5 Keutamaan Hari Senin Dalam Islam, Terbukanya Pintu Surga!

Resa Azzahra 0 Komentar

Ada beberapa keutamaan yang belum diketahui oleh umat muslim pada hari Senin. Keistimewaan hari Senin ini sangat dahsyat.

INDIFFS.COM – Hari Senin yang identik dengan hari dimana penuh dengan keluhan, hal ini karena hari senin muncul setelah hari libur berakhir. Padahal dalam Islam ada keutamaan tersendiri loh untuk Hari Senin. 

Karena, Hari Senin merupakan hari yang penuh dengan keistimewaan, yang dimana pintu-pintu surga terbuka lebar, sehingga kita bisa melakukan beragam kebaikan sebagai ladang pahala di waktu ini. Setelah mengetahui hal ini, seharusnya kita bisa menjadi lebih semangat untuk menyambut hari kelahiran Rasulullah SAW.

Keutamaan Hari Senin Dalam Islam

Tak hanya itu, ada berbagai macam keutamaan Hari Senin lainnya yang perlu kita ketahui, yakni diantaranya  sebagai berikut:

1. Hari Lahirnya Rasulullah SAW

Keistimewaan hari Senin yang pertama adalah, hari yang bertepatan dengan kelahiran serta wafatnya Rasulullah SAW. Hal tersebut sudah seharusnya menjadi hari istimewa untuk semua umat muslim di seluruh dunia. Sebagaimana yang disebutkan dalam QS. Al-Ahzab ayat 21 yang berbunyi:

لَقَدْ كَانَ لَكُمْ فِيْ رَسُوْلِ اللّٰهِ اُسْوَةٌ حَسَنَةٌ لِّمَنْ كَانَ يَرْجُوا اللّٰهَ وَالْيَوْمَ الْاٰخِرَ وَذَكَرَ اللّٰهَ كَثِيْرًاۗ

Artinya: “Sungguh, telah ada pada (diri) Rasulullah itu suri teladan yang baik bagimu (yaitu) bagi orang yang mengharap (rahmat) Allah dan (kedatangan) hari Kiamat dan yang banyak mengingat Allah.”

Pasalnya, Nabi Muhammad SAW yang yang sudah menjadi suri teladan untuk kita, dengan semua keutamaan yang melekat pada dirinya. Hal itu juga, yang menyebabkan Islam menyebar luas ke seluruh wilayah dunia, dan menjadikan zaman Jahiliyah menjadi zaman yang terang benderang seperti sekarang ini.

2. Terampuninya Dosa dan Terbukanya Pintu Surga

Kebanyakan dari kita sering mengeluh pada datangnya Hari Senin. Padahal, seharusnya kita lebih semangat ketika mengingatnya. Karena pada hari Senin ini dosa-dosa kita akan diampuni oleh Allah SWT, sebaiknya kita selalu senantiasa bersyukur jika bertemu dengan hari senin. Seperti dalam hadits yang berbunyi:

تُفْتَحُ أَبْوَابُ الْجَنَّةِ يَوْمَ الاثْنَيْنِ وَيَوْمَ الْخَمِيسِ فَيُغْفَرُ لِكُلِّ عَبْدٍ لاَ يُشْرِكُ بِاللهِ شَيْئًا إِلاَّ رَجُلاً كَانَتْ بَيْنَهُ وَبَيْنَ أَخِيهِ شَحْنَاءُ، فَيُقَالُ: أَنْظِرُوا هَذَيْنِ حَتَّى يَصْطَلِحَا، أَنْظِرُوا هَذَيْنِ حَتَّى يَصْطَلِحَا، أَنْظِرُوا هَذَيْنِ حَتَّى يَصْطَلِحَا.

Artinya: “Pintu-pintu Surga dibuka pada hari Senin dan Kamis. Maka semua hamba yang tidak menyekutukan Allah dengan sesuatu apapun akan diampuni dosa-dosanya, kecuali seseorang yang antara dia dan saudaranya terjadi permusuhan. Lalu dikatakan, Tundalah pengampunan terhadap kedua orang ini sampai keduanya berdamai.” (HR. Muslim).

3. Hari Dimana Turunnya Al-Qur’an

Seperti yang sudah kita ketahui, bahwa Al-Qur’an mempunyai kedudukan utama bagi seluruh umat muslim. Al-Qu’an ini turun kepada Nabi Muhammad tepatnya pada hari Senin di Gua Hira. Oleh karena itu, keistimewaan hari Senin ini adalah dimana hari turunnya kitab suci kepada rasulullah SAW.

4. Hari Yang Baik Untuk Bertaubat

Dari Ibnu Umar radhiyallahu ‘anhuma; Rasulullahshallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda:

وَاحْتَجِمُوا يَوْمَ الِاثْنَيْنِ وَالثُّلَاثَاءِ ، فَإِنَّهُ الْيَوْمُ الَّذِي عَافَى اللَّهُ فِيهِ أَيُّوبَ مِنَ الْبَلَاء ] سنن ابن ماجه: حسنه الألباني]

Artinya: “Berbekamlah pada hari Senin dan Selasa karena sesungguhnya pada hari itu Allah menyembuhkan Ayyub dari penyakit”.[Sunan Ibnu Majah: Hasan]

5. Anjuran Untuk Berpuasa

hari senin juga merupakan hari yang spesial bagi kita sebagai umat muslim karena kita bisa berpuasa sunnah sebagaimana yang dianjurkan oleh Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wassallam. Usamah bin Zaid berkata,

قُلْتُ يَا رَسُولَ اللَّهِ إِنَّكَ تَصُومُ حَتَّى لاَ تَكَادَ تُفْطِرُ وَتُفْطِرُ حَتَّى لاَ تَكَادَ أَنْ تَصُومَ إِلاَّ يَوْمَيْنِ إِنْ دَخَلاَ فِى صِيَامِكَ وَإِلاَّ صُمْتَهُمَا. قَالَ « أَىُّ يَوْمَيْنِ ». قُلْتُ يَوْمَ الاِثْنَيْنِ وَيَوْمَ الْخَمِيسِ. قَالَ « ذَانِكَ يَوْمَانِ تُعْرَضُ فِيهِمَا الأَعْمَالُ عَلَى رَبِّ الْعَالَمِينَ فَأُحِبُّ أَنْ يُعْرَضَ عَمَلِى وَأَنَا صَائِمٌ »

Artinya; “Aku berkata pada Rasulullah ‘alaihi wa sallam, “Wahai Rasulullah, engkau terlihat berpuasa sampai-sampai dikira tidak ada waktu bagimu untuk tidak puasa. Engkau juga terlihat tidak puasa, sampai-sampai dikira engkau tidak pernah puasa. Kecuali dua hari yang engkau bertemu dengannya dan berpuasa ketika itu.” Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallambertanya, “Apa dua hari tersebut?” Usamah menjawab, “Senin dan Kamis.”

Demikianlah beberapa keutamaan atau keistimewaan hari senin yang wajib kita ketahui sebagai umat Muslim. Semoga dapat membantu.

Tanggapan

Belum ada

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Konten Terkait

Konten Terbaru