5 Manfaat Zikir Pagi dan Petang, Umat Muslim Wajib Tahu!

Hannii 0 Komentar

Manfaat zikir pagi dan petang dapat diambil dan dilakukan baik setelah shalat, saat berdiam diri atau saat melakukan aktivitas sehari-hari.

IndiffsManfaat zikir pagi dan petang hari sangat banyak. Zikir pagi dan petang merupakan salah satu cara hamba-Nya untuk mendekatkan diri dan senantiasa mendapatkan perlindungan dari Allah SWT.

Sesuai anjuran Rasulullah SAW, zikir pagi dan petang hendaknya untuk selalu diutamakan dan dilakukan dimanapun. Manfaat zikir pagi dan petang serta anjuran nya ini secara langsung dituangkan dalam firman Allah SWT yang berbunyi sebagai berikut:

وَسَبِّحُوهُ بُكْرَةً وَأَصِيلًا. هُوَ الَّذِيْ يُصَلِّيْ عَلَيْكُمْ وَمَلٰۤىِٕكَتُهٗ لِيُخْرِجَكُمْ مِّنَ الظُّلُمٰتِ اِلَى النُّوْرِۗ وَكَانَ بِالْمُؤْمِنِيْنَ رَحِيْمًا

Wa sabbihuhu bukrataw wa asila. Huwallazi yusalli alaikum wa mala ikatuhu liyukhrijakum minaz-zulumati ilan-nur, wa kana bil-mu minina rahima.

Artinya: “Dan bertasbihlah kepada-Nya diwaktu pagi dan sore. Dialah yang memberi rahmat kepadamu dan malaikat-Nya (memohonkan ampunan untukmu), supaya Dia mengeluarkan kamu dari kegelapan kepada cahaya (yang terang). Dan adalah Dia Maha Penyayang kepada orang-orang yang beriman” (QS. Al-Ahzab: 42-43).

فَسُبْحَٰنَ ٱللَّهِ حِينَ تُمْسُونَ وَحِينَ تُصْبِحُونَ

Fa sub-hanallahi hina tumsuna wa hina tusbihun

Artinya: “Maka bertasbihlah kepada allah di waktu kamu berada di petang hari dan waktu kamu berada di waktu subuh.” (QS. Ar Rum: 17)

Manfaat zikir pagi dan petang dapat diambil dan dilakukan baik setelah shalat, saat berdiam diri atau saat melakukan aktivitas sehari-hari. Jika dapat dilakukan secara rutin, manfaat zikir pagi dan petang ini pasti akan semakin dirasakan seiring berjalannya waktu.

Manfaat Zikir Pagi dan Petang

1. Mendekatkan diri pada Allah

Berzikir merupakan salah satu amalan yang paling disukai Allah SWT. Ini tertuang dalam hadist yang berbunyi:

“Maukah kamu aku tunjukkan perbuatanmu yang terbaik, paling suci di sisi Raja-mu (Allah) dan paling mengangkat derajat mu; lebih baik bagimu dari infak emas atau perak, Para Sahabat yang hadir berkata: ‘Mau (wahai Rasulullah)!’ Beliau bersabda: ‘Zikir kepada Allah Yang Mahatinggi.” (HR. At-Tirmidzi no. 3377).

Berzikir juga bisa mengingatkan diri pada kehidupan setelah kematian dan membuat selalu ingat akan kebesaran-Nya

2. Dijanjikan Surga

Karena termasuk amalan yang disukai Allah SWT, berzikir tentunya memiliki ganjaran yang luar biasa. Siapapun yang berzikir setiap harinya akan dijanjikan surga oleh Allah.

Dari Syaddad bin Aus radhiyallahu ‘anhu, ia berkata bahwa Rasulullah SAW bersabda, “Barang siapa yang mengucapkan zikir ini di siang hari dalam keadaan penuh keyakinan, lalu ia mati pada hari tersebut sebelum sore hari, maka ia termasuk penghuni surga. Dan barang siapa yang mengucapkan nya di malam hari dalam keadaan penuh keyakinan, lalu ia mati sebelum subuh, maka ia termasuk penghuni surga.” (HR. Bukhari 7/150, no. 6306).

3. Mendapat perlindungan Allah

Manfaat zikir pagi dan petang yang selanjutnya adalah mendapatkan perlindungan dari Allah SWT. Orang yang senantiasa memuji kebesaran Allah akan selalu ter-lindung dari keburukan. Zikir juga bisa membuka pintu keselamatan dunia akhirat.

Dalam hadits Abu Hurairah radhiyallahu ‘anhu disebutkan bahwa barangsiapa yang mengucapkan zikir ini di sore hari sebanyak tiga kali, maka ia tidak akan mendapat bahaya racun di malam tersebut. (HR. Ahmad 2/290).

4. Dicukupi kebutuhannya

Berdzikir bisa membuka pintu rezeki. Ini membuat segala urusan dunia dan akhirat terasa lancar dan mudah dilalui. Saat berdzikir, kamu akan merasa selalu bersyukur dengan segala apa yang telah dimiliki. Ini membuat hati selalu merasa cukup dan jauh dari perasaan tamak dan serakah.

5. Amalan yang disukai Rasulullah

Ber-zikir juga merupakan amalan yang disukai Rasulullah. Rasulullah tidak pernah melewatkan zikir nya setiap hari. Inilah mengapa zikir menjadi salah satu sunah rasul yang dianjurkan oleh umat muslim.

Tanggapan

Belum ada

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Konten Terkait

Konten Terbaru