5 Cara Menghilangkan Pikiran Kotor Dengan Mudah dan Efektif

Admin 0 Komentar

Menghilangkan atau membersihkan pikiran kotor dipercaya baik untuk kesehatan mental. Lakukan tips berikut untuk menghilangkan pikiran kotor

INDIFFS.COM – Memiliki pikiran kotor hanya akan membuatmu kurang produktif. Kamu jadi kehilangan kreativitas karena otakmu bekerja melamunkan hal-hal jorok. Jika sudah seperti ini, kamu akan menyalurkannya ke dalam hal-hal negatif yang tentunya dapat merusak kehidupanmu. Selain dengan berdoa untuk menghilangkan pikiran kotor, kamu juga bisa melakukan cara-cara dibawah ini untuk mengatasinya.

Cara Menghilangkan Pikiran Kotor

Menghilangkan atau membersihkan pikiran kotor dan negatif sudah lama dipercaya baik untuk kesehatan mental. Maka dari itu, lakukan cara-cara berikut ini untuk mengatasinya:

1. Kenali Pemicu Pikiran Jorok

Cara menghilangkan pikiran kotor atau jorok yang paling utama adalah mendorong diri untuk mengenali pemicu dari pikiran jorok. Jika pikiran tersebut datang karena kebiasaan-kebiasaan yang kamu lakukan, kamu bisa mulai mengurangi atau menghentikan kebiasaan tersebut.

2. Tidur

Pikiran kotor terjadi ketika otak menyimpan terlalu banyak sampah setelah kamu beraktivitas sepanjang hari. Otak akan membuang sampah tersebut melalui sistem saraf ketika kamu tertidur sehingga akan bangun dengan perasaan yang lebih segar. Kesehatan mental penderita insomnia lebih rentan terganggu karena sampah yang menumpuk pada otak akan membebani sistem saraf dari waktu ke waktu.

3. Latih Kesadaran Diri dan Meditasi

Melatih diri sendiri untuk menjadi lebih sadar dapat bermanfaat. Hal ini dapat membantu kamu untuk tetap hadir dan fokus pada apa yang terjadi di sekitar. Belajarlah untuk mengarahkan dengan penuh perhatian ke satu tugas di satu waktu. Hal tersebut dapat membantu kamu melepaskan pikiran pengganggu secara perlahan. Cara melatih kesadaran diri ini bisa dengan meditasi kesadaran. Tapi jika meditasi tidak berhasil, kamu masih bisa menggunakan perhatian penuh untuk meningkatkan kesadaran saat menjalani hari.

4. Berolahraga

Berusahalah berolahraga secara rutin karena dampak tidak hanya untuk menyegarkan tubuh, tetapi juga menyehatkan pikiran. Dampak yang paling terasa saat berolahraga adalah pikiran kamu akan teralihkan untuk menggerakkan tubuh dan berkonsentrasi.

Menurut salah satu penelitian, menyebut bahwa olahraga dapat meningkatkan kemampuan otak untuk meregenerasi sel dan menghasilkan hormon endorfin. Hormon endofrin adalah hormon yang menghasilkan senang. Maka dari itu, aktivitas olahraga sangat baik untuk meningkatkan fokus, menyehatkan fisik dan juga kesehatan mental.

5. Lakukan Kegiatan Positif

Cara menghilangkan pikiran kotor yang lainnya yaitu dapat dimulai dengan memperbanyak kegiatan positif, entah itu bekerja, berkomunikasi degan teman-teman, atau melakukan hal apapun yang bisa membuatmu lupa terhadap pikiran kotor. Kalau kamu sibuk melakukan sesuatu, maka kamu tidak akan sempat memikirkan yang jorok-jorok.

Demikian cara menghilangkan pikiran kotor yang dapat kamu coba lakukan agar memiliki kesehatan mental yang baik.

Tanggapan

Belum ada

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Konten Terkait

[quads id=1]

Konten Terbaru