5 Cara Mengatasi Overthinking Agar Lebih Santai Menjalani Hidup

Hannii 0 Komentar

Ovt tak hanya sekedar melelahkan tapi juga mengganggu. Agar tidak berlarut-larut ada cara mengatasi overthinking yang bisa kamu coba lakukan.

INDIFFS.COM – Overthinking tak hanya sekedar melelahkan, tetapi juga bisa mengganggu aktivitas sehari-hari. Agar tidak berlarut-larut, ada cara mengatasi overthinking yang bisa kamu coba lakukan. Dengan begitu, aktivitas mu sepanjang hari tidak terganggu dan kesehatan mental pun tetap terjaga. Overthinking sebenarnya umum terjadi dan bisa dialami siapa saja. Orang dengan pola pikir ini kerap memikirkan sesuatu secara berlebihan dan biasanya dipicu oleh adanya rasa cemas atau tidak percaya diri. Kamu bisa mengatasi nya dengan cara mengatasi overthinking dalam artikel ini.

Apa Itu Overthinking?

Overthinking adalah tindakan dalam memikirkan masalah, sementara pemecahan masalah melibatkan mencari solusi secara berlebihan. Namun, jangan keliru menyamakannya dengan pemikir, orang yang bersikap seperti ini seringkali memikirkan hal-hal yang ringan secara berlebihan juga bukan dengan berbagai sikap kewaspadaan sebelum mengambil keputusan.

Hal tersebut disebabkan oleh adanya kekhawatiran atau kecemasan akan suatu hal, mulai dari masalah sepele dalam kehidupan sehari-hari, konflik besar, hingga mempunyai trauma di masa lalu, yang terus membuat kamu tidak bisa melupakannya sampai harus berpikir secara hati-hati dan awet lawan dalam pikiran.

Cara Mengatasi Overthinking

Overthinking juga dapat membuat seseorang merasa terjebak di satu tempat. Jangan sampai mengganggu aktivitas mu. Melansir dari berbagai sumber, berikut cara mengatasi overthinking:

  • Memberikan Batasan Waktu Sebelum Mengambil Keputusan

Seseorang yang overthinking akan merasa kesulitan saat dihadapkan pada kondisi yang mengharuskan dirinya mengambil keputusan. Hal ini karena orang tersebut tidak ingin mengambil langkah yang salah.

Untuk mengatasinya, kamu dapat memberikan batasan waktu untuk mengambil keputusan agar tidak terus berlarut-larut dalam pikiran tersebut.

Selain itu, agar pikiranmu tetap fokus, kamu bisa membuat daftar prioritas akan solusi-solusi yang kamu hendak ambil. Kamu bisa mengurutkan nya berdasarkan besarnya manfaat yang bisa diambil.

  • Beribadah Kepada Tuhan yang Maha Esa

Salah satu cara yang tepat adalah mendekatkan diri ke Tuhan karena dengan kau pasrah kepada-Nya, maka segala kesulitan yang sedang dialami akan dicarikan solusinya melalui cara terbaik Tuhan untuk meringankan beban pikiranmu. Beribadah juga bisa membuat hidup terasa tenang karena akan selalu ada solusi dari setiap ujian yang kau hadapi.

  • Mencoba Mencari Tahu Pemicunya

Cara mengatasi overthinking yang paling utama adalah mencari tahu pemicunya. Setelah mengetahui pemicunya, kamu bisa mulai mencari solusi untuk menyelesaikan masalah dari apa yang membuatmu overthinking.

Jika kamu merasa kesulitan menentukan pemicu dan solusinya, jangan ragu untuk meminta bantuan keluarga, teman terdekat, atau bahkan psikolog.

  • Mencari Pengalihan

Setelah mengetahui pemicu dan menetapkan penyelesaiannya, kamu bisa mulai untuk mencari kesibukan lain yang menyenangkan. Hal ini bertujuan agar otak tidak terlalu fokus pada pemicu overthinking tersebut.

Selain itu, kamu juga bisa melakukan meditasi untuk menjernihkan pikiran. Caranya, kamu harus berada di tempat tenang dan nyaman, lalu pastikan tubuh dalam keadaan rileks dan mulai atur napas sambil memikirkan hal-hal positif

  • Pertimbangkan Sudut Pandang Lain

Terkadang, menenangkan pikiran membutuhkan upaya untuk melangkah keluar dari perspektif kamu yang biasa. Cara diri melihat dunia dibentuk oleh pengalaman, nilai dan asumsi hidup. Membayangkan sesuatu dari sudut pandang yang berbeda dapat membantu mengatasi beberapa kebisingan di dalam pikiran.

Tanggapan

Belum ada

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Konten Terkait

Konten Terbaru