5 Kelebihan Dan Kelemahan Kepribadian INTJ Si Architect

Admin 0 Komentar

Semua tipe kepribadian memiliki kelebihan dan kelemahan masing-masing, termasuk INTJ. Simak selengkapnya berikut ini!

INDIFFS.COM – Semua tipe kepribadian memiliki kelebihan dan kelemahan masing-masing, termasuk INTJ. Introverted, Intuitive, Thinking, dan Judging atau disingkat INTJ dijuluki sebagai architect atau strategis.

Orang dengan tipe kepribadian ini dikenal sebagai individu yang analistis, logis, dan kreatif. Sekitar 1-4% populasi dunia diperkirakan memiliki kepribadian INTJ.

Kelebihan dan Kelemahan INTJ

Seorang INTJ bisa sangat baik dalam memilah pola, makna, dan berbagai kemungkinan atau pilihan yang ada. terdapat sejumlah kelebihan dan kekurangan paling umum yang dimiliki oleh tipe kepribadian INTJ.

Kelebihan INTJ

Berikut ini adalah kekuatan atau kelebihan tipe kepribadian INTJ:

1. Pekerja Keras

INTJ memang terkenal dengan nama ‘Perancang’, tapi mereka juga bisa disebut ‘Si Pemikir’. Ia akan berusaha memperbaiki sesuatu yang menurut mereka tidak sesuai. Mereka juga senang mengerjakan proyek sendiri tanpa bantuan orang lain.

Begitu juga dengan komitmen, INTJ akan bersungguh-sungguh dalam melakukan komitmen baik itu hubungan ataupun pekerjaan. INTJ jarang sekali mengerjakan sesuatu secara setengah-setengah.

2. Rasional

INTJ bangga akan kekuatan pikirannya, mereka dapat membingkai ulang, hampir semua tantangan sebagai kesempatan untuk mengasah keterampilan berpikir rasional dan memperluas pengetahuannya. Dengan pola pikir seperti ini, mereka dapat merancang solusi inventif bahkan untuk masalah yang paling sulit sekalipun.

3. Mandiri

INTJ mempercayai analisisnya sendiri dan tidak mengikuti aturan sewenang-wenang atau figur otoritas konvensional. Meskipun biasanya bukan tipe kepribadian yang konfrontatif, seorang INTJ akan cenderung menantang dan tidak takut untuk menempuh jalannya sendiri.

4. Berpikiran Terbuka

Kebanyakan orang INTJ sulit goyah jika sudah memutuskan sesuatu, tetapi kemungkinan mereka juga akan mudah menerima pemikiran baru. Mereka adalah pribadi yang sangat open minded. Selagi pemikiran tersebut bertujuan positif, mereka cenderung akan menerima dan mengembangkan pemikiran tersebut. INTJ juga tidak mudah menghakimi seseorang, karena mereka percaya setiap manusia pasti berbeda.

5. Ambisius

Tipe kepribadian ini dikenal ambisius dan berorientasi pada tujuan. Seorang yang memiliki kepribadian ini tidak akan berhenti sampai mereka mencapai definisi kesuksesan mereka sendiri yang biasanya memerlukan penguasaan subjek dan pengejaran yang penting bagi mereka.

Kelemahan INTJ

Adapun kelemahan si architect atau INTJ, yaitu berikut ini:

1. Tidak Peka

Penekanan INTJ pada logika dan alasan benar-benar dapat membuat mereka tidak peka. Mereka bisa mengabaikan emosi, baik emosi sendiri maupun orang lain.

Orang dengan kepribadian ini mungkin tetap berpegang pada aturan dan prinsip mereka. Bahkan ketika situasinya membutuhkan kebijaksanaan dan fleksibilitas atau tampak tidak perlu kasar dengan orang lain, ketika tidak setuju dengan mereka.

2. Sombong

Ahli strategis ini mungkin berpengetahuan luas, tetapi mereka tidak sempurna. Keyakinan diri mereka dapat membutakan mereka terhadap masukan yang berguna dari orang lain. Dengan begitu, tipe kepribadian INTJ dapat terlihat sebagai orang yang keras atau sombong karena tidak menghargai orang lain.

3. Terlalu Kritis

Kepribadian ini cenderung memiliki banyak pengendalian diri, terutama dalam hal pikiran dan perasaan. Ketika orang-orang dalam hidup mereka gagal menyamai tingkat pengekangan mereka, arsitek dapat terlihat sangat kritis. Tapi kritik ini bisa tidak adil, berdasarkan standar yang sewenang-wenang daripada pemahaman penuh tentang sifat manusia.

4. Keras Kepala

Independensi INTJ yang terkenal dengan cepat berubah menjadi keras kepala dan terkadang argumentatif. Keinginan mereka untuk memahami mengapa segala sesuatu dan memastikan bahwa semua tindakan konsisten dan rasional dapat membuat mereka enggan atau menolak instruksi.

5. Tidak Bersosialisasi

Rasionalitas INTJ yang tanpa henti dapat menyebabkan frustrasi dalam kehidupan sosial mereka. Upaya mereka untuk menentang harapan mungkin membuat mereka merasa terisolasi atau terputus dari orang lain. Kadang-kadang, mereka mungkin menjadi sinis tentang nilai hubungan sama sekali, mempertanyakan pentingnya cinta dan hubungan.

Nah, itulah kelebihan dan kelemahan seseorang dengan kepribadian INTJ. Dengan mengetahui kelebihan dan kekurangan diri, bisa sangat bermanfaat untuk memudahkan pengembangan potensi yang kita miliki.

Tanggapan

Belum ada

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Konten Terkait

[quads id=1]

Konten Terbaru