5 Doa Ketika Sakit Perut: Arab, Latin, Beserta Dengan Artinya

Wiwin Indriani 0 Komentar

Dalam agama Islam terdapat beberapa doa yang dianjurkan untuk dibacakan saat mengalami sakit perut. Berikut ini kumpulan doa saat sakit perut

INDIFFS.COM – Perut merupakan organ yang paling penting dalam proses pencernaan manusia. Dari banyaknya gangguan pencernaan, masalah sakit perut cukup umum terjadi. Selain meminum obat, kita juga bisa membaca doa ketika sakit perut yang diajarkan oleh Rasulullah SAW sebagai salah satu ikhtiar yang dapat dilakukan.

Doa Ketika Sakit Perut

Dalam agama Islam terdapat beberapa doa yang di anjurkan untuk dibacakan saat mengalami sakit perut. Berikut ini adalah kumpulan doa menghilangkan rasa sakit pada perut yang dianjurkan oleh Rasulullah SAW.

1. Doa Menyembuhkan Sakit Perut

Dalam sebuah hadis riwayat Imam Muslim, bahwa suatu ketika sahabat Usman bin Abil ‘Ash merasakan sakit di bagian tubuhnya. Lalu dia mendatangi Nabi SAW dan mengadukan sakit yang dideritanya. Mendengar keluhan Usman tersebut, Nabi SAW menyarankan penyembuhan sebagai berikut:

"ضَعْ يَدَكَ عَلَى الَّذِى تَأَلَّمَ مِنْ جَسَدِكَ وَقُلْ بِسْمِ اللهِ ثَلاَ ثًا .وَقُلْ سَبْعَ مَرَّاتٍ "أَعُوذُ بِاللهِ وَقُدْرَ تِهِ مِنْ شَرِّ مَا أَجِدُ وَأُحَاذِرُ

Dho’ yadaka ‘alaalladzii ta allama min jasadika wa qul “bismillahi” tsalaataa. Waqul sab’a marraatin “A’uidzubillahi wa qudratihi min syarri maa ajiduu wa uhaadzir”

Artinya: “Letakkan tanganmu pada tempat yang sakit dan bacalah Bismillah tiga kali, lalu bacalah ‘Aku berlindung kepada Allah dan kekuasaan-Nya dari keburukan yang sedang aku rasakan dan yang aku khawatirkan.”

2. Doa Sakit Perut pada Bayi

Sakit perut pada bayi bisa terjadi kapan saja. Kondisi ini dapat mengakibatkan perutnya sakit, banyak menangis, hingga menjadi rewel. Berikut ini bacaan doa sakit perut untuk bayi yang bisa di panjatkan oleh orangtuanya:

اَللَّهُمَّ صَلِّ عَلَى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ طِبِّ الْقُلُوْبِ وَدَوَائِهَا وَعَافِيَةِ اْلأَبْدَانِ وَشِفَائِهَا وَنُوْرِ اْلأَبْصَارِ وَضِيَائِهَا وَعَلَى آلِهِ وَصَحْبِهِ وَسَلِّمْ

Allahumma sholli ala Sayyidina Muhammadin thibbil qulubi wa dawa-iha wa afiyatil abdani wa syifa-iha wa nuril abshori wa dhiya-iha wa `ala alihi wa shohbihi wa sallim

Artinya: “Ya Allah curahkanlah rahmat kepada junjungan kita Nabi Muhammad SAW, sebagai obat hati dan penyembuhnya, penyehat badan dan kesembuhan nya dan sebagai penyinar penglihatan mata beserta cahayanya. Semoga sholawat dan salam tercurahkan pula kepada keluarga serta para sahabatnya”

3. Doa Meminta Kesembuhan

Berikut ini bacaan doanya:

اللَّهُمَّ رَبَّ النَّاسِ أَذْهِبِ الْبَأْسَ وَاشْفِهُ وأَنْتَ الشَّافِي لاَ شِفَآءَ إِلاَّ شِفَاؤُكَ شِفَاءً لاَ يُغَادِرُ سَقَمًا

Allahumma rabbannaasi adzhibil ba’sa wasy fihu. Wa antas syaafi, laa syifaa-a illa syifaauka, syifaa-an laa yughaadiru saqomaa.

Artinya: “Ya Allah, Dzat yang dipertuhankan manusia, semoga Engkau berkenan menghilangkan kesusahan dan menganugrahkahkan kesembuhan pada ia yang sedang dicoba sakit, karena Engkau adalah Dzat Yang Maha Menyembuhkan. Tidak ada kesembuhan kecuali kesembuhan dari-Mu, kesembuhan yang tidak meninggalkan penyakit lain” (HR Bukhari dan Muslim).

4. Doa Meminta Kesehatan Badan

Doa ini di kenal juga dengan shalawat thibbil qulub.

أَللَّهُمَّ صَلِّ عَلَى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ طِبِّ الْقُلُوْبِ وَدَوَائِهَا وَعَافِيَةِ الأَبْدَانِ وَشِفَائِهَا وَنُوْرِ الأَبْصَارِ وَضِيَائِهَا وَعَلَى آَلِهِ وَصَحْبِهِ وَبَارِكْ وَسَلِّمْ.

Allahuma shalli ‘alaa sayyidinaa Muhammadin thibbil quluubi wadawaa-iha wa‘aafiyatil abdaani wasyifaa-ihaa wanuuril ab-shaari wadhiyaa-ihaa wa’alaa aalihii washohbihii wasaliim.

Artinya: “Ya Allah, berikanlah rohmat kepada baginda kami, Nabi Muhammad sebagai penyembuh hati sekaligus obatnya, memberikan kesehatan badan dan mengobatinya, yang menjadi cahaya mata hati dan sinarnya, juga kepada keluarga dan sahabat beliau, dan semoga Engkau memberikan barokah dan kesejahteraan”

5. Doa yang Dianjurkan Dengan Menggunakan Tanah

Rasulullah SAW selalu berdoa kepada orang sakit dengan lafadz doa yang mengutip tanah Madinah. Berikut ini bacaan doanya:

باسْمِ اللَّهِ، تُرْبَةُ أرْضِنَا، برِيقَةِ بَعْضِنَا، يُشْفَى سَقِيمُنَا، بإذْنِ رَبِّنَا

Bismillah turbatu ardhina bi riiqati ba’dhina yasyfii saqiimana, bi idzni Rabbina.

Artinya: “Dengan menyebut nama Allah, debu bumi dengan sebagian ludah kami, dengannya orang sakit di antara kami akan sembuh dengan izin Tuhan kami.”

Demikian beberapa doa untuk meminta kesembuhan dari rasa sakit pada perut yang dapat kita panjatkan. Semoga kita selalu diberi kesehatan oleh Allah SWT.

Tanggapan

Belum ada

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Konten Terkait

Konten Terbaru