5 Fakta Jatuhnya Pesawat Yeti Airlines, Ada Korban yang Selamat!

Dini NHaH 0 Komentar

Pesawat Yeti Airlines dikabarkan jatuh di Pokhara, Nepal, pada hari Minggu (15/1/2023) pukul 11.00 pagi waktu setempat.

INDIFFS.COM – Pesawat Yeti Airlines dikabarkan jatuh di Pokhara, Nepal, pada hari Minggu (15/1/2023) pukul 11.00 pagi waktu setempat. Diketahui, pesawat yang membawa 72 orang penumpang itu jatuh hingga terbelah menjadi dua.

Menurut saksi mata, bahwa sebelum mengalami kecelakaan pesawat itu terbang dengan bergerak ke kiri dan kanan. Lalu, menurut Sudarshan Bartaula selaku juru bicara Yeti Airlines, pesawat itu dikabarkan jatuh di antara bandara lama dan Bandara Internasional Pokhara.

Fakta Jatuhnya Pesawat Yeti Airlines di Nepal

Berikut fakta-fakta pesawat Yeti Airlines jatuh di Nepal pada Minggu (15/1), diantaranya:

1. Penumpang Live

Tepat sebelum pesawat jatuh, ada penumpang dari India yang melakukan live di Facebook. Ia menampilkan pemandangan di kaca pesawat, serta sejumlah penumpang. Posisi pesawat saat itu ada di atas kota Pokhara.

Berdasarkan laporan The Times of India, Senin (16/1/2023), warga yang melakukan siaran live itu merupakan warga Ghazipur di Uttar Pradesh. Media India itu juga mengidentifikasi tiga warga India lain yang berasal dari Ghazipur. Mereka semua berusia 20 tahunan.

Video itu berdurasi 1 menit 30 detik, kondisi penerbangan tampak lancar. Visibilitas kota di daratan juga terlihat jelas, meski cuaca tampak sedikit berawan.

Beberapa detik kemudian, pesawat tampak oleng, langsung hancur, kemudian dilalap semburan api. Terdengar suara panik di video tersebut hingga rekaman berakhir.

2. Korban Tewas

Pesawat Yeti Airlines tersebut membawa 72 orang yang terdiri dari 68 penumpang dan 4 kru pesawat. Menurut otoritas penerbangan sipil Nepal, 68 penumpang dipastikan tewas pada kejadian naas tersebut.

Namun, laporan sementara terdapat 67 korban. Adapun dari 68 penumpang tewas terdiri dari:

  • 37 orang laki-laki
  • 25 perempuan
  • 3 anak-anak
  • 3 bayi.

3. Kotak Hitam Ditemukan

Associated Press melaporkan, kotak hitam dan rekaman suara kokpit pesawat ATR 72 Yeti Airlines telah ditemukan. Juru bicara Badan Penerbangan Sipil Nepal, Jagannath Niraula, menyebut kotak hitam dan rekaman kokpit akan diserahkan kepada penyidik.

Sejauh ini, penyebab kecelakaan pesawat Yeti Airlines ini belum diketahui. Saksi mata menyebut pesawat itu terbang rendah sebelum tiba-tiba berbelok dan jatuh ke ngarai.

4. Pesawat Terbelah

Badan pesawat Yeti Airlines yang jatuh di Nepal terbelah. Satu bagian berada di lereng bukit, bagian lain jatuh ke ngarai sungai. Pejabat kepolisian Ajay K.C menyebut badan pesawat hangus terbakar. Tim penyelamat kesulitan mencapai lokasi yang berada di jurang antara 2 bukit yang dekat dengan bandara.

“Separuh badan pesawat berada di sisi bukit, sedangkan bagian pesawat lain jatuh ke jurang sungai Seti,” ucapnya.

5. Ada Korban Selamat

Tim penyelamat kemudian mengevakuasi pesawat Yeti Airlines yang jatuh. Disebutkan ada korban selamat yang sudah dievakuasi ke rumah sakit.

Asisten kepala distrik Kaski, Gurudatta Dhakal, memberikan konfirmasi temuan jenazah berjumlah 29 dan juga sejumlah korban selamat. Namun dia belum menyebutkan detail berapa korban selamat tersebut.

“Kami menemukan 29 jenazah sejauh ini dan juga mengevakuasi sejumlah korban selamat ke rumah sakit untuk mendapatkan perawatan lebih lanjut,” ucap Dhakal kepada AFP.

Demikianlah beberapa informasi mengenai fakta terjatuhnya pesawat Yeti Airlines. Semoga selalu diberikan keselamatan!

Tanggapan

Belum ada

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Konten Terkait

Konten Terbaru