5 Keutamaan Menghafal Al Quran, Diberikan Mahkota Kehormatan

Wiwin Indriani 0 Komentar

Banyak keutamaan luar biasa bagi orang yang menghafal Al Quran, salah satunya yaitu diberikan mahkota kemuliaan oleh Allah di akhirat kelak.

Indiffs – Umat muslim dianjurkan untuk membaca dan menghafal Al Quran. Banyak diterapkan oleh umat muslim adalah membacanya saja. Memang membaca Al Quran saja sudah banyak keutamaan yang didapatkan akan tetapi, lebih baik lagi untuk menghafal Al Quran. Sebagian muslim mungkin masih belum memahami keutamaan menghafal Al Quran.

Ada sejumlah hadist yang menyebutkan keutamaan menghafal Al Quran. Salah satunya seperti yang diriwayatkan dalam hadist Imam Bukhari dan Imam Muslim dari Aisyah RA, orang yang menghafal Al Quran dengan baik akan bersama malaikat. Sementara yang menghafal dan bacaannya terbata-bata juga akan mendapatkan pahala.

Keutamaan Menghafal Al Quran

Berikut keutamaan dan manfaat bagi seseorang yang menghafal Al Quran di kehidupan dunia dan akhirat:

1. Memberikan Syafaat Kepada Sepuluh Keluarganya

Seorang penghafal Al Quran bisa memberikan syafaat kepada sepuluh keluarganya di akhirat nanti. Hadis riwayat Ibnu Majah dari Sayyidina Ali, Rasulullah SAW bersabda:

مَنْ قَرَأَ الْقُرْآنَ وَحَفِظَهُ أَدْخَلَهُ اللَّهُ الْجَنَّةَ وَشَفَّعَهُ فِي عَشَرَةٍ مِنْ أَهْلِ بَيْتِهِ كُلُّهُمْ قَدْ اسْتَوْجَبُوا النَّارَ

Artinya: “Barangsiapa membaca Alquran dan menghafalkan nya, maka Allah akan memasukkan nya ke dalam surga serta akan memberi syafaat kepada sepuluh dari keluarganya yang seharusnya masuk neraka.”

2. Berhak Diangkat Menjadi Imam

Seorang penghafal Al Quran akan diutamakan menjadi imam sholat. Dari Abu Mas’ud ra, Rasulullah SAW bersabda:

يَؤُمُّ الْقَوْمَ أَقْرَؤُهُمْ لِكِتَابِ اللَّهِ فَإِنْ كَانُوا فِى الْقِرَاءَةِ سَوَاءً فَأَعْلَمُهُمْ بِالسُّنَّةِ … وَلاَ يَؤُمَّنَّ الرَّجُلُ الرَّجُلَ فِى سُلْطَانِهِ…

Artinya: “Yang paling berhak jadi imam adalah yang paling banyak hafalan Alquran nya. Jika dalam hafalan Quran mereka sama, maka didahulukan yang paling paham dengan sunnah… dan seseorang tidak boleh menjadi imam di wilayah orang lain.” (HR. Ahmad 17526, Muslim 1564, dan yang lainnya).

3. Golongan Manusia Terbaik

Dengan membaca, menghafal dan memahami ayat-ayat Al Quran, Allah akan melimpahkan rahmat serta kasih sayangnya. Dalam hadis riwayat Bukhari, dari Utsman, Nabi Muhammad SAW bersabda, “Sebaik-baiknya manusia di antara kamu adalah yang mempelajari Al-Qur’an dan mengamalkannya.”

Tidak hanya itu, ada hadist yang diriwayatkan oleh Bukhari dan Muslim menjelaskan mengenai janji Allah kepada penghafal Al Quran. Yakni akan bersama dengan malaikat dan mendapat pahala meskipun terbata-bata. Berikut hadist nya:

عَن عَائِشَةَ رَضي اللٌهُ عَنهاَ قَالَتُ:قَالَ رَسُولُ اللٌهِ صَلٌي اللٌهُ عَلَيهِ وَ سَلٌم الَماهر باِلقُرانِ مَعَ السَفَرَةَ الكِرَامِ الَبَرَرَةِ وَاٌلَذِي يَقُراٌ القُرانَ وَيَتَتَعتَعُ فِيه وَهُوَ عَلَيهِ شَاقٌ لَه اَجَران (رواه البخارى ومسلم وابو داوود والترمذى وابن ماجه).

Dari Aisyah Ra, Nabi Muhammad SAW bersabda: “Orang yang pandai membaca Al-Qur’an maka dia akan bersama para malaikat yang mulia dan baik, sedangkan orang yang membaca Al-Qur’an dengan terbata-bata dan mengalami kesulitan dalam membacanya terbata-bata, maka baginya dua pahala.”

4. Mendapat Penghargaan dari Nabi Muhammad SAW

Dikisahkan, saat Perang Uhud Rasulullah SAW mendahulukan pemakaman para syuhada yang hafiz Alquran. Sebagaimana tertuang dalam sebuah hadits yang diriwayatkan oleh Imam Bukhari:

كان رسول الله صلى الله عليه وسلم يجمع بين الرجلين من قتلى أحد في ثوب واحد ثم يقول: أيهم أكثر أخذاً للقرآن ؟ فإذا أشير إلى أحدهما قدمه في اللحد

“Nabi mengumpulkan di antara dua orang syuhada Uhud kemudian beliau bersabda, ‘Manakah di antara keduanya lebih banyak hafal Alquran’, ketika ditunjuk kepada salah satunya, maka beliau mendahulukan pemakaman nya di liang lahat.”

5. Diberi Mahkota Kehormatan di Akhirat Kelak

Dari Abu Hurairah radhiyallahu ‘anhu, Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda:

يَجِىءُ الْقُرْآنُ يَوْمَ الْقِيَامَةِ فَيَقُولُ يَا رَبِّ حَلِّهِ فَيُلْبَسُ تَاجَ الْكَرَامَةِ ثُمَّ يَقُولُ يَا رَبِّ زِدْهُ فَيُلْبَسُ حُلَّةَ الْكَرَامَةِ ثُمَّ يَقُولُ يَا رَبِّ ارْضَ عَنْهُ فَيَرْضَى عَنْهُ فَيُقَالُ لَهُ اقْرَأْ وَارْقَ وَتُزَادُ بِكُلِّ آيَةٍ حَسَنَةً

Al Quran akan datang pada hari kiamat, lalu dia berkata, “Ya Allah, berikan dia perhiasan”. Lalu Allah berikan seorang hafiz Alquran mahkota kemuliaan. Alquran meminta lagi, “Ya Allah, tambahkan untuknya”. Lalu dia diberi pakaian perhiasan kemuliaan. Kemudian dia minta lagi, “Ya Allah, ridhai dia”. Allah-pun meridhai nya. Lalu dikatakan kepada hafiz Quran, “Bacalah dan naiklah, akan ditambahkan untukmu pahala dari setiap ayat yang kamu baca. (HR. Turmudzi 3164 dan beliau menilai Hasan shahih).

Tanggapan

Belum ada

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Konten Terkait

Konten Terbaru