5 Manfaat Talas yang Jarang Diketahui Bagi Kesehatan

Admin 0 Komentar

Talas Memiliki Kandungan Antidioksida Tinggi Dan Kandungan Seng Yang Baik Untuk Kesehatan Tubuh Serta Dapat Mengenyangkan Perut Lebih Lama

IndiffsTalas adalah salah satu umbi-umbian yang digemari masyarakat. Tanaman yang berasal dari Asia Tenggara dan Tengah ini memiliki banyak manfaat untuk kesehatan tubuh.

Kandungan di dalam tanaman umbi ini memiliki sumber karbohidrat yang cukup penting untuk kesehatan tubuh. Dalam 100 gram talas, memiliki kandungan gizi yang sangat dibutuhkan tubuh yakni terdapat. 108 kal energi, 1,4 g protein, 0,4 lemak, 0,9 serat, 25 g karbohidrat dan masih banyak lagi gizi baik di dalamnya.

Dan salah satu manfaat tanaman Colocasia esculenta ini bisa kamu simak sebagai berikut.

1. Menjaga kesehatan jantung

Kandungan dalam talas terdapat salah satu serat yang memiliki khasiat baik untuk jantung. Asupan sertanya tidak hanya dihubungkan dengan penurunan risiko jantung. Namun, manfaatnya sangat membantu untuk menurunkan tekanan darah dan kolesterol.

Sementara itu, serat tidak larut juga dapat menghambat perkembangan penyakit kardiovaskular pada orang yang berisiko tinggi. Kandungan antioksidan dalam talas juga membantu melawan kerusakan radikal bebas serta melindungi tubuh dari berbagai macam penyakit.

2. Membantu menurunkan berat badan

Talas merupakan jenis karbohidrat kompleks. Dengan mengkonsumsi umbi ini akan memberikan rasa kenyang yang lebih lama, sehingga dapat terhindar dari rasa lapar yang terus-menerus dapat meningkatkan asupan kalori.

3. Membantu memenuhi kebutuhan seng

Kandungan seng pada talas bisa memenuhi kebutuhan nutrisi harian, agar tubuh bisa berfungsi dengan baik. Kekurangan seng adalah kondisi yang cukup langka, tapi bisa menimbulkan berbagai macam penyakit yang serius seperti, diare, rambut rontok, impotensi, berat badan turun, penyembuhan luka terhambat, mata dan kulit.

Dan sebaiknya kamu berhati-hati ketika mengkonsumsi tumbuhan ini, karena jika terlalu banyak akan mendapatkan asupan seng berlebih.

4. Menjaga kesehatan pencernaan

Tanaman umbi-umbian ini memiliki pati resisten yang baik untuk kesehatan usus, dengan fermentasi usus besar menghasilkan lebih banyak bakteri baik. Bakteri usus yang sehat dapat mencegah sembelit dan perut kembung. Kandungan pati talas sangat berguna bagi masalah pencernaan seperti, sembelit, diare dan karam perut.

5. Mencegah kanker

Umbi-umbian ini memiliki kandungan utama yang dapat mengurangi resiko kanker dalam tubuh. Kandungan polifenol, jenis yang terkandung di dalamnya seperti quercetin.

Quercetin ini dipercaya mampu mencegah perkembangan sel kanker baru dan antioksidan yang melimpah di dalamnya juga mampu melindungi tubuh dari efek samping radikal bebas.

Tanggapan

Belum ada

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Konten Terkait

Konten Terbaru