5 Manfaat Direct Breastfeeding Pada Bayi, Moms Wajib Tahu!

Resa Azzahra 0 Komentar

Mengenal manfaat Direct Breastfeeding atau menyusui secara langsung yang baik bagi kesehatan bayi. Yuk simak ulasannya berikut ini!

INDIFFS.COMDirect Breastfeeding (DBF) adalah proses menyusui secara langsung. yakni sang ibu memberikan ASI langsung dari payudara kepada sang buah hati. Selain memenuhi kebutuhan nutrisi, DBF juga memiliki beragam manfaat bagi bayi maupun ibu.

Menyusui langsung dari payudara ibu ke bayi sebenarnya sangat disarankan, terutama pada bulan-bulan pertama setelah bayi lahir. Meski begitu, sebenarnya menyusui langsung atau menggunakan botol adalah pilihan bagi para ibu. Akan tetapi perlu diingat, hal ini faktanya bisa berpengaruh pada pertumbuhan dan pola asuh anak dalam jangka panjang. 

Mengenal Manfaat Direct Breastfeeding

Seperti yang diketahui bahwa terdapat manfaat dari menyusui langsung, yakni dapat membantu dan membangun kedekatan antara ibu dan bayi. Membiasakan bayi untuk menyusui langsung juga dapat meningkatkan ikatan emosional antara ibu dan bayi. Sentuhan langsung antara ibu dan bayi bisa menjadi hal yang baik bagi perkembangan anak.

Sebelumnya perlu diketahui, bayi disarankan untuk mendapatkan asupan ASI eksklusif selama kurang lebih 2 tahun, Air Susu Ibu (ASI) memiliki banyak kandungan nutrisi yang dibutuhkan oleh bayi dalam pertumbuhannya dengan menjaga nya agar tetap sehat.

Untuk mengenal lebih jauh manfaatnya, simak ulasan berikut ini:

1. Terdapat Nutrisi yang Cukup

Tubuh ibu yang telah dirancang untuk memproduksi ASI yang sesuai dengan kebutuhan serta usia bayi. Jadi, ASI mungkin bisa lebih kental saat buah hati baru lahir. Air Susu Ibu kemudian akan jadi encer seiring dengan bertambahnya usia, karena ia akan mendapatkan tambahan makanan lain dari luar (MPASI).

Pada saat melakukan DBF, air liur bayi dan payudara ibu akan bersentuhan. Interaksi mengirimkan pesan pada otak ibu tentang apa yang dibutuhkan bayi. Dengan begitu, buah hati bisa mendapatkan nutrisi yang cukup sesuai dengan kebutuhannya. Hal ini juga bisa mendorong suplai ASI yang berkelanjutan.

2. Mencegah Infeksi

ASI yang mengandung zat antibodi dibutuhkan oleh bayi untuk menjaga sistem kekebalan tubuh. Semakin banyak ASI yang di minum, maka semakin tinggi daya tahan tubuh bayi terhadap penyakit. Karena, bayi sangat rentan terkena penyakit sebab sistem imun mereka masih belum sempurna. Meminum air susu ibu secara langsung akan mencegah bayi terkena infeksi penyakit berbahaya dan terhindar dari risiko penyakit diare, asma, dan lain sebagainya.

3. Lebih Praktis

Salah satu keistimewaan dari menyusui secara langsung ini adalah lebih praktis saat sesi menyusui. Ibu juga tak perlu repot membersihkan atau menyiapkan botol susu setiap akan menyusui. Ibu dapat memberikan ASI kapanpun dan dimanapun dengan menerapkan DBF. Bahkan, ini bisa lebih mudah saat ibu pergi bersama si kecil.

4. Mencegah Obesitas pada Bayi

Diketahui bahwa bayi yang minum ASI dengan cara DBF terbukti memiliki skor indeks. Masa tubuh (IMT) lebih rendah ketimbang bayi yang minum susu formula. Bayi yang meminum susu ASI dengan cara ini memiliki berat badan yang cenderung stabil dan meningkat secara normal. Sedangkan bayi yang berhenti menyusui selama usia enam bulan dikaitkan dengan penambahan berat badan yang lebih cepat. IMT lebih tinggi di usia 12 bulan dan tiga kali lipat dapat berisiko kelebihan berat badan jika dibandingkan dengan bayu yang menyusui secara eksklusif.

5. Sedikitnya Risiko Penyakit

Sebagian ibu menyusui dan menjalankan DBF merasa bayinya lebih jarang sakit. Karena bayi yang disusui langsung, antobodi dan faktor pelawan kuman lainnya berpindah dari sang ibu ke bayinya. Hal inilah yang dapat membuat sang kecil menjadi kuat dalam sistem kekebalan tubuh dan menurunkan kemungkinan terkena infeksi maupun penyakit bahaya lainnya.

Demikianlah beberapa manfaat Direct Breastfeeding yang wajib seorang ibu ketahui, semoga bermanfaat.

Tanggapan

Belum ada

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Konten Terkait

Konten Terbaru