5 Manfaat Ikan Lele Bagi Kesehatan Tubuh, Ketahui!

Resa Azzahra 0 Komentar

Ikan lele adalah ikan buruan yang terjangkau. Ikan ini tak hanya dapat mengenyangkan, karena ada beberapa manfaat ikan lele untuk kesehatan

Indiffs – Lele atau ikan keli, adalah suatu keluarga ikan yang hidup di air tawar. Lele mudah dikenali karena tubuhnya yang licin, agak pipih memanjang, serta memiliki “kumis” yang panjang, yang mencuat dari sekitar bagian mulutnya. Lele juga ikan buruan yang terkenal terjangkau dan tersedia di seluruh dunia. Namun, tidak banyak orang yang tahu bahwa, seperti banyak ikan lainnya, ia memiliki beberapa manfaat nutrisi yang fantastis dari ikan lele yang satu ini.

Ikan lele beradaptasi sangat baik dengan lingkungan mereka sehingga mereka berkembang pesat di seluruh dunia, dengan pengecualian beberapa tempat dengan suhu ekstrem.  Kamu akan sering melihat ikan ini di menu restoran dan di toko bahan makanan, jadi wajar untuk bertanya-tanya apakah itu sehat? Untuk itu kamu perlu mengetahui manfaat dari jenis ikan yang satu ini.

Manfaat Ikan Lele

Mengingat bahwa ikan lele adalah sumber yang baik dari berbagai nutrisi tetapi rendah kalori, itu dianggap padat nutrisi. Bahkan, dapat memberikan sejumlah manfaat.

1. Kaya Vitamin B Vital

Vitamin B12 adalah vitamin esensial, dan memainkan peran penting dalam pembentukan sel darah merah, kesehatan otak, dan sintesis DNA . Kelompok populasi tertentu, seperti wanita hamil, bayi, dan orang tua, lebih rentan terhadap kekurangan B1 .

Satu porsi fillet ikan lele dapat memberi kamu 69% dari asupan vitamin B12 yang direkomendasikan setiap hari. Melengkapi diet kamu dengan ikan lele berpotensi membantu menyeimbangkan kekurangan apa pun.

2. Kaya Protein

Protein adalah salah satu sumber energi terpenting dalam diet. Ini juga merupakan komponen dari berbagai hormon, enzim, dan zat lainnya. Makan makanan yang kaya protein, seperti ikan lele dapat membantu menurunkan berat badan dengan meningkatkan perasaan kenyang. Mereka juga merupakan makanan yang bagus untuk anak-anak yang sedang tumbuh. Selain itu, protein dalam ikan lele juga membangun dan memperbaiki jaringan dan otot.

3. Meningkatkan Sistem Imun Tubuh

Lele sarat dengan sejumlah besar selenium. Selenium adalah nutrisi penting yang memainkan peran penting dalam kesehatan sistem kekebalan tubuh. Ini juga bertindak sebagai antioksidan yang membantu menurunkan stres oksidatif dalam tubuh, yang mengurangi peradangan, dan memperkuat kekebalan. Studi medis telah menunjukkan bahwa peningkatan kadar selenium dalam darah terkait dengan peningkatan respons imun.

4. Kaya Akan Vitamin D

Vitamin D melayani berbagai fungsi dalam tubuh, termasuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh kita. Menurut penelitian, mempertahankan kadar vitamin D yang optimal dalam darah juga dikaitkan dengan penurunan risiko berbagai penyakit kronis.

Kadar vitamin D dapat ditingkatkan dengan mengonsumsi ikan seperti ikan lele. 143 gram ikan lele mengandung 181% dari nilai harian (DV) vitamin D. Jadi, ikan lele adalah cara yang bagus untuk mengonsumsi lebih banyak vitamin D.

5. Tinggi Asam Lemak Omega-3

Omega 3 sangat penting untuk perkembangan otak embrio. Ini juga diperlukan untuk pengembangan sistem saraf dan penglihatan. Makan makanan yang kaya omega-3 dikaitkan dengan peningkatan kekuatan otot rangka, kesehatan jantung, dan sistem pencernaan.

Tanggapan

Belum ada

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Konten Terkait

Konten Terbaru