5 Game Edukasi Anak Usia 3 Tahun yang Menyenangkan

Admin 0 Komentar

Game edukasi sebagai media pembelajaran, yaitu melibatkan anak dalam proses pengalaman dan terdorong untuk berpikir kreatif.

indiffsGame edukasi merupakan salah satu alat bagi anak untuk belajar dengan cara menyenangkan. Apalagi bagi anak tiga tahun, bermain merupakan kegiatan vital mereka untuk mendukung perkembangan mereka. Bermain games dapat meningkatkan keterampilan kognitif, fisik, dan emosional anak.

Usia tiga tahun adalah usia krusial bagi anak untuk belajar dan berkembang. Mereka di umur yang sangat penasaran dengan apapun, penuh pertanyaan, dan senang menjelajahi lingkungan sekitar. Orang tua berperan penting dalam masa pertumbuhan ini untuk membantu anaknya melewati masa ini dengan baik. Salah satu caranya dengan mengajak anak bermain sambil belajar melalui game.

Berikut ini rekomendasi game edukasi untuk anak 3 tahun yang bisaa Bunda berikan kepada si kecil:

1. Bermain Puzzle

Bermain Puzzle

Bermain Puzzle – car.co.id

Puzzle merupakan games yang sangat bagus untuk berbagai perekembanagan anak. Mulai dari mencocokan pola, segi kognitif dengan memecahkan puzzel, serta keterampilan emosional melalui belajar bersabar menyusun puzzle. Selain membangun, teka-teki juga dapat meningkatkan memori anak, mengajarkan mengenai bentuk-bentuk, dan menyelesaikan tujuan sederhana.

2. Pasir Mainan

Pasir Mainan

Pasir Mainan – rumahbunda.com

Bermain pasir memiliki manfaat untuk melatih kemampuan motorik halus dan kasar si kecil. Selain itu, si kecil akan berimajinasi ketika bermain pasir.

Mereka bisa membuat apa yang dipikirkannya, misal saja membuat istana pasir, rumah, gunung, atau apa pun yang adalam imajinasinya. Ketika Bunda memberikan mainan pasir, pastikan si kecil sudah diberikan cara yang boleh dilakukan dan tidak boleh dilakukan ya.

3. Mewarnai Gambar Rumah dengan Potongan Kertas Bekas

Mewarnai Rumah dengan Kertas Potongan

Mewarnai Rumah dengan Kertas Potongan – youtube.com

Hal yang pertama dilakukan yaitu membuat gambar rumah di selembar kertas besar. Lalu dengan menggunakan potongan kertas bekas dalam berbagai bentuk dan warna, biarkan si kecil mendekorasi rumah tersebut.

Hal ini untuk mewakili rumahnya sendiri atau rumah imajiner, biarkan kreativitasnya berjalan. Bunda dapat menggunakan kertas post-it bekas, kertas koran, brosur, dan lain-lain.

4. Papan Kesimbangan

Papan Keseimbangan

Papan Keseimbangan – id.theasianparent.com

Mainan edukasi ini tergolong mudah dan murah, karena Bunda bisa membuatnya sendiri di rumah. Permainan papan keseimbangan memiliki manfaat melatiih kekuatan otot mereka, serta megenalkan tentang gaya gravitasi.

5. Bermain dengan Plastisin

Bermain Plastisin

Bermain Plastisin – merdeka.com

Balita cenderung senang menyentuh banyak hal. Memberi anak plastisin menjadi pilihan mainan yang menyenangkan untuk anak dan mengembangkan kemampuan sensorik anak. Tidak hanya itu, kemampuan imajinasi anak juga dilatih dengan membentuk benda-benda dari plastisin.

Nah, itulah beberapa games edukasi anak usisa 3 tahun yang menyenangkan, semoga bermanfaat.

Tanggapan

Belum ada

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Konten Terkait

[quads id=1]

Konten Terbaru