5 Doa Agar Selalu Diberikan Kesehatan Dalam Menjalani Hidup

Siti Nurul Azizah 0 Komentar

Bacalah doa berikut agar senantiasa selalu diberikan kesehatan, terutama dalam menjalani hidup dan supaya terhindar dari berbagai penyakit.

INDIFFS.COM – Setiap orang pasti menginginkan mendapatkan kesehatan tubuhnya. Terlebih dengan kesehatan seseorang bisa menjalankan aktivitasnya secara lancar dan normal. Maka tak jarang banyak orang yang memanjatkan doa agar selalu diberikan kesehatan.

Pasalnya dengan berdoa menjadi salah satu bentuk komunikasi yang sangat intens kepada sang Pencipta. Dimana momen ini bisa dimanfaatkan sebagai mendekatkan diripada-Nya dan permohonan terhadap segala sesuatu yang dipanjatkan.

Terlebih sebagai bentuk permohonan agar selalu diberi sehat dan nikmat dalam hidupnya. Karena memang seberapa pun banyak harta yang dimiliki, jika dalam keadaan sakit, tentunya akan tidak terasa nikmat.

Untuk itu, ada baiknya kita sebagai umat muslim senantiasa memanjatkan doa sebagai permohonan untuk selalu diberi sehat dan nikmat dalam hidupnya.

Doa Agar Diberikan Kesehatan

Terdapat beberapa doa yang dapat dibaca sebagai bentuk permintaan kepada Allah Subhanahu Wata’ala. Simak kumpulan doa agar diberi kesehatan di bawah ini:

Doa Diberi Kesehatan Jasmani

Pertama doa ini di panjatkan agar senantiasa diberi kesehatan jasmani, adapun lafalnya ialah sebagai berikut:

اَللَّهُمَّ عَافِنِى فِى بَدَنِى اللَّهُمَّ عَافِنِى فِى سَمْعِى اللَّهُمَّ عَافِنِى فِى بَصَرِ

Allahumma aafinii fii badanii Allahumma ‘aafiinii fi sam’ii Allahumma ‘aafinii fii basharii

Artinya: “Ya Allah, sehatkanlah badanku. Ya Allah sehatkanlah pendengaranku. Ya Allah sehatkanlah penglihatanku. Tidak ada Tuhan selain Engkau”.

Doa Kesehatan Diri dan Keluarga

Kedua baca doa ini agar senantiasa diberi kesehatan bagi diri dan anggota keluarga, adapun lafal nya ialah sebagai berikut:

اَللّٰهُمَّ اِنِّىْ اَسْأَلُكَ الْعَافِيَةَ فِى الدُّنْيَاوَالْآٰ خِرَةِ. اَللّٰهُمَّ اَسْأَلُكَ الْعَفْوَوَالْعَافِيَةَ فِىْ دِيْنِى وَدُنْيَاىَ وَاَهْلِى وَمَالِىْ

Allaahumma innii as alukal ‘aafiyata fiddunyaa wal aakhirati. Allaahumma as alukal ‘afwa wal ‘aafiyata fii diinii wa dunyaa wa ahlii wamaa lii

Artinya: “Ya Allah, sesungguhnya aku meminta kepada-Mu sehat wal ‘afiyat di dunia dan akhirat. Ya Allah, sesungguhnya aku meminta kepada-Mu maaf dan sehat wal ‘afiyat pada agamaku, dan dunia ku, dan keluargaku, dan harta benda ku”.

Doa Agar Diberi Kesehatan dan Umur Panjang

Selanjutnya doa ini sebaiknya dibaca agar senantiasa mendapati kesehatan dan umur yang panjang, adapun lafal nya ialah sebagai berikut:

اَللّٰهُمَّ طَوِّلْ عُمُوْرَنَا وَصَحِّحْ أَجْسَادَنَا وَنَوِّرْ قُلُوْبَنَا وَثَبِّتْ إِيْمَانَنَا وَأَحْسِنْ أَعْمَالَنَا وَوَسِّعْ أَرْزَقَنَا وَإِلَى الخَيْرِ قَرِّبْنَا وَعَنِ الشَّرِّ اَبْعِدْنَا وَاقْضِ حَوَائِجَنَا فِى الدِّيْنِ وَالدُّنْيَا وَالْآخِرَةِ إِنَّكَ عَلَى كُلِّ شَىْءٍ قَدِيْرٌ

Allaahumma thowwil umuurona, wa shohhih ajsaadana, wa nawwir quluubana, wa sabbit iimaananaa wa ahsin a’maalanaa, wa wassi’ arzaqonaa, wa ilal khoiri qorribnaa wa ‘anisy-syarri ab’idnaa, waqdhikhawaa ijana fiddiini waddunyaa wal aakhirati innaka ‘alaa kulli syai in qodiir

Artinya: “Ya Allah, berilah umur yang panjang kepada kami, berilah sehat pada tubuh kami, terangilah hati kami, mantapkanlah iman kami, baguskanlah amalan kami, lapangkanlah rezeki kami, dekatkanlah kami pada kebaikan dan jauhkan kami dari kejahatan, kabulkanlah segala kebutuhan kami dalam persoalan agama, dunia, serta akhirat. Sungguh Engkau Maha Kuasa atas segala sesuatu”.

Doa Untuk Kesehatan Mental

Doa ini diriwayatkan oleh Imam An Nasai, Ibnu Sunni, Al Hakim, dan Al Baihaqi, pada intinya isi dari doa ini ialah memohon rahmat dan keterlibatan Allah dalam menyelesaikan masalah. Adapun lafal-nya ialah sebagai berikut:

يَا حَيُّ يَا قَيُّومُ بِرَحْمَتِكَ أَسْتَغِيثُ أَصْلِحْ لِي شَأْنِي كُلَّهُ، وَلَا تَكِلْنِي إِلَى نَفْسِي طَرْفَةَ عَيْنٍ

Ya hayyu, ya qayyumu, bi rahmatika astaghitsu, ashlih li sya’ni kullahu, wa la takilni ila nafsi tharfata ‘aynin

Artinya: “Wahai Zat yang maha hidup dan maha kekal abadi, dengan rahmat-Mu aku memohon pertolongan. Bawakan-lah kemaslahatan pada segala urusanku. Janganlah Kaubiarkan aku sendiri menyelesaikan urusan meski sekejap.”

Doa Diberi Kesehatan dan Perlindungan

Doa ini terdapat pada Hadist Riwayat Muslim No 2739, adapun lafal-nya ialah sebagai berikut:

اللَّهُمَّ إِنِّى أَعُوذُ بِكَ مِنْ زَوَالِ نِعْمَتِكَ وَتَحَوُّلِ عَافِيَتِكَ وَفُجَاءَةِ نِقْمَتِكَ وَجَمِيعِ سَخَطِكَ

Allahumma inni a’uudzubika min zawaali ni’matik wa tahawwuliaafiyatik wa fujaaati niqmatik wa jamii’i sakhotik

Artinya: “Ya Allah, sesungguhnya aku ini berlindung kepada-Mu dari hilangnya nikmat yang telah Engkau berikan, dari berubah nya kesehatan yang Engkau anugerahkan, dari siksa-Mu yang datang secara tiba-tiba, serta dari segala murka-Mu.”

Itulah beberapa doa yang sebaiknya dipanjatkan agar senantiasa selalu diberikan kesehatan dalam menjalani hidup serta terhindar dari penyakit.

Wallahua’alam

Tanggapan

Belum ada

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Konten Terkait

Konten Terbaru