5 Doa Rumah Tangga Agar Harmonis dan Terhindar dari KDRT

Siti Nurul Azizah 0 Komentar

Berikut ini terdapat doa yang bisa dibaca suami istri agar rumah tangga yang dibangun harmonis, bahagia dan terhindar dari kasus KDRT.

INDIFFS.COM – Dalam Islam ada doa agar rumah tangga hidup rukun dan terhindari pertengkaran maupun kekerasan dalam rumah tangga (KDRT). Karena memang, setiap pasangan suami istri tentu menginginkan rumah tangga yang sakinah mawaddah warahmah.

Pasalnya tak jarang, dalam perjalanannya setiap pasangan menghadapi luka-liku dan mendapat cobaan. Seperti lunturnya rasa cinta, perselingkuhan, bahkan KDRT hingga perceraian.

Belakangan isu KDRT pun tengah menjadi sorotan setelah menimpa publik figur, penyanyi dangdut muda, Lesti Kejora dan Venna Melinda. Sejatinya, masalah dalam rumah tangga tersebut akan dialami siapa pun.

Doa Rumah Tangga

Meski begitu, sebagai bentuk ikhtiar, dalam Islam diajarkan membaca doa memohon perlindungan. Ketika menjalani rumah tangga, dan ada bacaan doa-doa yang dipanjatkan agar rumah tangga damai dan tentram.

1. Doa Agar Pasangan Suami Istri Bahagia dan Penuh Berkah

Berikut bacaan doa yang bisa diamalkan:

اَللّٰهُمَّ بَارِكْ لِيْ فِيْ أَهْلِيْ وَبَارِكْ لَهُمْ فِيَّ وَارْزُقْنِيْ مِنْهُمْ وَارْزُقْهُمْ مِنِّي. اَللّٰهُمَّ اجْمَعْ بَيْنَنَا مَا جَمَعْتَ إِلَى خَيْرٍ وَفَرِّقْ بَيْنَنَا إِذَا فَرَّقْتَ إِلَى خَيْرٍ

Allâhumma barik lii fii ahlii wa barik lahum fiyya warzuqni minhum warzuqhum minnii. Allahummajma’ bainana ma jama’ta ila khairin wa farriq bainana idza farraqta ila khairin.

Artinya: “Ya Allah, berkahilah aku di dalam keluargaku dan berkahilah mereka di dalam diriku. Berilah aku rezeki dari mereka dan berilah mereka rezeki dariku. Ya Allah, kumpulkan kami menuju kebaikan dan pisahkan kami bila Engkau pisahkan menuju kebaikan.”

2. Doa Supaya Bahagia Dunia Akhirat

Setiap pasangan tentu ingin mendapatkan kebahagiann dalam rumah tangganya di Dunia dan akherat.

اِذْ اَوَى الْفِتْيَةُ اِلَى الْكَهْفِ فَقَالُوْا رَبَّنَآ اٰتِنَا مِنْ لَّدُنْكَ رَحْمَةً وَّهَيِّئْ لَنَا مِنْ اَمْرِنَا رَشَدًا

Idz awal fityatu ilal Kahfi faqoluu Rabbanaa Aalinaa mil ladunka Rahmataw wahayyi’ lanaa min amrinaa Rosyadaa.

Artinya: “Wahai Tuhan kami, karuniakan lah kami rahmat dari sisi-Mu, dan beri lah kemudahan-kemudahan serta pimpinan kepada kami untuk keselamatan agama kami.”

3. Doa untuk Pasangan Suami Istri agar Mendapat Rezeki

Tentunya rezeki menjadi pelengkap dalam ikatan rumah tangga. Agar semakin harmonis pasangan dapat membaca doa berikut:

قَالَ عِيْسَى ابْنُ مَرْيَمَ اللهم رَبَّنَآ اَنْزِلْ عَلَيْنَا مَاۤىِٕدَةً مِّنَ السَّمَاۤءِ تَكُوْنُ لَنَا عِيْدًا لِّاَوَّلِنَا وَاٰخِرِنَا وَاٰيَةً مِّنْكَ وَارْزُقْنَا وَاَنْتَ خَيْرُ الرّٰزِقِيْنَ

Allahumma robbanaa anzil alaina maaidatamminassamaaa’i takuunu lana iidalli’aqolina wa’akhirina wa’ayatamminka wa’urzukna wa’anta khoirurroziqin.

Artinya: “Ya Tuhan kami, turunkan lah kiranya kepada kami suatu hidangan dari langit (yang hari turunnya) akan menjadi hari raya bagi kami, yaitu orang-orang yang bersama kami, dan yang datang sesudah kami, dan menjadi tanda bagi kekuasaan Engkau. Beri lah kami, dan Engkau lah pemberi rezeki yang paling utama.”

4. Doa Agar Keluarga Sakinah

Adapun bacaan doa ini terdapat pada Qur’an Surat al furqon ayat 74.

رَبَّنَا هَبْ لَنَا مِنْ اَزْوَاجِنَا وَذُرِّيّٰتِنَا قُرَّةَ اَعْيُنٍ وَّاجْعَلْنَا لِلْمُتَّقِيْنَ اِمَامًا

Rabbana hablana min azwaajina wa dzurriyyatina qurrata a’yuniw waj’alna lil muttaqiena imaamaa.

Artinya: “Ya Tuhan kami, anugerahkanlah kepada kami, pasangan kami dan keturunan kami sebagai penyenang hati (kami), dan jadikanlah kami sebagai imam bagi orang-orang yang bertaqwa.”

5. Doa agar Keluarga Harmonis dan Tentram

الّلهُمَّ إِنِّي أَسْأَلُكَ نَفْسًا بِكَ مُطْمَئِنَّةً تُؤْمِنُ بِلِقَائِكَ وَتَرْضَى بِقَضَائِكَ وَتَقْنَعُ بِعَطَائِكَ

Allahumma inni asaluka nafsan bika muthmainnah, tu’minu biliqoika wa tardho bi qodhoika wataqna’u bi ‘athoika.

Artinya: “Ya Allah, aku memohon kepada-Mu jiwa yang tenang, yang percaya dengan pertemuan dengan-Mu dan menerima apa yang menjadi anugerah-Mu dan rela terhadap ketentuan-Mu.”

Itulah beberapa doa dalam rumah tangga yang dapat diamalkan menjadi doa harian. Tentunya berharap agar senantiasa terhindar dari KDRT dan hal-hal tak diinginkan dalam rumah tangga. Wallahua’alam

Tanggapan

Belum ada

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Konten Terkait

Konten Terbaru