5 Ciri-Ciri Mertua Toxic, Apakah Mertuamu Seperti Ini?

Resa Azzahra 0 Komentar

Beberapa orang mungkin tak menyadari, jika sebelum menikah kita perlu mengetahui ciri-ciri mertua toxic seperti beberapa ciri berikut ini!

INDIFFS.COM – Sebelum memutuskan menikah dengan pasangan, sebaiknya kita perlu mengetahui terlebih dahulu tentang ciri-ciri mertua toxic. Karena terkadang, ibu mertua menjadi sosok yang ditakuti, baik itu oleh kamu maupun pasanganmu. Sebab ketika menikah, hakikatnya bukan hanya dengan pasangan melainkan juga dengan seluruh keluarganya. 

Tak jarang juga setiap pasangan masih tinggal satu atap dengan mertua, bahkan sebagian dari mereka juga mengalami drama rumah tangga bersama dengan mereka. Setelah seorang ibu menyerahkan anaknya kepada seseorang untuk kehidupannya, ia mungkin cemburu dengan semua cinta yang dulu didapatkan dari putranya kini dibagi dengan menantunya.

Ciri-Ciri Mertua Toxic

Tentunya akan menjadi mimpi buruk bila harus menghadapi ibu mertua toxic tersebut. Tetapi bagaimana sih, kriteria ibu mertua yang toxic? Nah, bila mungkin sampai saat ini kamu masih bingung bagaimana sosok calon atau ibu mertua, apakah ia termasuk ibu mertua toxic atau tidak, simak beberapa cirinya berikut ini:

1. Tidak Memiliki Batasan

Sosok ibu mertua yang tidak memiliki batasan dan senang membuat keputusan untuk keluarga kamu, meskipun itu mungkin di perlukan, ia mungkin saja akan mengganggu rumah tangga kelak atau sekarang. Tak hanya itu, ia juga akan bertindak terlalu jauh atau keterlaluan sehingga membuat keputusan untuk anaknya, bahkan tanpa berkonsultasi terlebih dahulu denganmu selaku ibunya.

2. Tidak Menghargai

Ibu mertua yang cemburu tidak akan pernah menghormati batasan dan kamu akan terus-menerus frustrasi. Dia masih berpikir untuk membuat aturan dan tidak peduli dengan pendapatmu atau keinginan, serta kebutuhanmu. Dia menunjukkan ini dengan berbicara tentangmu, tidak pernah mendengarkanmu, mendiskusikan rencana keluarga tanpamu, muncul sepenuhnya tanpa pemberitahuan, dan selalu mengganggu privasimu.

3. Mencoba Mengganggu Waktu Bersama Suami

Ibu atau ayah mertua akan selalu menghabiskan setiap waktu dengan bersama suamimu. Kamu mungkin merasa ia membuatmu kesal dan tidak menghargai waktu dan hubungan-mu dengan putranya. Dari situ mertua mungkin akan memainkan perannya sebagai korban dengan mengatakan bahwa ia hanya ingin menghabiskan waktunya dengan anaknya, namun ada batas yang bisa dilewati dan kamu yakin jika ia telah melewatinya.

4. Membicarakan Kejelekan pada Suami

Kebanyakan mertua yang tidak menyukai menantunya, ia akan membicarakan hal yang mungkin tidak kamu lakukan. Untuk itu, bicaralah dengan suami, meski ia harus memberi tahumu jika dia membicarakanmu di belakang, setidaknya kamu mengetahui hal apa yang telah mereka bicarakan. Jika hal ini tidak benar, bicarakan penjelasan kepada suami.

5. Tidak Mau Salah dan Bukan Pendengar yang Baik

Apapun kesalahan yang dia lakukan, tidak akan pernah meminta maaf, alias menganggap apapun yang dilakukan atau dilontarkan selalu benar. Bahkan ketika sudah mempermalukan kamu di depan umum, tetap tidak ada reaksi penyesalan. Walaupun kamu benar, dia akan tetap mengabaikan pendapat dan cerita, serta tidak akan menunjukkan bahwa dirinya peduli denganmu. Bagi mertua toxic, seorang menanti bukan orang penting, yang dia pedulikan hanya pendapat dan penilaiannya sendiri.

Itulah beberapa tanda atau ciri mertua toxic yang dapat kamu ketahui, semoga dapat membantu.

Tanggapan

Belum ada

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Konten Terkait

Konten Terbaru