5 Makanan Khas Indonesia Men-Dunia yang Wajib Kamu Coba!

Admin 0 Komentar

Makanan khas Indonesia terkenal dengan cita rasa yang lezat dan menggugah selera, tidak terlepas dari bumbu rempah-rempah yang digunakan.

Indiffs – Makanan khas Indonesia terkenal dengan cita rasa yang lezat dan menggugah selera. Setiap daerah memiliki makanan khas masing-masing dengan cita rasa yang unik. daerah-daerah di Indonesia memiliki lebih dari satu makanan khas yang enak dan wajib kamu coba.

Melihat fakta tersebut, tidak heran kuliner Indonesia bisa terkenal le seluruh dunia. Hal ini juga tidak terlepas dari bumbu rempah-rempah yang digunakan dalam berbagai makanan tersebut. Jelajah kuliner tentunya menjadi salah satu wisata yang sangat menarik. Tentu sebagai pecinta kuliner kamu perlu tahu sebenarnya makanan khas Indonesia yang sudah terkenal sampai ke penjuru dunia itu apa saja, penasaran?

Rendang

Sumatera Barat terkenal dengan makanan Padang yang berasal dari kota Padang. Makanan yang banyak rempahnya ini mempunyai citarasa yang kuat. Rendang adalah salah satu masakan Padang yang menjadi favorit banyak orang indonesia bahkan sampai luar negeri.

Sate

Sate – Lifestyle Okezone

Makanan ini juga salah satu makanan yang mudah untuk dijumpai di Indonesia. Sate adalah kuliner khas Indonesia yang menggunakan daging ayam, sapi, kambing, kelinci, ataupun kerbau sebagai bahan bakunya.

Uniknya setiap pulau memiliki sate dengan versi yang berbeda-beda. Mulai dari sate Padang dari Minangkabau, sate Madura, sate Tegal, sate Lilit, sate Ponorogo, sate Ambal, dan sate Buntal.

Yang membedakan dari masing-masing sate tersebut adalah cara pemilihan daging dan saus pelengkapnya. Sate sangat cocok disantap dengan nasi putih atau lontong, acar timur serta kerupuk.

Rawon

Rawon – Tribunnews.com

Makanan khas dari Kota Surabaya yang mirip dengan sup daging namun memiliki kuah hitam pekat. Meskipun kuahnya tidak seperti sup pada umumnya, rawon memiliki cita rasa yang khas dan selalu dirindukan oleh penikmat masakan Jawa Timur-an.

Warna hitam pada  Rawon disebabkan oleh pemakaian kluwek pada kuahnya. Buah kluwek adalah buah berwarna hitam yang memberikan warna serta citarasa yang unik pada masakan.

Gulai Belacan

Gulai Belacan – Phiradio.net

Makanan gulai Belacan ini merupakan makanan khas daerah Riau. Belacan merupakan nama lain dari terasi yang begitu dikenal oleh orang Sumatera. Makanan khas daerah Riau ini dibuat dari bahan dasar berupa kuah yang telah dicampur dengan terasi, selain itu terdapat pula daging, udang atau ikan.

Nasi Goreng

Nasi Goreng – Cookpad.com

Ada yang belum pernah menyantap nasi goreng? Pastinya hampir seluruh orang tau kuliner yang satu ini. Selain lezat, nasi goreng adalah kuliner yang mudah untuk dimasak.

Nasi goreng sendiri banyak versi-nya, ada nasi goreng kampung, nasi goreng ijo, nasi goreng Jawa, nasi goreng teri, nasi goreng seafood, dll. Biasanya nasi goreng sering dihidangkan untuk sarapan atau kuliner di malam hari. Untuk yang sering berburu kuliner di malam hari, kamu bisa mendapati nasi goreng gerobak yang harum baunya tak kuasa untuk ditolak. Tak salah jika nasi goreng menjadi kuliner yang juga dinobatkan sebagai makanan ter-lezat di dunia.

Tanggapan

Belum ada

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Konten Terkait

Konten Terbaru