5 Manfaat Bumbu Ketumbar Serta Efek Samping Untuk Kesehatan

Admin 0 Komentar

Ketumbar Yang Sering Digunakan Sebagai Bumbu ketumbar, Ternyata Air Rebusan nya Sangat Bermanfaat Untuk Tubuh Serta Mencegah Penyakit

Indiffs – Bumbu ketumbar memiliki ukuran kecil menyerupai merica, jika di jadikan sebagai bumbu masakan, ketumbar akan memberikan aroma yang khas serta memberi rasa gurih pada makanan, namun di balik kegunaan nya sebagai bumbu masakan ternyata memiliki banyak khasiat baik untuk kesehatan. Dan memiliki kandungan:

  • karbohidrat
  • protei
  • lemak
  • kalsium
  • magnesium
  • kalium,
  • fosfor.

Kandungan didalamnya bermanfaat untuk kesehatan tubuh manusia, bisa digunakan dengan cara merendam ketumbar dan airnya sangat berkhasiat untuk tubuh, kamu juga harus mengetahui dosis serta efek sampingnya agar dapat mendapatkan manfaat dari rendaman air ketumbar.

Karena terdapat beberapa kondisi penderita penyakit hati, gangguan pernapasan, alergi dan kulitbyang sensitif, tidak dianjurkan untuk mengkonsumsi rendaman ketumbar.

Cara merendam ketumbar cukup mudah hanya perlu rendam ketumbar dengan air semalaman dalam wadah atau juga kamu bisa menggunakan cara kedua dengan menyangrai ketumbar lalu direbus hingga mendidih lalu kamu dapat meminumnya saat air sudah hangat.

Dan berikut ini Manfaat ketumbar bagi kesehatan!

1. Mengatasi wasir

Karena sifat analgesik pada ketumbar mampu berperan meredakan sakit akibat wasir, selain itu bahan ini bisa mengatasi sembelit atau konstipasi yang merupakan salah satu penyebab wasir.

2. Mengatasi infeksi jamur bakteri

Ketumbar banyak dimanfaatkan untuk mengatasi berbagai penyakit jamur dan salah satunya konjungtiviti yang mengakibatkan mata menjadi merah, gatal, mengeluarkan cairan kental yang berbentuk kerak, sehingga membuat pembesaran pada kelenjar getah bening.

3. Mengatasi flu batuk

Penyakit ini umumnya sering dialami oleh semua orang, namun jangan dianggap sepele karena jika dibiarkan akan mengganggu aktivitas dan menimbulkan  rasa tidak nyaman, dengan begitu kamu bisa mencoba manfaat ketumbar yang dapat meningkatkan produksi kolagen yang dapat menyembuhkan flu serta vitamin C pada ketumbar terdapat antioksidan yang kuat serta sangat penting untuk tubuh.

4. Mencerahkan wajah

Selain bisa untuk segala penyakit, ketumbar juga bermanfaat bagi kesehatan, kandungan ketumbar yang mampu mencerahkan dengan cara menumbuk ketumbar dan hancurkan lalu tuangkan sedikit air serta diamkan beberapa saat selama 15 menit setelah itu bilas dengan air bersih.

5. Mendetoks wajah

Selain bisa mencerahkan wajah, ketumbar mampu mendetoks wajah dengan siapkan tiga sendok ketumbar bubu lalu campurkan dengan garam ke dalam air hangat larut, kemudian basuh air tersebut ke wajah, diamkan selama 15 menit.

Efek samping ketumbar

Meskipun manfaat dalam ketumbar tidak perlu diragukan, namun tanaman herbal ini juga terdapat beberapa efek samping, efeknya antara lain:

  • Sakit kepala
  • Sakit perut
  • Muntah dan mual
  • Reaksi Alergi
  • Hipersensitivitas
  • Anoreksia

Jika kamu memiliki kekhawatiran tentang efek samping yang lebih rinci lagi, sebaiknya kamu berkonsultasi dengan ahli herbal maupun dokter.

Tanggapan

Belum ada

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Konten Terkait

Konten Terbaru