5 Cara Mudah Untuk Mengatasi Whiteheads Secara Alami, Ampuh!

Resa Azzahra 0 Komentar

Penampilan kurang cantik karena memiliki komedo putih atau whiteheads pada wajah? Jangan takut, berikut ada cara mengatasi whiteheads loh!

INDIFFS.COMKomedo putih atau whiteheads merupakan jenis jerawat tertutup yang disebabkan oleh pori-pori dan minyak dari kulit mati. Pori-pori dapat tersumbat ketika  sebum tidak dapat menembus ke permukaan kulit sehingga terjebak di dalam pori-pori. Komedo putih merupakan jenis jerawat yang sulit untuk diatasi. Untuk itu, kamu perlu mengetahui beberapa cara untuk mengatasi whiteheads agar wajah tetap bersih dan cantik.

Komedo putih sendiri bisa dialami oleh siapa saja tanpa memandang usia dan jenis kelamin. Meskipun orang tersebut pada masa remajanya tidak pernah mengalami masalah kulit, komedo putih dapat muncul ketika dewasa.

Cara Mengatasi Whiteheads

Langkah utama dalam menangani whiteheads adalah dengan sama sekali tidak menyentuhnya. Karena menyentuh wajah dapat mengundang lebih banyak kotoran, minyak dan bakteri yang menyumbat pori, yang bisa menyebabkan iritasi.

Ada beberapa perawatan yang dapat dilakukan untuk membantu penyembuhan whiteheads yang lebih cepat, dengan cara alami.

1. Sari Cuka Apel

Cuka apel memiliki sifat anti bakteri, antinflamasi dan antimikroba. Bahan alami ini juga mengandung asam asetat antimikroba yang bisa mengurangi bakteri pada kulit dan sebagai hasilnya, bisa membantu menghilangkan komedo putih.

Jika ingin menggunakannya sebagai cara menghilangkan komedo putih, kamu cukup mencampur dua sendok makan cuka apel dengan 250 ml air hangat. Aduk dua bahan tersebut dan oleskan pada kulit yang terdapat komedo putih. Biarkan selama 20 menit dan bilas hingga bersih. Lakukan dengan rutin untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

2. Gunakan Jus Lemon

Jus lemon memiliki sifat asam yang berfungsi untuk mengeringkan kulit dan menyerap minyak berlebih, dan jus lemon juga memiliki bersifat antibakteri dan membantu mengurangi peradangan. Untuk menggunakannya, kamu perlu memeras lemon dan kemudian oleskan pada area komedo. Biarkan selama 20 menit dan bilas, lakukan cara ini hingga komedo putih hilang dengan sendirinya di kulit.

Cara lain yang dapat kamu gunakan ialah dengan membasahi kapas menggunakan jus lemon murni yang sudah encer oleh air. Kemudian, letakkan pada area kulit yang memiliki komedo selama beberapa waktu.

3. Menggunakan Masker Madu

Madu sendiri memiliki sifat antibakteri yang kuat, dan diperkirakan berasal dari keasaman ringan serta kandungan hidrogen peroksida alami. Selain itu, karena tekturnya yang kental, madu juga bisa menjadi pelindung pada kulit untuk mencegah infeksi. Kamu dapat menggunakannya sebagai masker wajah dalam mengatasi komedo putih. Cukup oleskan madu hangat selama 15 menit pada wajah. Sifat antibakterinya akan membantu untuk mengusir komedo putih dari permukaan kulit wajah.

4. Kandungan Tea Tree Oil

Kandungan tea tree oil bersifat antiinflmasi dan antimikroba yang mampu mengangkat sumbatan pori-pori dan serta komedo putih pada permukaan kulit. Tentunya banyak pembersih, penyegar wajah atau produk lainnya yang mengandung tea tree oil. Karena kandungannya dikenal berfungsi serta ampu untuk menangani whiteheads secara natural dan aman untuk wajah.

5. Dengan Uap Wajah

Uap panas di permukaan wajah dapat membuka pori-pori, sehingga dapat mengeluarkan bakteri dan kuman menjadi penyebab whiteheads. Untuk penggunaannya kamu hanya perlu menyiapkan uap panas untuk menghilangkan whiteheads dengan menuangkan air panas ke dalam baskom maupun mangkuk. Kemudian letakkan ke area kulit yang terkena di atas wadah tersebut selama beberapa menit.

Demikianlah beberapa cara yang dapat digunakan untuk menghilangkan komedo putih secara alami dan mudah, semoga dapat membantu.

Tanggapan

Belum ada

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Konten Terkait

Konten Terbaru