5 Kunci Ketenangan Hidup Dengan Mengingat Allah, Yuk Ketahui!

Resa Azzahra 0 Komentar

Semua orang pasti menginginkan hidup damai dan tenang. Untuk itu yuk ketahui kunci ketenangan hidup dengan mengingat Allah Sebagai Tuhan kita

INDIFFS.COM – Sebagai manusia, salah satu keinginan terbesar dalam hidup adalah dengan mencari kedamaian atau kunci ketenangan dalam hidup ini.

Ketenangan hidup merupakan impian indah setiap orang, bagaimana pun status sosial dan profesinya, semua orang menginginkan hidup yang berjalan dengan tenang dan damai. Di zaman sekarang, kaum muslimin sangat membutuhkan kedamaian hidup agar stabilitas iman tidak tergoncang serta hati tetap dalam koridor ketakwaan.

Untuk itu mari simak beberapa kunci kedamaian atau ketenangan dalam hidup yang bisa kamu ketahui berikut ini:

1. Memahami Keagungan Allah

Pahami siapa Allah itu, dan betapa agungnya beliau. Orang yang sudah bisa memahami kebesaran Allah akan menemukan kedamaian dengan mengetahui bahwa segala sesuai ada Allah dalam hidup ini.

2. Mengingat Allah

Cara terbaik untuk menciptakan ketenangan pikiran adalah dengan mengingat Allah melakukannya secara konsisten sepanjang hari. Itu tidak berarti bahwa kita tidak bisa melanjutkan hidup, tetapi sebaiknya untuk melampirkan 5 menit zikir pada 5 doa harian. Luangkan waktu 5 menit sebelum atau sesudah salat harian melakukan Dzikir kepada Allah. Sekarang ini adalah Sunnah yang ditentukan Nabi SAW.

Kita mungkin sudah melakukan shalat wajib dan melakukan dzikir, tetapi secara tidak sadar kita sering terburu-buru dalam melaksanakan shalat, sehingga kita tak benar-benar melakukan dzikir dengan memikirkan Allah. Hal itu dapat menggagalkan tujuan dzikir, jika yang kita lakukan hanyalah mengucapkan kata-kata tanpa benar-benar mengingat Allah.

3. Berwudhu

Luangkan 10 menit sebelum sholat lima waktu sebagai titik fokus, untuk melaksanakan wudhu sebelum Sholat. Tetapi ketika kita berwudhu dan berpikir tentang Allah, luangkan waktu dan renungkan mengapa kita melakukan ini. Ingat itu adalah tindakan ibadah dan pembersihan dosa-dosa kita. Namun, untuk menjadi zikir, jadikan ini sebagai latihan untuk menciptakan fokus dalam pikiran sehingga kita akan lebih fokus dalam sholat 5 waktu.

4. Selalu Bersyukur

Bersyukur merupakan sifat para Nabi dimana mereka senantiasa berterima kasih pada Allah atas nikmat yang telah ia berikan. Untuk itu, jika kita bisa bersyukur maka allah akan memberikan kita hal yang lebih dari apapun yang kita miliki. 

5. Ridho

Salah satu jalan terbaik menuju ketenangan adalah ridha kepada Allah. Dalam pemahaman bahwa apa pun yang terjadi pada kita, rencana Allah adalah yang terbaik. Ketika kita puas dengan ketetapan Allah, kita akan bekerja keras, kita akan melakukan yang terbaik tetapi puas dengan hasil apa pun yang datang kepada kita.

Keputusan Allah adalah Ilahi, tidak selalu dapat dimengerti oleh kita. Hanya ketika kita melihat ke belakang, kita memahami bagaimana rencana Allah itu sempurna. Rencana Allah bagi kita adalah yang terbaik bagi kita, dan mengetahui hal itu membuat hidup menjadi sangat damai. Semoga Allah menjadikan kita orang-orang yang tenang dalam hidup, dan tenang dalam kematian.

Dan itulah 5 kunci ketenangan hidup yang bisa kita ketahui dan kita pahami agar hidup kita bisa menjadi lebih baik.

Tanggapan

Belum ada

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Konten Terkait

Konten Terbaru