5 Khasiat Teh Bunga Krisan Bagi Kesehatan yang Jarang Diketahui!

Avy Elshanda 0 Komentar

Bunga krisan atau chrysanthemum merupakan tanaman berbunga yang berasal dari Asia Timur dan dominan tumbuh di Negeri Tirai Bambu.

IndiffsBunga krisan atau chrysanthemum merupakan tanaman berbunga yang berasal dari Asia Timur dan dominan tumbuh di Negeri Tirai Bambu. Bunga ini umumnya dikonsumsi sebagai teh herbal, namun juga sering diolah menjadi suplemen.

Teh bunga ini sudah lama digunakan sebagai obat tradisional Cina dan dianggap memiliki berbagai manfaat bagi kesehatan. Berbeda dengan teh pada umumnya, teh krisan ini tidak mempunyai kandungan kafein karena tidak berasal dari daun teh Camellia Sinensis.

Berikut 5 manfaat teh bunga krisan bagi kesehatan yang harus Anda ketahui, simak berikut ini:

1. Meningkatkan Kesehatan Mata

Meningkatkan Kesehatan Mata

Meningkatkan Kesehatan Mata – Guesehat

Manfaat teh bunga krisan pada kesehatan mata sudah dipercaya sejak lama, yang dapat digunakan untuk mengobati masalah pada mata dan meningkatkan ketajaman mata.

Anda dapat mencoba meminum teh ini saat mata terasa kering, nyeri dan mata merah karena terlalu lama menghadap pada layar komputer atau membaca.

2. Mengobati Osteoporosis

Mengobati Osteoporosis

Mengobati Osteoporosis – KlikDokter

Osteoporosis merupakan berkurangnya kepadatan yang mengakibatkan tulang mudah keropos atau patah. Kondisi seperti ini lebih sering terjadi pada lansia, khususnya yang kurang mendapatkan asupan kalsium.

Untuk mencegah terjadinya masalah tersebut, Anda bisa mengkonsumsi olahan bunga krisan. Hal ini dikarenakan bunga krisan mengandung kalsium yang tinggi serta beragam antioksidan, seperti senyawa fenolik dan flavonoid yang baik untuk kesehatan tulang.

3. Mengontrol Gula Darah

Mengontrol Gula Darah

Mengontrol Gula Darah – KlikDokter

Kadar gula darah yang tinggi dalam tubuh bisa membuat kinerja hormon insulin akan terganggu. Kondisi yang sering disebut resistensi insulin ini bisa mengakibatkan terjadinya penyakit diabetes.

Untuk mencegah diabetes ini, Anda perlu mengontrol kadar gula darah dengan rutin berolahraga dan juga membatasi batasan asupan gula. Selain itu, Anda juga bisa mengkonsumsi bunga krisan untuk menjaga kadar gula darah.

Beberapa studi pun menunjukkan bahwa bunga ini dapat mengurangi gula darah dan menjaganya tetap terkontrol, sehingga baik untuk mencegah diabetes tipe 2.

4. Meringankan Sakit Tenggorokan

Meringankan Sakit Tenggorokan

Meringankan Sakit Tenggorokan – Halodoc

Sakit tenggorokan ini umumnya sering terjadi ketika tenggorokan mengalami peradangan akibat terinfeksi virus atau bakteri. Namun, reaksi terhadap polusi atau zat kimia tertentu terkadang juga bisa memicu terjadinya radang tenggorokan.

Untuk meringankannya keluhan tersebut, Anda bisa mengkonsumsi teh bunga krisan. Khasiat ini berkat kandungan antibakteri dan anti radang di dalam bunga ini yang baik untuk meredakan infeksi dan mengurangi peradangan di dalam tubuh.

5. Menjaga Kesehatan Kulit

Menjaga Kesehatan Kulit

Menjaga Kesehatan Kulit – Wongcoco

Salah satunya bunga ini adalah untuk menjaga kecantikan dan kesehatan kulit. Manfaat ini berasal dari beragam nutrisi dalam bunga krisan serta efek anti radang dan antioksidan yang cukup tinggi.

Selain mencegah dehidrasi yang bisa membuat kulit kering, bunga krisan yang dikonsumsi sebagai teh juga dapat mengurangi peradangan pada kulit, mencegah terbentuknya flek hitam akibat paparan sinar UV dan menghambat penuaan dini.

Tanggapan

Belum ada

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Konten Terkait

Konten Terbaru