5 Manfaat Daun Keji Beling Bagi Kesehatan Tubuh, Atasi Depresi!

Resa Azzahra 0 Komentar

Daun keji beling ini tak hanya memiliki manfaat untuk dijadikan sebagai pagar halaman, namun sangat bermanfaat bagi kesehatan yang lainnya juga.

INDIFFS.COMDaun keji beling merupakan tanaman yang biasa dijadikan pagar atau pembatas antara kebun atau halaman. Tumbuhan ini biasanya tumbuh berumpun, karena cabang ranting dan daun yang banyak. Tanaman ini tak hanya dapat digunakan sebagai pembatas saja, ternyata manfaat lainnya dari daun keji beling dapat digunakan sebagai obat-obatan herbal.

Keji beling atau kecil beling tidak hanya ada di Indonesia saja, tetapi juga ada di Negara Malaysia, Madagascar dan negara lainnya. Tanaman yang memiliki nama latin Stronilanthes cripus (Acanthaceace), yang umumnya dapat ditemukan di tepian sungai ataupun lahan dan sering dijadikan sebagai tanaman pagar.

Manfaat Daun Keji Beling

Daun keji beling ini tak hanya dapat digunakan sebagai tanaman hias rumahan saja. Namun bisa digunakan sebagai bahan herbal alami dalam mengatasi beberapa penyakit maupun gejala, dan salah satunya seperti berikut ini:

1. Menjadi Obat Herbal Wasir

Jika kamu mengidap penyakit wasir atau ambeien dan ingin segera menyembuhkan rasa sakit tersebut. Mungkin kamu bisa menggunakan salah satu obat herbal alami ini untuk mencegah dan meredakan penyakit wasir.

Untuk mengobatinya, cara pertama siapkan 8 lembar daun yang sudah ci cuci dan dipotong, rebus dengan 3 gelas air sampai tersisa 2 1/4 gelas. Saring airnya jika sudah dingin. Minum dengan madu dan lanjutkan 3 kali dalam sehari.

2. Dapat Menangkal Radikal Bebas

Daun keji beling memiliki sejumlah kandungan antioksidan yang penting seperti polifeno, alkaloid, tanin, katekin dan flavonoid. Kandungan tersebut sangat penting untuk melawan efek dari radikal bebas yang merupakan zat berbahaya yang bisa menyebabkan berbagai penyakit seperti jantung, masalah penglihatan, kanker dan lain hal nya.

3. Bisa Menyembuhkan Luka

Khasiat daun keji beling dapat mempercepat penyembuhan secara alami dan efektif. Untuk itu kamu bisa menggunakan daun keji beling dengan menggunakan beberapa daun secukupnya lalu tumbuk hingga aga halus. Jika sudah ditumbuk, kompreskan daunnya ke dalam luka yang akan disembuhkan. Lakukan setiap hari agar luka hilang secara maksimal.

4. Mengobati Depresi

Stres adalah reaksi tubuh pada saat seseorang menghadapi ancaman, dan stres ini menjadi penyebab terjadinya depresi. Jika sering mengalami hal ini, kamu bisa menggunakan daun keji beling, karena mengandung senyawa yang mampu memberikan efek nyaman dan dingin pada tubuh.

Kamu bisa menggunakannya dengan dijadikannya sebagai teh untuk memberikan efek tenang dan nyaman, terutama bagi orang tua atau dewasa yang memiliki banyak masalah. 

5. Mengobati Diabetes Melitus

Diabetes melitus adalah penyakit atau gangguan metabolisme kronis yang ditandai dengan tingginya kadar gula darah. Hal ini bisa disebabkan oleh beberapa gangguan organ. Jika kamu ingin mencoba mengobati diabetes secara alami, kamu bisa menggunakan daun keji beling ini.

Kamu bisa menggunakannya karena daun ini memiliki kandungan senyawa yang dapat melindungi tubuh dari kerusakan sistem pengaturan gula darah. Kamu dapat mengonsumsi teh daun keji untuk menstabilkan gula darah.

Itulah 5 manfaat daun keji beling yang bisa kamu ketahui dan kamu manfaatkan dalam mengatasi berbagai penyakit.

Tanggapan

Belum ada

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Konten Terkait

Konten Terbaru