5 Manfaat Kopi Untuk Rambut Agar Tetap Sehat, Apa Saja?

Wiwin Indriani 0 Komentar

Berkat kandungan kafein yang ada di dalam kopi, dapat diperoleh manfaat kopi bagi kesehatan dan perawatan masalah rambut. Yuk, cari tau!

Indiffs – Seperti yang sudah diketahui kopi merupakan minuman mengandung kafein yang bermanfaat untuk menghilangkan kantuk dan meningkatkan fokus. Tetapi tidak hanya itu, berkat kandungan kafein-nya dapat diperoleh manfaat kopi bagi rambut. Sebuah studi menyebutkan bahwa obat topikal yang mengandung kafein diketahui mempunyai kemampuan untuk menjaga pertumbuhan rambut.

Manfaat Kopi Untuk Rambut

Dilansir dari berbagai sumber, berikut beberapa manfaat kopi untuk merawat rambut:

1. Rambut Menjadi Halus dan Berkilau

Keramas menggunakan kopi bisa memperbaiki rambut kusam. Hal itu berkat kandungan flavonoid dalamnya yang merupakan antioksidan yang mendorong regenerasi rambut. Minuman ini juga mengatasi rambut kusut dengan membuatnya lebih halus dan mudah diurai.

Meskipun kopi memiliki efek diuretik, tetapi ia tidak menghilangkan minyak pada rambut. Sebaliknya, minuman tersebut mampu menjaga kelembapan dan membuat rambut kamu berkilau secara alami. Hal itu karena kopi bisa meningkatkan sirkulasi darah yang membantu mengedarkan nutrisi ke akar rambut, sehingga menghasilkan rambut yang sehat dan lebih berkilau.

2. Mengatasi Rambut Rontok

Mencuci rambut dan kulit kepala dengan menggunakan kopi bisa menghentikan kerontokan dan merangsang rambut untuk tumbuh kembali.

Menurut sebuah studi laboratorium pada tahun 2007, kafein bisa membantu memblokir efek DHT (dihidrotestosteron) pada folikel rambut pria. Kandungan ini juga merangsang pertumbuhan batang rambut yang menghasilkan akar rambut yang lebih panjang dan lebih lebar. Kafein juga bisa memperpanjang durasi anagen yang merupakan tahap pertumbuhan rambut.

Studi tersebut juga menguji manfaat kafein pada folikel rambut wanita dan menemukan bahwa kandungan didalam minuman ini memberikan efek pertumbuhan. Selain itu, folikel rambut yang lemah juga bisa menyebabkan kerontokan yang tidak normal hingga mengakibatkan kebotakan.

3. Membantu Menyeimbangkan PH Rambut

Manfaat yang lainnya yaitu dapat membantu menyeimbangkan kembali tingkat pH rambut dan kulit kepala, sehingga menurunkan risiko kerusakan pada rambut.

Sebuah peneliti menemukan bahwa rambut dan kulit kepala secara alami bersifat asam. Serat rambut memiliki pH 3,67, sedangkan kulit kepala memiliki pH 5,5. Karena itu, menggunakan produk rambut yang memiliki nilai pH lebih tinggi akan merusak rambut.

4. Mengatasi Uban

Cairan kopi yang berwarna gelap bisa bertindak sebagai cat yang menghitamkan rambut beruban. Ini adalah cara cepat menghilangkan helai rambut abu-abu bagi kamu yang memiliki rambut cokelat atau hitam. Untuk hasil terbaik, gunakan kopi kental seperti espresso.

5. Mengatasi Ketombe

Kopi cukup terkenal sebagai bahan eksfoliasi. Artinya, kopi bisa mengangkat sel-sel kulit mati. Manfaat kopi ini juga bisa diterapkan ke kulit kepala untuk mengatasi dan menghilangkan ketombe.

Minuman ini bisa membantu mengangkat ketombe yang tidak terangkat ketika keramas. Caranya dengan memijat seduhan serbuk kopi di atas kulit kepala secara perlahan. Kemudian, bilas dengan air hingga bersih. Manfaat kopi ini bisa dilakukan secara terpisah dengan shampoo atau bisa juga mencampur keduanya sekaligus.

Akan tetapi, beberapa jenis kopi memiliki bahan pengawet dan telah mengalami proses tertentu, apabila digunakan pada rambut secara rutin dapat membuatnya menjadi rapuh. Selain itu, Hindari penggunaan kopi panas, karena akan membakar rambut dan kulit kepala.

Tanggapan

Belum ada

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Konten Terkait

Konten Terbaru