5 Cara Mengatasi Obesitas Pada Bayi. Jangan Sampai Teledor!

Resa Azzahra 0 Komentar

Sebagai seorang ibu tentunya harus bisa memperhatikan kesehatan bayi terutama saat mengalami obesitas, maka wajib mengetahui bagaimana cara untuk mengatasi nya.

Indiffs – Bayi yang memiliki gejala obesitas adalah hal yang mungkin terjadi. Penyebabnya bisa jadi dari kondisi kesehatan ibu, faktor genetik atau asupan makanan yang terbukti mengandung banyak gula yang tinggi. Untuk itu para ibu wajib mengetahui bagaimana cara mengatasi obesitas pada bayi.

Menurut American Academy of Pediatrics dan CDC, bayi yang disusui cenderung tidak mengalami kelebihan berat badan. CDC juga melaporkan bahwa semakin lama bayi disusui, semakin kecil kemungkinan mereka menjadi kelebihan berat badan seiring bertambahnya usia. Namun, banyak bayi yang diberi susu formula tumbuh menjadi orang dewasa dengan berat badan yang sehat. Jika anak Anda tidak disusui, bukan berarti ia tidak dapat mencapai berat badan yang sehat.

Agar bayi tidak terkena obesitas, beberapa cara ini bisa Anda lakukan untuk si buah hati:

1. Berikan Makanan Bergizi

Makanan sehat, seimbang, rendah lemak menawarkan nutrisi yang dibutuhkan anak-anak Anda dan membantu mereka mengembangkan kebiasaan makan yang cerdas. Ajari mereka tentang pentingnya makan makanan seimbang dengan berbagai item kaya nutrisi seperti biji-bijian, buah-buahan dan sayuran, susu, kacang-kacangan, dan daging tanpa lemak.

2. Menyusui

Menyusui adalah cara yang bagus untuk memulai bayi Anda. Tidak hanya makanan yang dirancang dengan sempurna untuk kebutuhan nutrisi bayi, hampir tidak mungkin untuk memberi makan berlebihan saat menyusui. Bahkan jika bayi tinggal di sana untuk waktu yang lama, setelah 10 hingga 15 menit mereka kebanyakan hanya mengisap untuk kenyamanan dan tidak mendapatkan susu.

3. Jangan Memberikan Makanan Berlebih

Wajar jika bayi menghabiskan sebotol atau semangkuk makanan. Tetapi jika bayi berhenti makan dan memberi isyarat bahwa dia tidak ingin lagi, penting untuk menghormatinya. Jika dokter Anda mengatakan bahwa bayi Anda kekurangan berat badan dan perlu makan lebih banyak, itu lain cerita dan Anda harus berbicara dengan dokter tentang apa yang harus dilakukan. Tetapi jika bayi sehat, ketika dia mengatakan dia sudah selesai, dia sudah selesai. Biarkan dia mendengarkan isyarat laparnya, itu akan menjadi penting selama sisa hidupnya.

4. Ajak Bayi Bergerak

Jika Anda menjadikan permainan aktif dan olahraga keluarga sebagai bagian normal setiap hari, itu tidak hanya membantu bayi mencapai dan mempertahankan berat badan yang sehat, tetapi juga membuat mereka lebih aktif sebagai anak-anak, remaja, dan orang dewasa.

5. Berikan Makanan Padat

Setelah Anda mulai menambahkan makanan padat ke dalam makanan bayi, batasi atau hindari makanan berkalori kosong dan minuman manis. Potongan-potongan kecil buah-buahan yang lembut atau potongan-potongan sayuran yang dimasak menjadi camilan pengantar yang sangat baik. Dengan memperkenalkan anak Anda pada makanan sehat sejak awal, dapat menciptakan dasar untuk kebiasaan makan yang sehat saat mereka tumbuh.

Itulah 5 cara yang bisa Anda lakukan untuk mencegah atau mengatasi terjadinya obesitas pada bayi, semoga bermanfaat.

Tanggapan

Belum ada

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Konten Terkait

Konten Terbaru