5 Olahraga yang Cocok Dilakukan Saat Puasa, Badan Tetap Sehat!

Admin 0 Komentar

Tak terasa bulan Ramadhan akan kita sambut lagi di tahun 2023 ini. Namun, ini jangan jadi alasan untuk melewatkan olahraga saat puasa ya.

INDIFFS.COM – Tak terasa bulan Ramadhan akan kita sambut lagi di tahun 2023 ini. Namun, ini jangan jadi alasan untuk melewatkan olahraga saat puasa ya.

Meskipun menyegarkan dan menyehatkan badan, olahraga adalah kegiatan yang melelahkan. Karenanya, banyak yang berpikir bahwa olahraga ketika puasa adalah hal yang tidak seharusnya dilakukan.

Padahal, tubuh kita kuat-kuat saja loh untuk tetap diajak aktif ketika harus menahan lapar dan haus. Namun, ada hal-hal yang perlu jadi perhatian kalau kamu berniat untuk olahraga saat puasa. Mulai dari kecukupan cadangan energi di badan, waktu olahraga yang tepat, hingga jenis olahraga yang kamu lakukan harus dipertimbangkan baik-baik supaya tidak tumbang di tengah jalan.

Ada beberapa olahraga sederhana yang sangat cocok dilakukan saat berpuasa. Dilansir dari berbagai sumber, ada beberapa olahraga sederhana yang dapat dilakukan selama berpuasa.

1. Jalan Kaki

Jalan kaki dianggap sebagai olahraga ringan saat puasa yang boleh dilakukan. Kamu pun bisa melakukan jalan di tempat, loh. Jalan kaki memiliki banyak manfaat untuk tubuh, termasuk menjaga kebugaran jantung dan paru-paru. Melakukan olahraga ini juga bantu menurunkan risiko penyakit jantung dan stroke, memperkuat tulang dan menstabilkan tubuh, meningkatkan kekuatan serta ketahanan otot, hingga mengurangi lemak tubuh.

2. Yoga

Yoga adalah olahraga yang sangat bermanfaat untuk tubuh dan pikiran. Olahraga ini dapat membantu menjaga keseimbangan dan kekuatan tubuh, dan membantu meredakan stres. Namun, perlu diingat untuk memilih gerakan yoga yang tidak terlalu berat dan tidak menguras tenaga.

3. Push Up

Manfaat push up untuk tubuh tak perlu diragukan lagi. Gerakan olahraga saat puasa ini juga bisa jadi inspirasi. Rasakan otot pada perut yang lebih kencang ketika rutin menerapkan olahraga ini.

Bahkan tak memerlukan alat olahraga tertentu, hanya beralas lantai saja bisa langsung dipraktikkan, lho. Waktu terbaik untuk melakukan gerakan olahraga saat puasa ini bisa di pagi hari setelah sahur.

4. Senam Zumba

Senam zumba merupakan salah satu cara paling efektif bagi kamu yang ingin membakar lebih banyak kalori dengan berolahraga. Zumba juga baik untuk meningkatkan fungsi sistem kardiovaskular dan juga menjaga kebugaran.

5. Bersepeda

Salah satu olahraga yang cocok dilakukan saat puasa selanjutnya adalah bersepeda. Bersepeda dapat membantu meningkatkan kinerja jantung sehingga aliran darah dalam tubuh akan tetap lancar.

Bersepeda saat puasa sangat cocok dilakukan sore hari sambil menunggu waktu berbuka. Dengan rutin bersepeda minimal lima belas menit setiap hari akan membuat tubuh terasa lebih bugar.

Nah itulah rekomendasi olahraga yang bisa kamu lakukan selama bulan Ramadhan tahun ini. Kira-kira, selama bulan puasa nanti kamu mau pilih olahraga yang mana nih? Tulis di kolom komntar ya!

Tanggapan

Belum ada

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Konten Terkait

[quads id=1]

Konten Terbaru