5 Doa Yang Sebaiknya Dibaca Ketika Merindukan Seseorang

Siti Nurul Azizah 0 Komentar

Dengan membacakan doa ini ketika sedang merindukan seseorang, diharapkan senantiasa mendapati kententraman hati yang dirasakan keduanya.

INDIFFS.COM – Ada beberapa doa yang sebaiknya dibaca ketika sedang merindukan seseorang yang kamu cintai atau sayangi. Karena, memang sejatinya perasaan rindu ini muncul ketika seseorang yang sudah tidak lama bertemu dengan kerabat atau teman dekatnya.

Tentunya, hal ini wajar-wajar saja karena mengingat manusia mempunyai perasaan rindu di dalam hatinya. Namun, dalam Islam sendiri, alangkah baiknya memanjatkan sebuah doa sebagai solusi rindu kepada seseorang yang sedang ada dalam pikiranmu.

Dengan memanjatkan doa ini, bertujuan agar senantiasa diberikan perlindungan dan kebaikan kepada seseorang yang dirindui. Karena dengan berdoalah, menjadi salah satu cara menyikapi rindu yang benar dan niscaya rasa rindu akan terobati.

Doa Ketika Merindukan Seseorang

Ada beberapa doa yang bisa dibacakan serta di amalkan ketika kamu sedang dilanda rasa rindu. Berikut doa yang dapat dibacakan dan diamalkan ketika rindu seseorang.

Doa Pertama

Doa pertama ini terdapat pada Al-Qur’an Surat Yusuf ayat ke 4. Ayat ini bisa dibacakan sebagai doa ketika rindu seseorang. Beberapa orang lain menyebutkan bahwa ayat tersebut merupakan doa untuk mempermudah bertemunya jodoh dan mempererat hubungan suami istri.

اِذْ قَالَ يُوْسُفُ لِاَبِيْهِ يٰٓاَبَتِ اِنِّيْ رَاَيْتُ اَحَدَ عَشَرَ كَوْكَبًا وَّالشَّمْسَ وَالْقَمَرَ رَاَيْتُهُمْ لِيْ سٰجِدِيْنَ

Idz qala yusufu li’abihi ya abati inni ra’aitu ahada ‘asyara kaukabaw Wasy syamsa Wal qamara ra’aituhum li sajidin.

Artinya: “(Ingatlah), ketika Yusuf berkata kepada ayahnya, ‘Wahai ayahku! Sungguh, aku (bermimpi) melihat sebelas bintang, matahari dan bulan; kulihat semuanya sujud kepadaku’.”

Doa Kedua

Adapun berikut doa selanjutnya yang bisa dibacakan pada saat merindukan seseorang. Doa ini terdapat pada potongan ayat 39 dalam Qur’an Surat Thahaa.

 ۗوَاَلْقَيْتُ عَلَيْكَ مَحَبَّةً مِّنِّيْ ەۚ وَلِتُصْنَعَ عَلٰى عَيْنِيْ

Wa Alqaytu ‘alayka mahabbatan minnii walitushna’a’laa ‘ainii.

Artinya: “Dan aku telah melimpahkan kepadamu kasih sayang yang datang dariku, dan supaya kamu di asuh di bawah pengawasan-Ku.”

Doa Ketiga

Selanjutnya jika kamu merindukan seseorang, bacakanlah Surat Al Fatihah. Surat ini menjadi salah satu untuk bisa mengobati berbagai penyakit, memperluas rezeki, menjauhkan dari sifat pelupa dan mengobati rasa rindu.

بِسْمِ اللّٰهِ الرَّحْمٰنِ الرَّحِيْمِ . اَلْحَمْدُ لِلّٰهِ رَبِّ الْعٰلَمِيْنَۙ . الرَّحْمٰنِ الرَّحِيْمِۙ . مٰلِكِ يَوْمِ الدِّيْنِۗ . اِيَّاكَ نَعْبُدُ وَاِيَّاكَ نَسْتَعِيْنُۗ . اِهْدِنَا الصِّرَاطَ الْمُسْتَقِيْمَ ۙ . صِرَاطَ الَّذِيْنَ اَنْعَمْتَ عَلَيْهِمْ ەۙ غَيْرِ الْمَغْضُوْبِ عَلَيْهِمْ وَلَا الضَّاۤلِّيْنَ

Bismillaahir Rahmaanir Rahiim . Alhamdu lillaahi Rabbil ‘aalamiin . Ar-Rahmaanir-Rahiim . Maaliki Yawmid-Diin. Iyyaaka na’budu wa lyyaaka nasta’iin . Ihdinas-Siraatal-Mustaqiim . Siraatal-laziina an’amta ‘alaihim ghayril-maghduubi ‘alaihim wa lad-dhaaalliin.

Artinya: “Dengan nama Allah Yang Maha Pengasih, Maha Penyayang. ‘ Segala puji bagi Allah, Tuhan seluruh alam. ‘ Yang Maha Pengasih, Maha Penyayang. ‘ Pemilik hari pembalasan. ‘ Hanya kepada Engkaulah kami menyembah dan hanya kepada Engkaulah kami mohon pertolongan. ‘ Tunjukilah kami jalan yang lurus. ‘ (yaitu) jalan orang-orang yang telah Engkau beri nikmat kepadanya; bukan (jalan) mereka yang dimurkai, dan bukan (pula jalan) mereka yang sesat.”

Doa Keempat

Adapun doa keempat ini terdapat pada potongan ayat 165 dari Qur’an Surat Al Baqarah,

يُّحِبُّوْنَهُمْ كَحُبِّ اللّٰهِ ۗ وَالَّذِيْنَ اٰمَنُوْٓا اَشَدُّ حُبًّا لِّلّٰ

Yuhibbunahum kahubillahi wallazina amanuu ashaddu hubbanlillah.

Artinya: “Mereka mencintainya (memuja dan mentaatinya) sebagaimana mereka mencintai Allah; sedang orang-orang yang beriman itu lebih cinta (taat) kepada Allah.”

Doa Kelima

Doa selanjutnya yang bisa dibacakan pada saat merindukan seseorang terdapat pada potongan ayat 14 di dalam Qur’an Surat Ali Imran.

زُيِّنَ لِلنَّاسِ حُبُّ الشَّهَوٰتِ مِنَ النِّسَاۤءِ وَالْبَنِيْنَ وَالْقَنَاطِيْرِ الْمُقَنْطَرَةِ مِنَ الذَّهَبِ وَالْفِضَّةِ

Zuyyinalinnasi hubbushahawati minannisa’i walbani na walqanaathiril muqanthorotiminazzahabi walfidhah.

Artinya: “Dihiasikan (dan dijadikan indah) bagi manusia kesukaan kepada benda-benda yang diingini, yaitu perempuan-perempuan dan anak-anak; harta-benda yang banyak dari emas dan perak.”

Demikian beberapa doa yang bisa dibacakan dan diamalkan, semoga bermanfaat. Wallahua’alam

Tanggapan

Belum ada

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Konten Terkait

Konten Terbaru