5 Cara Menghadapi Emosional Oversensitivity Agar Hati Tenang!

Resa Azzahra 0 Komentar

Kamu sering merasa sakit hati karena omongan orang lain? Untuk itu, perlu mengetahui cara menghadapi Emosional Oversensitivity berikut!

INDIFFS.COM – Emosional Oversensitivity adalah keadaan di saat kita merasa sangat tersakiti oleh sesuatu hal baik itu perkataan maupun perbuatan. Hal ini juga bisa terjadi karena merasa seseorang dengan sengaja menyakiti kita dan meminta pengertian mereka tanpa memberitahukannya. Untuk itu, sangat perlu untuk mengetahui bagaimana cara menghadapi Emosional Oversensitivity.

Bagi mereka yang nggak punya sensitif tinggi, sering kali tidak menyadari bahwa ada ucapan atau perilakunya yang telah menyakiti hati seseorang. Padahal, sangat mungkin bahwa mereka tidak bermaksud untuk menyakiti. Maka dari itu sangat penting bagi kita untuk menjaga lisan agar tidak menyakiti orang lain, mungkin mereka pikir bercandaan, akan tetapi berbeda dengan seseorang yang memiliki Emosional Oversensitivity.

Cara Menghadapi Emosional Oversensitivity

Untuk kamu yang ingin menghadapi sikap ini, berikut ini ada beberapa cara untuk kamu gunakan agar kamu tidak terus-terusan mudah sakit hati di era zaman sindirian yang dibalut bercandaan. Simak poin-poinya yah jangan sampai terlewatkan!

1. Pahami Apa yang Kamu Rasakan

Langkah pertama yang dapat kamu ambil ialah memulai dari diri sendiri, Cobalah untuk lebih mengenal perasaan apa yang sedang dirasakan ketika suatu masalah, konflik atau pemicu stes apapun itu muncul. Apakah kamu akan merasa merah, sedih dan kecewa? Jika sudah menemukan kata yang dapat menggambarkan emosi mu, lanjutkan cara berikut nya untuk mengatasi emosi akibat perasaan sensitif.

Ketika kamu merasakan sakit hati, marah maupun kecewa akibat perkataan teman yang menyinggung. Kenali dan menamai jenis emosi yang dirasakan, serta pahami apa pemicu nya, hal ini akan membantu mu untuk mengambil langkah untuk mengatasi emosi yang kini dialami.

2. Hindari Menyakiti Perasaan Sendiri

Hal salah dan sering dilakukan oleh orang sensitif adalah dengan menyalahkan dirinya sendiri dengan menyakiti perasaan nya. Ketika sedang dihadapi oleh suatu masalah, mungkin diri ini akan berkata “seharusnya aku tidak perlu merasa sedih atau semarah ini, karena apa yang mereka ucapkan itu mungkin saja benar.”

Satu hal yang perlu dipahami tentang emosi atau perasaan adalah apapun tidak dapat dihilangkan sama sekali. Setiap orang pasti akan merasakan emosi jenis apapun, baik marah ataupun sedih.Apabila kamu tidak mencoba mengenali perasaan yang dialami dan menyingkirkan bentuk emosi yang ada, kamu akan terbiasa berpikir jika marah marah dan sedih adalah bentuk kegagalan. Padahal cara ini justru tidak membuatmu mengatasi perasaan sensitif yang kamu miliki.

3. Berpikir Jernih

Usahakan untuk berpikir jernih meskipun sedang merasa sangat tersakiti dengan keadaan yang menimpa kita. Karena orang yang memiliki sifat sensitif biasanya ada karena perasaan kita saja dan bukan kejadian yang sesungguhnya. Perasaan inilah yang membuat emosi kita jadi sensitif ialah sering merasa dilupakan, diabaikan dan lain sebagainya. Makanya kita sangat perlu untuk berpikir lebih jernih agar dapat mengerti keadaan yang sebenarnya.

4. Tarik Napas Dalam-Dalam Ketika Merasakannya

Tarik napas dalam-dalam bisa kita lakukan saat menghadapi perasaan yang sensitif. Memperhatikan napas tidak akan membuat emosi hilang, akan tetapi cara ini dapat membantu untuk menenangkan diri dari perasaan yang dirasakan. Menarik napas dalam dalam tak hanya bisa dilakukan saat merasakan perubahan emosi yang kuat, tapi juga kapanpun, saat banyak pekerjaan yang harus kamu lakukan hingga membuat kamu panik.

5. Buat Jurnal untuk Suasana Hati

Saat diri sedang merasakan perubahan hati dan ingin mencurahkan semua isi hati yang dirasakan. Cobalah buat jurnal khusus untuk mencurahkan segalanya agar diri ini dapat tenang serta pikiran yang sedang dipikirkan hilang dengan seketika. Terkadang seseorang yang memiliki perasaan sensitif, ia ingin mempunyai tempat cerita untuk mengeluarkan keluh kesahnya. Lantas jika masih ragu untuk bercerita pada orang lain, cara ini dapat digunakan.

Itulah 5 cara yang dapat digunakan agar hati menjadi tenang dan cara ini cukup efektif untuk menghadapi emosional oversensitivity. Semoga dapat membantu dan menambah wawasan.

Tanggapan

Belum ada

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Konten Terkait

Konten Terbaru