5 Manfaat Jagung Bagi Kesehatan Tubuh Yang Harus Diketahui!

Avy Elshanda 0 Komentar

Selain memiliki rasa yang manis, ternyata terdapat kandungan nutrisi yang baik bagi tubuh. Inilah manfaat jagung bagi kesehatan tubuh!

Indiffs Jagung merupakan salah satu tanaman yang dapat dijadikan sebagai makanan pokok ataupun olahan lainnya. Jagung ini merupakan anggota keluarga tanaman gandum utuh. Namun, perlu Anda perhatikan ada beberapa manfaat jagung bagi kesehatan tubuh yang harus diketahui. Maka dari itu, jagung ini sangat banyak digemari oleh banyak orang.

Manfaat jagung yang direbus berasal dari adanya kandungan nutrisi yang dimilikinya. Kandungan jagung ini kaya akan serat, asam folat, vitamin C, karbohidrat, kalium, protein, dan zat ryptoxanthin. Selain itu, jagung ini juga memiliki sifat antioksidan yang sangat baik untuk menjaga kekebalan tubuh manusia.

Inilah 5 manfaat jagung bagi kesehatan tubuh yang harus Anda ketahui!

1. Melancarkan Saluran Pencernaan

Jagung kaya akan serat yang sangat bermanfaat untuk melancarkan pada sistem pencernaan. Jika Anda mengkonsumsi makanan yang tinggi serat dapat mendorong pertumbuhan bakteri baik pada di usus, mencegah sembelit, mengurangi risiko wasir, dan juga dapa menurunkan risiko terjadinya kanker usus besar.

2. Meningkatkan Kepadatan Tulang

Manfaat jagung yang lainnya adalah dapat menjaga kesehatan tulang Anda, terutama bagi seseorang yang sulit mencerna susu, memiliki alergi pada susu dan intoleransi laktosa. Maka, sangat penting bagi Anda untuk mengkonsumsi jagung.

Dalam satu buah jagung, pasalnya terdapat kurang lebih 90 magnesium fosfor. Jumlah ini setara dengan 10 persen kebutuhan harian fosfor bagi orang dewasa. Fosfor ini merupakan nutrisi yang berfungsi untuk meningkatkan kepadatan dan kekuatan tulang serta gigi Anda.

3. Sebagai Sumber Energi

Manfaat jagung yang rebus dapat dikonsumsi sebagai sumber energi Anda. Manfaat jagung yang direbus ini berasal dari adanya kandungan karbohidrat yang ada di dalamnya. Maka tak heran, jika banyak orang-orang yang sangat mengandalkan jagung rebus ini digunakan sebagai pengganti nasi.

Karbohidrat adalah sumber energi yang sangat penting bagi tubuh. Utamanya adalah dapat menjadi stamina serta meningkatkan metabolisme bagi orang yang mengonsumsinya. Terdapat sekitar 50 persen kalori yang dibutuhkan oleh tubuh. Kalori ini pun harus didapat dari makanan yang mengandung karbohidrat yang tinggi seperti pada jagung rebus ini.

4. Menjaga Kesehatan Jantung

Kandungan vitamin E dan fitosterol dalam buah jagung diketahui dapat mengendalikan kadar kolesterol dalam tubuh Anda. Sehingga dapat mencegah dari risiko penyakit jantung.

Selain itu, dari sebuah penelitian juga telah mengungkapkan bahwa bagi orang-orang yang yang rutin mengkonsumsi buah jagung dan kacang-kacangan sebagai pengganti nasi putih diketahui memiliki risiko lebih kecil jika terkena penyakit jantung.

5. Mengatasi Depresi

Perlu Anda ketahui, bahwa makanan yang kaya nutrisi diketahui sangat baik untuk menjaga kesehatan mental. Meskipun belum diketahui nutrisi atau pola makan tertentu yang bisa menyembuhkan depresi, tetapi dari beberapa penelitian telah menunjukkan bahwa ketika seseorang mengkonsumsi yang bernutrisi yang baik dapat mengurangi kesehatan mental seseorang.

Salah satu jenis makanan tersebut yaitu jagung yang diketahui mengandung karbohidrat kompleks, vitamin B, vitamin C, vitamin B, serta asam lemak omega-3 sebagai kandungan nutrisi yang sangat dibutuhkan untuk otak.

Tanggapan

Belum ada

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Konten Terkait

Konten Terbaru