5 Makanan Khas Maluku Yang Populer dan Bikin Ngiler

Wiwin Indriani 0 Komentar

Masakan khas Maluku didominasi cita rasa yang kaya, mulai dari gurih, asin, manis, hingga pedas. Berikut makanan khas Maluku, wajib coba!

INDIFFS.COM – Maluku adalah salah satu daerah di Indonesia yang menjadi gudangnya rempah-rempah. Daerah ini dikenal dengan keindahan pantai dan juga hasil tangkapan laut nya. Jadi, bisa dipastikan salah satu makanan khas Maluku adalah berbahan dasar ikan yang diolah dengan beraneka ragam rempah-rempah.

Makanan Khas Maluku

Masakan khas Maluku didominasi cita rasa yang kaya, mulai dari gurih, asin, manis, hingga pedas. Berikut makanan khas daerah Maluku yang harus kamu coba jika berkunjung ke Provinsi Maluku:

1. Papeda

Papeda

Papeda – Wikipedia

Papeda terbuat dari bubur sagu yang biasanya disajikan dengan ikan tongkol atau ikan mubara yang dibumbui dengan kunyit. Selain itu, papeda juga kerap dinikmati dengan ikan gabus, kakap merah, ataupun ikan kue. Terbuat dari sagu, papeda memiliki tekstur yang lengket dan rasa cenderung hambar. Lebih nikmat bila disantap dalam keadaan panas. Cara menyantapnya pun tidak kalah unik, yaitu dengan langsung menyeruput dari piring.

2. Gohu Ikan

Gohu Ikan

Gohu Ikan – Pikiran Rakyat

Gohu ikan adalah makanan khas Maluku yang menyerupai sashimi dari Jepang. Ikan yang digunakan pada umumnya adalah ikan tuna atau cakalang yang disajikan dalam keadaan mentah. Pembuatan gohu ikan sangat sederhana dan mudah. Pertama-tama, daging ikan dipotong dadu, dicuci, lalu dilumuri garam dan perasan lemon.

Setelah itu, tambahkan daun kemangi dan diamkan adonan selama beberapa saat. Untuk penambah selera, masyarakat Ternate biasanya menambahkan bumbu tumisan berupa bawang merah dan cabe rawit yang di rajang dan disiramkan pada adonan ikan untuk kemudian disajikan.

3. Nasi Jaha

Nasi Jaha

Nasi Jaha – Viva

Makanan khas Maluku ini terbuat dari bahan dasar beras ketan dan santan yang diisi ke dalam batang bambu lalu di bakar. Sebelumnya, bagian dalam batang bambu dilapisi dulu dengan daun pisang agar nantinya nasi jaha mudah dikeluarkan.

Rasa lezat yang dimiliki nasi jaha berasal dari bumbu-bumbu rempah yang digunakan. Biasanya, makanan ini dengan mudah didapat apabila ada acara perayaan hari besar dan upacara tradisional. Untuk mengolah nasi jaha cukup sulit. Sebab harus melewati beberapa proses masak hingga benar-benar matang.

4. Ikan Kuah Pala Banda

Makanan Khas Maluku Ikan Kuah Pala Banda

Ikan Kuah Pala Banda – TOPWISATA

Salah satu makanan yang tidak boleh dilewatkan saat mengunjungi Maluku adalah ikan kuah pala banda. Olahan ikan khas Kepulauan Banda ini dimasak dengan beragam rempah-rempah seperti pala. Di samping rempah-rempah bahan dasar makanan khas Maluku satu ini adalah ikan kerapu atau ikan kakap. Ikan kuah pala banda semakin nikmat disantap dengan sambal bakasang.

5. Rujak Natsepa

Makanan Khas Maluku Rujak Natsepa

Rujak Natsepa – Ringtimes Bali

Maluku memiliki rujak khas yang disebut rujak natsepa. Sama seperti rujak di Jawa, rujak natsepa terdiri dari potongan-potongan berbagai jenis buah dan dilumuri bumbu kacang. Bumbu nya dibuat dari ulekan kacang goreng, gula aren, asam dan garam.

Ciri khas rujak natsepa yang membedakan dengan rujak lain adalah adanya ubi jalar. Rujak ini dinamai demikian karena banyak dijual di Pantai Natsepa, desa Suli, Kecamatan Maluku Tengah.

Tanggapan

Belum ada

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Konten Terkait

Konten Terbaru