5 Sunnah saat Sahur Ramadhan, Agar Puasa Lancar dan Berkah!

Admin 0 Komentar

Bagi yang akan menjalankan ibadah puasa wajib maupun sunnah, terdapat amalan sunnah saat sahur Ramadhan yang bisa kamu kerjakan.

INDIFFS.COM – Sahur adalah sebuah istilah Islam yang merujuk pada aktivitas makan oleh umat Islam yang dilakukan pada dini hari. Bagi yang akan menjalankan ibadah puasa wajib maupun sunnah, terdapat amalan sunnah saat sahur Ramadhan yang bisa kamu kerjakan.

Sahur menjadi salah satu hal penting yang tidak boleh terlewatkan selama bulan Ramadhan. Meskipun hukum makan sahur adalah sunnah dan bagi yang tidak melakukan sahur tetap sah untuk ibadah puasa Ramadhan nya. Selain merupakan bagian dari ibadah, sahur juga akan membantu kita bertahan selama 12 jam tanpa makan dan minum apapun.

Nabi Muhammad SAW mengatakan santap sahur merupakan bagian dari ibadah puasa di bulan Ramadhan. Menikmati makanan sebelum mulai berpuasa juga dilakukan oleh Rasulullah. Agar ibadah makin berkah, ada baiknya untuk mengikuti tips sahur seperti yang dijalani Rasulullah.

Sunnah Saat Sahur Ramadhan

Mengutip dari berbagai sumber, berikut beberapa sunnah yang bisa kamu lakukan saat sahur Ramadhan 2023:

1. Mengakhiri Makan Sahur Mendekati Waktu Fajar

Anjuran untuk menunda sahur hingga mendekati waktu terbitnya fajar, terdapat dalam Hadist, yaitu saat Ibnu Abbas RA bertanya kepada sahabat yang lain, Zaid bin Tsabit RA:

“Berapa biasanya jarak sahur Rasulullah dengan azan (subuh)? Zaid menjawab: sekitar 50 ayat,” (HR. Bukhari no.1921 dan Muslim no.1097).

2. Jangan Makan dan Minum Secara Berlebihan

Tips makan sahur sesuai Rasulullah berikutnya adalah jangan makan dan minum secara berlebihan. Salah satu trik yang dilakukan oleh banyak orang agar merasa kenyang selama puasa adalah dengan mengonsumsi banyak makanan saat sahur. Padahal makan terlalu banyak saat sahur juga tidak menjamin Anda kenyang seharian. Selain menimbulkan masalah pencernaan, makan dan minum berlebihan juga sangat dibenci oleh Allah SWT.

Allah SWT berfirman. “Wahai anak cucu Adam! Pakailah pakaianmu yang bagus pada setiap (memasuki) masjid, makan dan minumlah, tetapi jangan berlebihan. Sungguh, Allah tidak menyukai orang yang berlebih-lebihan.” (QS. Al-A’raf 7: Ayat 31).

Makan dan minum secara berlebih adalah cara yang salah jika dilakukan saat makan sahur. Agar mendapat keberkahan, Rasulullah menganjurkan untuk makan dan minum sahur secukupnya dan tidak berlebihan.

3. Makan Sahur dengan Kurma

Rasulullah SAW menganjurkan untuk menjadikan kurma sebagai salah satu menu sahur. Beliau bersabda, “Sebaik-baiknya makanan sahur orang beriman adalah kurma,” (Riwayat Abu Dawud dan Ibnu Hibban).

4. Perbanyak Istighfar

Salah satu waktu yang baik untuk meminta ampunan kepada Allah SWT, yaitu saat Sahur. Oleh karena itu, saat sahur dianjurkan untuk memperbanyak Istighfar agar menghapus dosa-dosa yang ada.

5. Perbanyak Doa

Selain Istighfar, saat sahur juga disarankan untuk memperbanyak doa, sebagaimana dalam Sabda Nabi Muhammad SAW:

Rabb kita turun ke langit dunia pada sepertiga malam yang akhir pada setiap malamnya. Kemudian berfirman, ‘Orang yang berdoa kepada-Ku, akan Aku kabulkan. Orang yang meminta sesuati kepada-Ku, akan Kuberikina. Orang yang meminta ampun dari-Ku, akan Kuampuni,” (HR. Bukhari nomor 1145 dan Muslim no.758.

Demikian penjelasan terkait amalan sunnah yang bisa kamu lakukan saat sahur Ramadhan, semoga bermanfaat!

Tanggapan

Belum ada

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Konten Terkait

Konten Terbaru