5 Cara Menjaga Kesehatan Organ Reproduksi Wanita

Resa Azzahra 0 Komentar

Kesehatan organ reproduksi wanita adalah hal yang penting untuk dijaga. Karena dapat berakibat fatal, hingga sulit untuk hamil, Yuk jaga!

Indiffs – Menjaga kesehatan organ reproduksi wanita adalah hal yang penting, terutama bagi wanita yang tengah merencanakan kehamilan. Karena sistem reproduksi bisa berakibat fatal, salah satunya dapat memicu gangguan seksual hingga sulit untuk hamil. Menjaga kesehatan organ reproduksi adalah hal yang susah-susah gampang dilakukan.

Ada beberapa kebiasaan sederhana yang bisa diterapkan dalam kehidupan sehari-hari. Salah satu cara menjaga kesehatan organ reproduksi yaitu dengan mengenal bagian-bagiannya. Organ reproduksi wanita terdiri dari vagina atau miss V, klitoris, serviks atau mulut rahim, rahim, tuba falopi, serta ovarium alias indung telur. Sangat penting untuk selalu menjaga kesehatan dan kebersihan organ-organ tersebut.

Organ reproduksi mempunyai peran yang sangat penting, mulai dari hubungan seksual, produksi dan perkembangan sel telur, menstruasi, kehamilan, hingga proses persalinan. Namun jangan khawatir, ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk menjaga kesehatannya, diantaranya:

1. Konsumsi Makanan Sehat

Konsumsilah makanan sehat dan bergizi seimbang agar tubuh mendapatkan energi dan nutrisi yang dibutuhkan untuk menunjang kesehatan organ reproduksi. Konsumsi asupan nutrisi yang penting bagi kesehatan reproduksi adalah protein, lemak sehat, antioksidan, serat, serta vitamin dan mineral, seperti selenium, folat, zat besi, dan zinc. Nutrisi-nutrisi tersebut bisa diperoleh dari buah-buahan, sayuran, kacang-kacangan, susu, telur, daging, dan ikan. Dan jangan lupa cukupi juga kebutuhan cairan tubuh dengan minum sekitar 8 gelas air per hari. Jika Anda suka mengkonsumsi kafein, batasi agar tidak melebihi 2 cangkir kopi per hari.

2. Minyak Zaitun

Minyak zaitun ternyata berkhasiat dalam menjaga kesehatan sistem reproduksi wanita. Mengkonsumsi makanan dengan minyak zaitun nyatanya bisa menghindari risiko terjadinya PCOS, yaitu gangguan yang bisa menyebabkan seorang wanita sulit hamil. Sindrom polikistik ovarium atau polycystic ovarian syndrome (PCOS) merupakan gangguan hormon yang bisa menyerang wanita di usia subur. Selain minyak zaitun, disarankan juga untuk mengkonsumsi makanan lain yaitu tomat dan ikan seperti tuna atau makarel.

3. Bersihkan Organ Intim dengan Benar

Cara membersihkan vagina yang benar adalah dengan membasuh nya dari depan ke belakang (dari arah vagina menuju anus), terutama setelah buang air kecil dan buang air besar. Jika dibersihkan secara tidak tepat, kuman dari anus bisa terbawa menuju vagina. Hal ini bisa menimbulkan infeksi pada vagina. Anda juga disarankan tidak menggunakan sabun khusus kewanitaan yang mengandung alkohol, antiseptik dan pewangi. Sabun jenis tersebut dapat menyebabkan iritasi dan membunuh bakteri normal di vagina.

4. Hindari Seks Berisiko

Kesehatan sistem reproduksi juga bisa terganggu akibat perilaku seksual yang berisiko. Kebiasaan bergonta-ganti pasangan dan melakukan hubungan intim tanpa menggunakan pengaman (kondom) harus dihindari. Selain memicu gangguan pada sistem reproduksi wanita, hal ini juga bisa meningkatkan risiko penyakit menular seksual.

5. Cukup Istirahat dan Kelola Stres

Stres berlebihan dapat menyebabkan depresi, gangguan cemas, dan bahkan gangguan kesuburan. Oleh karena itu, penting untuk mengurangi stres agar tidak berdampak lebih lanjut pada kesehatan reproduksi. Jika Anda sering merasa stres, coba lakukan relaksasi atau hal-hal yang membuat Anda senang, misalnya jalan-jalan, olahraga, mencoba pijatan, atau yoga. Dan istirahat yang cukup dapat mengelola stres. Wanita dewasa disarankan untuk tidur setidaknya 7-9 jam setiap malamnya.

Tanggapan

Belum ada

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Konten Terkait

Konten Terbaru