5 Manfaat Vitamin C Bagi Kesehatan Tubuh, No 5 Bikin Terkejut!

Resa Azzahra 0 Komentar

Manfaat dari kandungan Vitamin C memang sudah tak diragukan lagi. Manfaatnya mampu menjaga tubuh tetap sehat dan terjauh dari penyakit kronis.

INDIFFS.COM – Manfaat dari kandungan vitamin memang sudah tak diragukan lagi. Apalagi kandungannya memiliki zat baik untuk tubuh. Karena fungsinya yang vital dalam memelihara sel-sel tubuh. Manfaat vitamin C untuk kesehatan sangat banyak, kandungannya dapat membantu memulihkan kondisi tubuh sehabis sakit dan membantu pembentukan pembuluh darah, kertilage, kolahen pada tulang serta masih banyak hal lainnya.

Asupan vitamin C yang cukup dapat melindungi tubuh dari serangan penyakit. Zat gizi yang identik dengan buah-buahan ini bermanfaat bagi jaringan kulit hingga saraf otak. Ia berperan penting dalam proses fisiologis manusia.

Manfaat Vitamin C

Selain memiliki fungsi baik bagi tubuh, ada beberapa hal baik dari manfaat kandungannya. Akan tetapi, sebelum mengonsumsi nya kamu perlu mengetahui seberapa banyak konsumsi vitamin C yang di butuhkan oleh tubuh kita.

Orang dewasa berusia 19-54 biasanya membutuhkan 500 mg vitamin C setiap harinya. Dengan begitu, tubuh dapat merasakan beberapa manfaat ini dalam tubuh:

1. Mencegah Kekurangan Zat Besi

Zat besi ini berfungsi membuat sel darah merah dan mengangkut oksigen ke seluruh tubuh. Dengan konsumsi vitamin C, tubuh dapat meningkatkan penyerapan zat besi yang tadinya sulit untuk diserap, dan menjadi lebih mudah untuk diserap oleh tubuh. Dengan begitu, manfaatnya dapat membantu mengurangi risiko anemia pada orang yang rentan kekurangan zat besi.

2. Dapat Menjaga Kesehatan Kulit

Vitamin C dapat membantu pembentukan kolagen. Kolagen adalah salah satu jenis protein yang baik dalam menjaga kesehatan kulit. Fungsinya dapat mencegah penuaan dini, membantu proses pemulihan luka, menjaga elastisitas kuli, meremajakan kulit dan mencerahkan nya. Dengan memenuhi asupan vitamin C setiap hari, maka kulit akan tetap terlihat cerah, muda dan segar.

3. Menambah Imun Tubuh

Bagi seseorang yang memiliki sistem kekebalan tubuh rendah akan cenderung rentan terhadap serangan virus dan bakteri yang menyebabkan berbagai penyakit. Kandungan vitamin C terdapat antioksidan yang dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh serta mempercepat proses penyembuhan saat tubuh sedang sakit. Dengan memenuhi asupan vitamin C setiap hari, dapat mencegah berbagai penyakit, seperti pilek, batuk dan demam berdarah.

4. Dapat Mengelola Tekanan Darah Tinggi

Dokter menunjukkan jika mengonsumsi vitamin C ini dapat membantu dalam menurunkan tekanan darah, baik untuk mereka yang memiliki tekanan darah tinggi atau memilikinya. Hal ini karena vitamin C bersifat sebagai pelengkap jika seseorang mengalami tekanan darah tinggi dengan mengendalikan vitamin C sebagai satu-satunya solusi terbaik.

5. Membantu Kurangi Risiko Penyakit Kronis

Antioksidan dalam vitamin C adalah molekul yang berfungsi untuk meningkatkan kekebalan tubuh dengan melindungi sel dari molekul berbahaya yang disebut dengan radikal bebas. Radikal bebas sendiri jika menumpuk dapat berakibat pada keadaan, yakni seperti stress oksidatif, dimana hal ini banyak dikaitkan dengan penyakit kronis.

Dokter pun memberitahukan jika mengonsumsi vitamin C dapat meningkatkan kadar antioksidan darah hingga 30% dengan membantu pertahanan alami tubuh untuk melawan peradangan.

Itulah beberapa manfaat dari vitamin C yang mungkin perlu untuk kamu ketahui. Kadarnya mampu menjaga seluruh aspek kesehatan tubuh dengan beberapa kandungan di dalamnya. Jangan lupa untuk rutin mengonsumsinya agar tubuh tetap sehat dan terjaga.

Tanggapan

Belum ada

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Konten Terkait

Konten Terbaru