5 Manfaat Susu Kedelai Bagi Kesehatan, No 4 Banyak Dicari!

Wiwin Indriani 0 Komentar

Susu kedelai yang diproses mengandung vitamin A, vitamin B, dan vitamin D. Berikut manfaat susu kedelai bagi kesehatan tubuh

Indiffs – Susu kedelai adalah minuman susu nabati yang dibuat dari kedelai. Sari kedelai disebut susu karena minuman ini berwarna putih kekuningan mirip dengan susu. Sari kedelai sebenarnya merupakan produk samping alami dari pembuatan tahu. Banyak nutrisi yang terkandung dalam susu kedelai ini sehingga banyak manfaat yang dapat diperoleh bagi kesehatan tubuh.

Manfaat Susu Kedelai

Sari kedelai yang diproses mengandung vitamin A, vitamin B, dan vitamin D. Tak heran jika susu kedelai memiliki manfaat bagi tubuh. Berikut manfaat susu kedelai yang dilansir dari beberapa sumber:

1. Memperkuat Daya Tahan Tubuh

Tak hanya baik dikonsumsi sebagai alternatif pengganti susu sapi, susu kedelai pun bermanfaat untuk menjaga imunitas tubuh. Manfaat ini berasal dari kandungan protein, vitamin, dan mineral yang diketahui baik untuk mendukung kinerja sel darah putih dan menghasilkan antibodi.

Di samping itu, susu kedelai juga dikenal sebagai sumber antioksidan yang baik. Antioksidan dapat melindungi sel tubuh dari kerusakan akibat radikal bebas dan bakteri atau virus penyebab penyakit. Dengan begitu, tubuh bisa terlindungi dari berbagai macam penyakit.

2. Mengurangi Gejala Menopause

Produksi hormon estrogen akan berkurang seiring bertambahnya usia. Inilah yang menjadi salah satu penyebab wanita mengalami gejala menopause, seperti kelelahan, vagina kering, serta rasa panas dan berkeringat di malam hari.

Untuk meredakan gejala menopause, Anda bisa coba rutin mengonsumsi susu kedelai. Banyak penelitian yang menunjukkan bahwa kandungan isoflavon pada susu kedelai memiliki sifat fitoestrogen yang dapat menjaga kadar hormon estrogen di dalam tubuh tetap seimbang.

3. Mendukung Pertumbuhan

Manfaat susu kedelai yang lainnya mendukung proses tumbuh kembang pada anak-anak yang sedang dalam masa pertumbuhan. Hal ini karena kandungan susu kedelai yang kaya akan protein.

Protein memegang peranan penting untuk memberikan nutrisi pada tubuh. Selain itu, kedelai adalah salah satu sumber protein nabati terbaik. Selain karena memiliki kandungan yang tinggi, ia juga mudah dicerna oleh tubuh.

4. Menurunkan Tekanan Darah

Beberapa penelitian membandingkan susu kedelai dengan susu sapi dalam menurunkan tekanan darah. Didapatkan bahwa susu kedelai mampu menurunkan tekanan darah lebih baik dibandingkan dengan susu sapi pada pasien dengan hipertensi ringan sampai sedang.

Oleh karena itu, penderita hipertensi sangat dianjurkan untuk mengatur pola makan dengan mengonsumsi makanan yang baik untuk menjaga tekanan darah, seperti susu kedelai.

5. Melindungi dari Radikal Bebas

Manfaat susu kedelai lainnya adalah sebagai antioksidan dalam tubuh. Antioksidan yang terdapat pada susu kedelai akan merusak rantai radikal bebas dan melindungi sel tubuh dari kerusakan. Akibatnya, radikal bebas bisa merusak sel tubuh dan menyebabkan penyakit kronis seperti jantung dan obesitas, serta obesitas.

Susu kedelai juga melindungi hati dan menurunkan stres oksidatif di dalam tubuh. Secara tidak langsung, antioksidan mampu mencegah kemungkinan terjadinya penyakit-penyakit tersebut.

Tanggapan

Belum ada

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Konten Terkait

Konten Terbaru