5 Cara Menjaga Kebersihan Tubuh Agar Tidak Mudah Sakit

Admin 0 Komentar

Berikut beberapa cara menjaga kebersihan tubuh yang harus dibiasakan agar tetap sehat dan tidak mudah sakit

INDIFFS.COM – Memiliki tubuh yang bersih dapat menghindarkan diri dari berbagai penyakit. Anda perlu menjadikan kebersihan tubuh sebagai salah satu prioritas selama melakukan berbagai aktivitas. Dengan menjaga kebersihan, Anda juga akan lebih percaya diri untuk melakukan berbagai kesehatan. Oleh karena itu, perlu mengetahui beberapa hal penting berikut untuk diperhatikan selama menjaga kebersihan diri sehari-hari.

Cara Menjaga Kebersihan Tubuh

Kebersihan tubuh sangat erat kaitannya dengan rutinitas menjaga kesehatan. Berikut beberapa cara menjaga kebersihan tubuh yang harus dibiasakan agar tetap sehat dan tidak mudah sakit:

1. Mandi Teratur

Cuaca di Indonesia membuat seseorang setidaknya perlu mandi dua kali sehari. Iklim tropis yang hangat membuat seseorang juga perlu menjaga kebersihan dirinya dengan mandi dan keramas setelah pergi dari luar rumah. Meski tidak bepergian, bukan berarti Anda bebas dari kotoran. Karena itulah, Anda harus rutin mandi secara teratur setiap hari.

2. Sikat Gigi Pagi Dan Malam Hari

Gigi dan mulut juga merupakan aspek penting yang tak boleh Anda lewatkan ketika membicarakan soal kebersihan diri. Untuk mencegah terjadinya bau mulut, plak pada gigi, dan infeksi pada gigi lainnya, Anda perlu secara rutin menyikat gigi setidaknya dua kali sehari, yaitu pada pagi dan malam hari.

Di pagi hari, biasanya Anda akan mengalami bau mulut karena air liur tidak dibuat saat Anda sedang tidur. Sementara di malam hari, produksi air liur berkurang dan bakteri perusak gigi lebih aktif pada malam hari.

Untuk menjaga kesehatan gigi dan mulut secara optimal, Anda perlu sikat gigi minimal dua kali sehari dengan lembut serta mengganti sikat gigi setiap tiga bulan sekali atau saat sikat gigi mulai usang. Pastikan juga Anda menggunakan pasta gigi yang mengandung fluorida.

3. Menggunting Kuku

Bagian ini mungkin sering terlewat dari perhatian. Namun, kuku adalah salah satu bagian tubuh yang paling berpotensi tinggi sebagai tempat berkembang kuman dan bakteri. Oleh karena itulah, Anda harus rajin menggunting kuku agar kotoran lebih mudah dibersihkan saat Anda mencuci tangan.

Beberapa orang juga punya kebiasaan menggigit kuku secara tidak sadar. Anda bisa melakukan terapi sederhana atau berusaha menghentikannya untuk menghindari bakteri.

4. Rutin Keramas

Kebersihan rambut dan kulit kepala juga perlu diperhatikan agar terhindar dari kotoran, bau tak sedap, hingga kutu. Mencuci rambut dengan keramas setidaknya dilakukan dua hingga tiga kali seminggu. Keramas dapat membantu menghilangkan penumpukan kulit mati di kulit kepala dan membersihkan residu minyak yang dapat mengiritasi kulit.

5. Rutin Mengganti Pakaian

Kebersihan tubuh juga harus diselaraskan dengan memakai pakaian bersih, termasuk pula pakaian dalam. Pakaian merupakan benda yang melekat dengan tubuh, sehingga harus dipastikan bersih ketika dikenakan dan rutin diganti setiap hari, terlebih usai beraktivitas di luar rumah. Sebab, pakaian kotor dapat menjadi sarang bakteri yang dapat menyebabkan bau badan, gatal-gatal, hingga iritasi kulit.

Tanggapan

Belum ada

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Konten Terkait

[quads id=1]

Konten Terbaru