5 Cara Mengendalikan Amarah Yang Wajib Kamu Ketahui!

Resa Azzahra 0 Komentar

Marah ini Umum Terjadi, Ketika Berhadapan Dengan Permasalahan. Akan Tetapi, Kita Harus Bisa Menghadapinya Dengan Cara Mengendalikan Amarah

Indiffs – Setiap orang pasti pernah merasa emosi dan marah, hal ini adalah hal yang normal terjadi. ketika dihadapkan dengan permasalahan hidup. Akan tetapi, sikap dalam menanggapi kemarahan itulah yang berbeda. Untuk itu kita harus mengetahui bagai mana cara untuk mengendalikan amarah dengan bijak.

Anda bisa saja memilih untuk tetap marah, namun anda juga bisa mengendalikannya jika berusaha dan pilihan ada di tangan anda. Dengan memilih untuk tetap marah tak terkendali sesungguhnya akan merugikan diri sendiri, termasuk kesehatan. Untuk itu, sangat penting untuk mengetahui bagaimana cara mengendalikan emosi atau kemarahan.

Cara Mengendalikan Amarah

Mengatasi Marah

Mengatasi Marah – Suara.com

Emosi yang berlebih dapat diarahkan menjadi hal yang lebih produktif sehingga menghasilkan sesuatu yang bernilai positif. Karena itu, penting untuk menjaga emosi anda tetap terkendali. Berikut beberapa cara mengendalikan emosi diri yang mungkin anda butuhkan.

1. Tarik Nafas Dalam Dan Lambat

Ketika sedang marah, anda bisa menarik nafas atau menghela nafas dengan lebih pendek-pendek dan cepat. Tarik napas lah yang dalam dan lambat dari hidung lalu keluarkan dari mulut untuk beberapa saat.

Teknik pernapasan ini dapat menjadi salah satu cara mengelola emosi. Dengan menarik napas dalam dan lambat, diharapkan kemarahan anda dapat mereda. Setelah itu minumlah segelas air putih. Jika rasa marah belum berhenti, cobalah untuk membilas bagian wajahmu dengan air.

2. Mengesampingkan Ego

Seseorang ketika marah pun akan merasa ingin menang sendiri. Jika hal ini terus menerus anda lakukan, maka kapan kamu akan bersikap dewasa dan bijaksana? Untuk itu, yuk belajar untuk mengalah dan jangan selalu mementingkan ego, lawan ego, agar menjadi orang yang lebih bijak.

3. Mencari Hiburan

Cara ini dapat mengalihkan amarah untuk itu carilah hiburan yang dapat membantu mengalihkan dari rasa marah. Anda dapat mendengarkan musik atau melihat video lucu di media sosial, hingga lupa dengan hal yang sudah terjadi dan mengembalikan mood menjadi lebih baik.

4. Jangan Terlalu Banyak Bicara

Terkadang dengan tidak bicara dapat menjadi cara mengontrol emosi yang efektif. Bila sedang marah, tahanlah dan berhenti berbicara dan tutup mulut anda, jangan biarkan satu buah kata keluar dari mulut anda. Waktu Anda diam ini akan membuat Anda berpikir kembali untuk marah dan membantu meredakan amarah.

5. Cara Mengendalikan Amarah Dengan Berhitung

Nah, untuk cara yang terakhir dan mudah anda dapat berhitung. Sebelum marah, Dengan berhitung dari 1 hingga 50. Namun, jika amarah tidak terbendung berhitung lah hingga 100. Pada saat anda berhitung, denyut nadi anda akan turun dan kemarahan anda akan lebih mungkin untuk reda.

Tanggapan

Belum ada

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Konten Terkait

Konten Terbaru