5 Cara Mengatasi Sakit Perut & Gangguan Pencernaan

Resa Azzahra 0 Komentar

Bermasalah Dengan Perut & Gangguan Pencernaan? Berikut ini 5 Cara Mengatasi Sakit Perut & Gangguan Pencernaan Yang Bisa Dilakukan Dirumah

Indiffs – Tak sedikit orang mengalami sakit perut dan gangguan pencernaan. Kondisi seperti ini disebabkan oleh rasa nyeri dari dalam perut atau dinding otot di bagian luar, mulai dari gejala ringan yang berlangsung sementara hingga berat yang memerlukan penanganan lebih lanjut, nah berikut ini kita akan membahas cara mengatasi berbagai sakit perut. Yuk simak saja langsung dibawah ini.

Cara Mengatasi Sakit Perut

Cara mengatasi sakit perut bisa dilakukan dengan obat rumahan, yakni:

1. Susu

Minum susu hangat sangat efektif untuk perut menjadi lebih nyaman, karena susu memiliki sifat yang tidak terlalu asam dan diyakini bisa menetralisir asam lambung. Akan tetapi, pengidap kondisi intoleransi laktosa harus berhati-hati jika mengkonsumsi susu, karena jika diperhatikan. Susu dapat memperburuk masalah perut pada pengidap kondisi pengidap intoleransi laktosa.

Susu murni dapat dikonsumsi kapanpun dan dimanapun, selama tidak memiliki riwayat sensitif terdapat susu maupun kandungannya. Namun, jika diketahui ada riwayat tersebut sebaiknya dihindari minum susu, maupun susu bersama makanan lainnya.

2. Air Kelapa

Air kelapa memiliki kandungan yang baik untuk mengatasi sakit perut, kandungan karbohidrat, vitamin, mineral dan protein, merupakan sumber elektrolit yang baik untuk yang mengalami mual, muntah dan diare.

Kandungan zat kalium dan magnesium tinggi, ampuh atasi sakit perut, perut keram, kejang otot  dan untuk atasi sakit perut, sebaiknya mengkonsumsi sebanyak dua gelas setiap empat jam sekali.

3. Teh Kamomil

Minum teh manis hangat saat sakit, teh ini dapat menjadi obat sakit perut, karena kandungan anti radang yang dipercaya dapat membantu meredakan sakit perut dan kembung hingga kram saat menstruasi.

4. Nasi Putih

Nasi putih menjadi andalan sebagian orang untuk atasi sakit perut. Pasalnya, nasi putih dapat menyerap cairan yang mengandung racun dan dapat mengurangi rasa sakit, kram yang diakibatkan oleh tingginya kadar magnesium dan potasium.

5. Daun Mint

Daun mint bisa dikonsumsi mentah maupun matang, sebagai obat yang dapat atasi sakit perut secara tradisional dan bisa diolah dengan kapulaga yang dijadikan teh. Permen mint dapat dijadikan sebagai obat pereda sakit perut dan ketidaknyamanan akibat mulas.

Cara Mengatasi Gangguan Pencernaan

Cara mengatasi gangguan pencernaan bisa dilakukan dengan obat rumahan, yakni,

1. Minum Air Jahe

Dengan mengkonsumsi air rebusan jahe dapat menjadi cara alami untuk mengatasi gangguan pencernaan. Karena terdapat senyawa fenolat pada jahe yang dapat membantu meredakan iritasi pada saluran cerna serta mengurangi kontraksi lambung sampai mengurangi risiko asam lambung yang mengalir naik ke kerongkongan.

Cara yang satu ini dapat untuk mengatasi pencernaan pada wanita hamil. Namun, jika dikonsumsi terlalu banyak jahe dikhawatirkan dapat meningkatkan risiko kegugupan. Untuk itu minum dengan sewajarnya dan jangan berlebihan.

2. Berhenti Merokok

Untuk cara mengatasi gangguan pada sistem pencernaan dapat dimulai dengan berhenti merokok, karena rokok dapat menyebabkan masalah pencernaan dan salah satunya refluks asam lambung atau GERD, racunnya dapat melemahkan ketup pada kerongkongan.

Kerongkongan dapat mencegah makanan dan asam lambung yang bocor dari perut ke tenggorokan, jika rusak, asam dari lambung dapat mengalir ke atas sehingga menyebabkan gejala yang tidak mengenakkan.

3. Makan Makanan Berserat

Dengan mengkonsumsi makanan berserat dapat menjadi cara alami untuk mengatasi gangguan pencernaan. Karena serat terdapat zat penting yang dapat membantu melancarkan fungsi sistem pencernaan, terutama untuk usus besar dan kecil.

Serat yang berperan sebagai zat yang digunakan sel usus besar agar dapat berfungsi dengan baik, serat juga dapat melancarkan sistem pencernaan dengan menjaga pola pergerakan pada usus yang tetap lembut dan teratur. Seperti mengkonsumsi buah-buahan pepaya dan sayuran hijau sawi yang bagus untuk menjaga sistem pencernaan.

4. Air Lemon

Air lemon memiliki efek alkali yang dinilai dapat menetralkan asam lambung serta meningkatkan pencernaan. 1 sendok makan jus lemon dan air panas maupun hangat yang diminum sebelum makan, dapat meredakan gangguan pencernaan, air lemon juga memiliki sumber vitamin C yang sangat baik.

Namun, jika terlalu banyak air lemon juga tak baik, karena dapat merusak email gigi dan menyebabkan peningkatan buang air kecil. Untuk melindungi gigi sebaiknya bilas mulut dengan air setelah minum air lemon.

5. Cuka apel

Cuka apel yang bermanfaat untuk kesehatan yang diklaim dari bahan ini berkisar daro memperbaiki kondisi kulit sampai mendorong penurunan berat badan dan di yakini dapat membantu meringankan gangguan pencernaan.

Karena terlalu sedikit asam lambung dapat memicu gangguan pencernaan, minumlah cuka apel untuk meningkatkan produksi asam lambung di tubuh Anda. Tambahkan satu hingga dua sendok teh cuka apel mentah yang tidak dipasteurisasi ke dalam secangkir air dan minum untuk meredakan nya dengan cepat. Atau hentikan gangguan pencernaan sebelum terjadi dengan meminum ramuan tersebut 30 menit sebelum makan.

Tanggapan

Belum ada

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Konten Terkait

Konten Terbaru