5 Tanda Datangnya Tsunami, Ketahui Untuk Waspadai Bencana

Resa Azzahra 0 Komentar

Sebagai upaya mewaspadai adanya bencana alam kita perlu mengetahui tanda atau ciri datang nya tsunami. Simak ulasan lengkapnya disini!

INDIFFS.COM – Tsunami merupakan salah satu jenis bencana alam yang berkaitan dengan gelombang lautan yang sangat besar. Sebagai informasi, Indonesia merupakan salah satu negara yang berada di antara tiga lempeng tektonik serta cincin api. Untuk itu, kita perlu mengetahui tanda datangnya tsunami sebagai upaya penyelamatan diri.

Bencana tsunami dipacu oleh terjadinya erupsi dibawah laut, seperti longsor, gempa bumi, hantaman meteor maupun letusan nuklir yang tidak sengaja menghantam lautan luas. Hal itu bisa berdampak pada hilangnya harta benda, perasaan traumatis hingga banyaknya korban jiwa.

Tanda Tsunami

Tsunami bencana alam yang sangat berbahaya, maka penting untuk kita mengenali tanda-tandanya. Sebab, kita tidak dapat memprediksi bencana tersebut akan datang menimpa kita kapan dan dimana. 

Untuk lebih jelasnya, ketahui beberapa ciri tsunami berikut ini:

1. Terjadi Gempa Besar

Kejadian tsunami umumnya terjadi dalam waktu kurang dari 40 menit, setelah kejadian gempa bumi besar dalam bawah laut. Durasi gempa besar terjadi sebelum tsunami berkisaran 20 detik. Gempa ini diakibatkan oleh reaksi tektonik dengan gempa besar atau bermagnitudo lebih dari 7. Saat di dekat pantai, sebaiknya berhati-hati bila terjadi gempa bumi, karena tsunami bisa terjadi karena adanya gempa dalam laut atau dekat laut.

2. Perhatikan Suara Ombak 

Banyak korban tsunami mengatakan, jika datangnya gelombang tsunami diawali dengan suara gemuruh yang keras mirip dengan kereta barang dan pesawat zet, segeralah berlari ke daratan yang lebih tinggi dan hindari lebah atau sungai. Bunyi tersebut terjadi karena adanya proses pergeseran lempeng bumi dalam laut. Lempengan yang patah tadi menabrak air laut, akhirnya menghasilkan suara yang keras. 

3. Penurunan Air Laut

Penurunan air laut yang cepat dan tidak seperti biasanya, maka segeralah mencari tempat untuk berlindung. Sebelum terjadi gelombang tsunami, air laut akan terlebih dahulu surut dengan cepat dan kemudian kembali dengan kekuatan yang sangat besar. 

Surut nya air laut sebagai ciri tsunami ini bahkan membuat ikan dan karang tampak di permukaan. Sebab, terjadinya lempengan bumi di bawah laut, otomatis air laut akan mengisi ruang yang dibuat oleh lempeng bumi terbuka.

4. Gelombang Tak Biasa atau Aneh

Gelombang yang muncul tak biasa atau aneh bisa menjadi ciri datang nya tsunami, karena pada umumnya gelombang air laut akan datang secara tiba-tiba serta berulang dengan energi yang kuat dan akan muncul mulai dari gelombang kecil hingga semakin besar. Setelah itu, muncullah tsunami yang sisanya mengakibatkan erosi tanah.

5. Awan Berubah dan Kedatangan Burung

Ketika awan berubah jadi lebih gelap dan mendung. Bahkan, tak jarang terlihat tornado atau angin serupa lainnya dia atas laut yang akan terjadi bencana alam tsunami. Hal ini pun terjadi karena adanya gelombang elektromagnetik yang berasa dari lapisan dasar atmosfer bumi.

Tanda lainnya dapat terdeteksi dengan kedatangannya buru atau hewan lain. Biasanya ada beberapa burung muncul di area laut. Binatang tersebut akan cenderung menjauhi area laut karena insting tajam hewan akan bahaya yang terjadi.

Demikianlah beberapa tanda datang nya tsunami yang perlu kita sadari. Waspada akan bencana alam yang dapat datang kapan saja dan dimana saja. Semoga artikel ini dapat membantu kita semua.

Tanggapan

Belum ada

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Konten Terkait

Konten Terbaru