5 Museum Ikonik di Kota Tua Jakarta, Bikin Kamu Speechless!

Siti Nurul Azizah 0 Komentar

Ingin menikmati waktu liburan dengan suasana yang berbeda? Kamu bisa mencoba kunjungi destinasi wisata Museum yang ada di Kota Tua Jakarta.

INDIFFS.COM – Perlu diketahui, Kota Tua merupakan kawasan tempat wisata yang paling terkenal di wilayah ibu kota Jakarta. Kawasan tersebut, menyimpan berbagai macam tempat edukasi, salah satunya ialah Museum yang ada di Kota Tua.

Ketika berkunjung ke kawasan tersebut, kamu bakal menjumpai gedung-gedung Museum yang berjarak sangat dekat satu dengan lainnya. Bahkan, saking dekatnya jarak antara satu museum dengan museum lain, kamu hanya bisa menempuhnya dengan berjalan kaki.

Museum di Kota Tua Jakarta

Berikut sederet museum Kota Tua yang bisa dijadikan sebagai tujuan wisata dan sekaligus mengulas sejarah Indonesia.

1. Museum Bank Indonesia

Museum Bank Indonesia

Museum Bank Indonesia – TICMPU

Pada awalnya, Museum Bank Indonesia ini merupakan bangunan gereja sebagai tempat beribadah umat kristen protestan hingga rumah sakit. Namun, seiring berjalannya waktu, pada tahun 2006 tempat tersebut kini diubah menjadi Museum Bank Indonesia.

Pada saat kamu berkunjung museum ini, kamu akan disambut dengan bangunan megah dan sangat bernilai akan sejarahnya. Tak hanya itu, kamu yang berkunjung bisa bebas menjelajahi museum ini. Kamu juga belajar tentang sejarah mata uang yang ada di Indonesia.

Museum ini buka mulai mulai hari Selasa sampai Jumat dari jam 08.00-15.30 dan Sabtu-Minggu dari jam 08.00-16.00, adapun tiket masuknya hanya Rp5.000 saja.

2. Museum Mandiri

Museum Mandiri

Museum Mandiri – Kompas

Tempat ini berlokasi di Kecamatan Taman Sari, Jakarta Barat, menjadi salah satu tempat yang patut kamu kunjungi. Bagaimana tidak, bangunan ini merupakan peninggalan masa kolonial yang tentunya menyimpan segudang sejarah.

Tak hanya itu, bagi wisatawan yang berkunjung akan melihat benda-benda yang membantu proses perbankan. Seperti mesin ketik, kalkulator, mesin penghitung uang logam, mesin pembukuan serta mesin ATM tunai dahulu yang bentuknya unik.

3. Museum Sejarah Jakarta

Bangunan Museum Sejarah Jakarta

Bangunan Museum Sejarah Jakarta – Dinas Kebudayaan DKI Jakarta

Museum Sejarah Jakarta atau yang terkenal sebagai museum Fatahillah merupakan salah satu ikon utama di kawasan Kota Tua Jakarta. Bukan hanya bangunannya yang bernuansa Belanda, museum ini juga menyimpan banyak sejarah yang menarik.

Lebih dari itu, museum ini dulunya bernama Oud Batavia atau Batavia Lama. Yang mana, dulunya museum ini sendiri menggunakan bangunan bekas Balai Kota pertama Batavia. Ketika berkunjung kesini, kamu akan merasakan suasana era kolonial.

Museum ini buka setiap hari Selasa sampai Minggu pada pukul 08.00-17.00 serta tutup pada hari Senin dan hari libur nasional. Adapun untuk harga tiket nya hanya Rp5.000 saja.

4. Museum Seni Rupa dan Keramik

Bangunan Edukasi Seni Rupa dan Keramik

Museum Seni Rupa dan Keramik – Dinas Kebudayaan DKI Jakarta

Tempat ini merupakan salah satu museum cagar budaya yang bisa kamu temui di Kota Tua Jakarta. Ya, museum Seni Rupa dan Keramik, merupakan museum yang berada di bawah naungan Dinas Kebudayaan DKI Jakarta dengan koleksi lukisan, patung, sketsa dan keramik.

Museum ini sangat patut di kunjungi bagi kamu para pecinta seni lukis. Pasalnya, museum ini menjadi saksi sejarah perkembangan seni di Negara Indonesia. Namun sayang, saat mengunjungi museum yang satu ini, pengunjung tidak diperbolehkan memotret pada bagian galeri lukisan.

Akan tetapi, jangan khawatir karena kamu bisa mengetahui informasi seputar lukisan tersebut dengan aplikasi Siji. Kamu hanya cukup mengarahkan kamera dan scan lukisan bertanda SIJLable dan kamu bisa melihat gambar, film, dan dokumenter.

Museum ini buka dari hari Selasa sampai Minggu pukul 08.00-17.00. Sementara, hari Senin dan libur nasional, museum ini akan tutup. Adapun untuk harga masuk seharga Rp5.000 dan Rp3.000 untuk mahasiswa atau pelajar.

5. Museum Wayang

Museum Wayang

Museum Wayang – Istimewa

Merupakan salah satu tempat wisata yang menyimpan banyak sejarah, Museum Wayang ini sangat menarik untuk dikunjungi. terlebih, di Mesum ini kamu bisa belajar mengenai sejarah yang berkembang di Jakarta maupun Indonesia .

Di sini juga kamu akan melihat koleksi wayang dengan deskripsi sejarah yang bisa di pelajari. Mulai dari filosofis, bahan, tokoh pemeran dan lainnya. Adapun koleksi wayang yang ada di museum ini sangat beragam. Mulai dari wayang golek, wayang kulit, dan wayang lainnya dengan kreatifitas anak bangsa.

Selain itu, kamu bisa datang di hari Selasa sampai Jumat pada pukul 09.00-16.30, dan untuk hari libur tempat ini ditutup. Untuk harga tiket masuknya pun, hanya sebesar Rp5000 dan Rp2000 untuk mahasiswa atau pelajar.

Nah, itulah sederet Museum yang ada di Kota Tua Jakarta, yang mana tentunya menyimpan sejarah tersendiri. Bagaimana tertarik untuk mengunjungi? Do you wanna come?

Tanggapan

Belum ada

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Konten Terkait

Konten Terbaru