5 Cara Mudah Untuk Mengatasi Fobia, Hilangkan Rasa Takut!

Resa Azzahra 0 Komentar

Kamu sering merasa takut dan cemas atas fobia yang kamu punya? Tenang disini ada beberapa cara untuk mengatasi fobia atau phobia kamu loh!

INDIFFS.COM – Rasa takut memang dimiliki manusia untuk melindungi dirinya dari hal-hal yang membayangkan. Namun, jika rasa takut terlalu berlebihan, seringkali hal itu akan mengganggu kehidupan sehari-harimu. Hidup dengan fobia tentunya tidak mudah. Jangankan melihat atau menyentuh, membayangkan dan mendengarkannya pun akan membuatnya cemas. Terkadang fobia ini sangat mengganggu, sehingga banyak orang yang mencari cara untuk mengatasi fobia nya.

Dengan mencari cara untuk mengatasi ketakutan terhadap objek atau situasi tertentu, terutama jika objek yang ditakuti adalah objek atau situasi yang akan ditemui sehari-hari, misalkan nasi, buah atau sayuran, keramaian, dan lain-lain. Lalu, apakah ada cara yang bisa dilakukan untuk mengatasi fobia? Tentu ada. Berikut adalah beberapa tips yang bisa dilakukan untuk mengatasi fobia.

1. Biarkan Dan Duduk Selama 3 Menit

Biarkan diri mu duduk dengan rasa takut selama 2-3 menit setiap kali. Bernapaslah dengannya dan katakan, “ Tidak apa-apa. Rasanya tidak enak, tetapi emosi itu seperti lautan dengan ombak nya surut dan mengalir.” Miliki sesuatu yang mengasuh yang direncanakan segera setelah periode duduk 2-3 menit. Jika sudah selesai, hubungi teman baik yang menunggu untuk mendengar kabar dari mu. Membenamkan diri dalam aktivitas yang kamu tahu menyenangkan dan mengasyikkan.

2. Latihan

Latihan dapat memfokuskan kembali pikiranmu, fokus pada satu hal pada satu waktu. Apakah kamu berjalan-jalan sebentar, pergi ke gym tinju untuk sesi berkeringat habis-habisan, atau menyalakan video yoga 15 menit di rumah, olahraga itu baik bagi kamu dan itu akan membantu kamu untuk melawan rasa takut dan lebih merasa mampu.

3. Hargai Keberanianmu

Hargai keberanian mu dengan mengatakan pada diri sendiri selama masa-masa sulit, “Setiap kali saya tidak membiarkan rasa takut mencegah saya melakukan sesuatu yang membuat saya takut, saya membuat diri saya lebih kuat dan kecil kemungkinannya untuk membiarkan serangan ketakutan berikutnya menghentikan saya.” Hal ini akan membantumu untuk menyalurkan pikiran positif dan berani menghadapi fobia.

4. Pelajari Teknik Relaksasi

Salah satu bagian terburuk tentang fobia adalah reaksi fisik, pernapasan dangkal, jantung berdebar, dan lain-lain yang sebenarnya dapat memperburuk kecemasan. Jadi teknik relaksasi mungkin berguna untuk membantu menenangkan kepanikan mu. Dengan bernapas dalam-dalam dari perut, kamu dapat membalikkan sensasi fisik ini.

5. Mendapatkan Dukungan Sosial

Dukungan sosial berperan penting dalam kesehatan fisik dan mental, termasuk dalam proses mengatasi fobia. Saat melewati tangga desensitisasi atau ketakutan, akan sangat membantu untuk membicarakannya dengan teman dan keluarga. Mereka kemudian dapat membantu dengan mendengarkan, mendorong, dan merayakan ketika setiap tujuan telah tercapai.

Jika seorang teman atau anggota keluarga memiliki fobia juga, akan sangat membantu bagi kedua orang tersebut untuk mengatasinya bersama-sama. Bahkan, tidak harus fobia yang sama.

Demikianlah beberapa cara yang dapat kamu gunakan sebagai cara mengatasi phobia dengan sederhana. Semoga dapat membantu.

Tanggapan

Belum ada

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Konten Terkait

Konten Terbaru