sebagai cara agar WiFi tidak di bobol maling.

Namun, untuk setting-nya cukup sulit, karena Anda perlu memanggil jasa sering mikrotik ke rumah jika kesulitan mengerjakannya. Meskipun sulit, namun fitur yang di berikan sangat lengkap seperti, membatasi kecepatan, mengetahui siapa saja yang menggunakan Wifi, hingga memblokir situs.

5. Pastikan Selalu Update Firmware

Selayaknya HP dan PC, Wifi juga di jalankan dengan sebuah sistem operasi yang  di sebut firmware. Pengembang pasti akan menyediakan pembaruan atau update firmware dalam waktu tertentu. Nah, Anda wajib memperbarui firmware router yang di gunakan. Karena dengan menggunakan firmware terbaru, maka secara tidak langsung sistem keamanan yang di terapkan juga baru.

Itulah beberapa cara yang dapat Anda lakukan untuk mengamankan wifi rumah supaya tidak dibobol orang lain.

Tanggapan

Belum ada

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Konten Terkait

Konten Terbaru