5 Manfaat Buah Manggis Bagi Kesehatan yang Perlu Diketahui!

Avy Elshanda 0 Komentar

Buah manggis ini memang memiliki cita rasa yang manis & juga sangat baik bagi kesehatan. Lalu, apa saja manfaat buah manggis bagi kesehatan?

IndiffsBuah manggis merupakan buah tropis dari Asia yang umum ditemukan di India, Malaysia, dan juga di Indonesia. Buah ini memiliki nama latin garcinia mangostana memiliki cita rasa yang manis dan sangat populer dikalangan masyarakat. Namun, selain memiliki rasa yang manis buah ini juga ternyata memiliki manfaat yang baik bagi tubuh. Nah, pada artikel ini Indiffs akan menjelaskan manfaat buah manggis bagi kesehatan yang wajib kamu ketahui.

Buah manggis ini manggis ini mengandung kalori, karbohidrat, serat, lemak, protein, vitamin C,  vitamin B9, vitamin B 1, vitamin B2, mangan, tembaga,  dan magnesium. Dari beberapa kandungan tersebut dapat membantu untuk mencegah risiko datangnya penyakit jika kamu mengkonsumsi buah manggis secara rutin.

Berikut 5 manfaat buah manggis bagi kesehatan yang harus ketahui:

1. Dapat Menurunkan Berat Badan

Manfaat buah manggis yang pertama yaitu dapat menurunkan berat badan. Karena ketika kamu mengonsumsi jus buah manggis 2 kali sehari cenderung memiliki indeks massa tubuh (IMT) yang lebih rendah.

Karena hal ini dipercaya bahwa buah manggis mengandung zat antiradang yang berpengaruh terhadap peningkatan metabolisme lemak. Sehingga dapat dimanfaatkan untuk menurunkan berat badan yang berlebih. Namun, meskipun diklaim mampu dapat menurunkan berat badan. Jangan jadikan buah manggis satu-satunya makanan untuk kamu konsumsi setiap hari. Karena, kamu juga perlu asupan makanan yang sehat dan bergizi seimbang serta jangan lewatkan untuk selalu berolahraga.

2. Mengontrol Gula Darah

Tak hanya untuk menurunkan berat badan saja. Kandungan xanthones yang terdapat dalam buah manggis juga ternyata mampu untuk mengontrol kadar gula darah pada tubuh.

Para peneliti mengungkapkan bahwa jika kamu mengonsumsi 400 mg ekstrak buah manggis secara rutin mampu menurunkan resistensi insulin secara signifikan. Resistensi insulin ini adalah salah satu penyebab utama yang terjadinya penyakit diabetes.

3. Meningkatkan Daya Tahan Tubuh Lebih Kuat

Salah satu cara jika kamu ingin memiliki tubuh selalu kuat dan sehat yaitu dengan menjaga kekuatan imunitas atau biasa disebut daya tahan tubuh. Tentunya, kandungan vitamin C, mineral, dan xanthones pada buah manggis satu ini dipercaya dapat membantu menguatkan daya tahan tubuh. Sehingga tidak mudah terserang dari segala penyakit yang berbahaya. Buah manggis ini pun bersifat antibakteri, yang membantu imunitas melawan berbagai infeksi.

4. Meredakan Radang Sendi

Kandungan xanthones pada buah manggis ini juga berfungsi sebagai antiradang yang bisa mengurangi rasa sakit akibat peradangan dalam tubuh. Misalkan, nyeri akibat radang sendi yang akan terasa tidak nyaman untuk beraktivitas. Selain itu, kandungan vitamin C pada buah ini juga ternyata sangat diyakini mendukung penyembuhan radang sendi.

5. Dapat Mencegah Risiko Penyakit Kanker

Selain manfaat-manfaat buah manggis yang diatas, manfaat yang lainnya yang terkenal yaitu dapat mencegah risiko penyakit kanker. Kandungan senyawa xanthones dalam buah manggis ini ternyata sangat diyakini memiliki sifat antikanker, antioksidan, dan antiinflamasi yang dapat membantu melawan perkembangan dan penyebaran sel kanker di dalam tubuh.

Tanggapan

Belum ada

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Konten Terkait

Konten Terbaru