5 Fakta Planet Venus, Terlihat Sejajar dengan 3 Planet Lain

Admin 0 Komentar

Planet venus merupakan planet kebumian yang sering disebut "planet saudara" Bumi karena memiliki kemiripiran ukuran dan lainnya dengan Bumi.

indiffs – Planet venus merupakan salah satu planet terdekat kedua dari matahari setelah merkurius. Meskipun venus bukan termasuk planet terbesar di tata surya, planet tersebut menjadi salah satu objek yang paling menarik.

Atmosfer Venus memiliki kandungan karbondioksida atau nitrogen yang lebih tebal dari bumi. Siang atau malam, permukaannya secara konstan yaitu 470 derajat Celcius yang merupakan suhu terpanas dari semua planet. Kecerahan maksimal planet ini dapat dilihat segera sebelum matahari terbit atau setelah terbenam matahari, sehingga disebut Bintang Senja atau Bintang Kejora.

Venus ini diselimuti oleh lapisan buram yang terdiri dari awan asam sulfat yang sangat reflektif, sehingga permukaannya tidak dapat dilihat dari luar angkasa. Permukaan venus sendiri bergurun, kering, dan diselingi oleh bantuan yang diperbarui secara periodik oleh aktivitas vulkanik.

Berikut beberapa fakta mengenai planet venus yang sering disebut Bintang Kejora, yuk simak:

1. Bumi Kembar

Dari seluruh planet yang terdapat di Tata Surya, Planet Venus ini sering dikenal yang paling mirip dengan Bumi. Dengan memiliki ukuran yang hampir sama, begitu pula dengan komposisinya. Orbit venus paling dekat dengan bumi ini relatif muda dan juga memiliki atmosfer yang tebal, tetapi atmosfer venus didominasi oleh asam sulfat beracu.

2. Tekanan Ekstrim

Tekanan udara di permukaan venus ini cukup ekstrim, sekitar 90 kali lipat lebih tinggi dibandingkan Bumi. Dengan kata lain, tekanan udara di Venus hampir sama dengan tekanan air kedalaman 1 kilometer bawah laut bumi.

3. Planet yang Sangat Panas

Keunikan planet Venus ini yaitu merupakan planet yang sangat panas yang memiliki atmosfer terdiri dari 96% karbondioksida. Faktor utama yang mengakibatkan permukaan yang sangat panas adalah efek rumah kaca yang tidak terkendali.

4. Memiliki Ribuan Gunung Berapi

Terdapat lebih banyak gunung berapi di planet venus daripada di planet lain mana pun di Tata Surya kita. Setidaknya 1.600 gunung berapi di permukaannya dan mungkin lebih banyak lagi, yang terlalu kecil untuk dilihat dari Bumi.

5. Memiliki Rotasi Lebih Lama dari Revolusi

Dalam satu hari di Bumi yaitu 24 jam dan 365 hari yaitu dalam satu tahun. Namun berbeda dengan Bumi, rotasi venus lebih lama dari revolusinya. Bahkan dalam satu hari atau satu rotasi planet Venus sama dengan 243 hari Bumi atau 5.832 jam. Selain itu, satu tahun di venus sama dengan 224,7 hari di Bumi.

Nah itu dia fakta-fakta dan keunikan mengenai Planet Venus, semoga bermanfaat.

Tanggapan

Belum ada

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Konten Terkait

Konten Terbaru