5 Tanda Pembekuan Darah di Otak Yang Perlu Diwaspadai!

Resa Azzahra 0 Komentar

Untuk menjaga kesehatan sebaiknya kita mengetahui tanda pembekuan darah di otak yang dapat mengakibatkan stroke. Untuk itu simak berikut ini!

INDIFFS.COM – Setiap orang perlu waspada dengan adanya tanda pembekuan darah di otak. Karena penyakit ini bisa menyebabkan serangan stroke dan dapat mengancam jiwa apabila terlambat untuk ditangani. 

Pembekuan darah ini terbentuk saat trombosit dan protein plasma yang menebal, dengan membantukan massa sernisolid. Proses ini kemungkinan di picu oleh luka atau dapat terjadi pada pembuluh darah yang tidak memiliki luka. Bekuan darah yang terbentuk dapat berpindah ke bagian atau organ lain.

Bekuan darah atau gumpalan darah merupakan respon alami tubuh ketika pembuluh darah terluka sehingga pendarahan dapat berhenti.

Tanda Pembekuan Darah Otak

Pembekuan darah di otak dapat menyebabkan sakit kepala yang tiba-tiba dan parah, disertai dengan beberapa gejala lainnya seperti mendadak kesulitan untuk melihat dan berbicara. Penderita ini juga dapat mengalami beberapa tanda gejala stroke, seperti:

1. Mati Rasa

Tanda pertama yang mungkin dirasakan ialah mati rasa atau kelumpuhan pada tubuh tertentu, seperti kaki, lengan dan yang terutama pada satu sisi tubuh. Penderita juga kemungkinan akan mengalami kelumpuhan secara persial, sehingga penderita masih mampu berjalan atau bergerak selama stroke terjadi. 

Namun jika otak berhenti berfungsi, penderita mungkin akan kehilangan keseimbangan dan kemampuan koordinasi tubuh.

2. Gangguan Penglihatan dan Bicara

Penderita cenderung akan mengalami pandangan kabur, hal ini bisa menjadi tanda awal penggumpalan darah. Bagian mata yang mengalami gangguan penglihatan bisa salah satu maupun keduanya. Sedangkan gangguan bicara, penderita dapat tiba-tiba susah bicara atau berkomunikasi. Ketika bisa bicara, terkadang kata-kata yang keluar dari mulut akan sulit untuk di pahami oleh orang lain.

3. Tiba-Tiba Sakit Kepala

Sakit kepala secara tiba-tiba dan tanpa sebab juga perlu untuk diwaspadai, apalagi sakit kepala yang disertai dengan gejala lain, seperti ingin muntah, kejang dan merasa pusing. Sakit kepala ini bisa juga disebabkan oleh pembekuan darah di otak yang sering kali terjadi tiba-tiba dan sangat berat serta terasa intens. Sebaiknya hati-hati dengan gejala ini, jika kepala sudah merasakan tanda ini sebaiknya segerakan untuk periksa ke dokter.

4. Mudah Tersedak

Pembekuan darah yang mulai menyumbat aliran darah di otak dapat menghambat kemampuan orang dalam menelan makanan dan minuman. Sehingga pengidap akan menjadi mudah untuk tersedak. Namun tanda ini belum diketahui benar apa tidaknya, jika ingin mengetahui lebih lanjut. Coba cari tahu beberapa tanda lainnya yang mungkin dialami.

5. Sering Kebingungan

Penderita stroke cenderung sering mengalami kebingungan mendadak. Misalnya, jika seseorang sedang melakukan aktivitas seperti biasanya dan tiba-tiba saja mengalami kesulitan untuk berpikir, memahami ucapan serta kesulitan untuk berbicara. Jika kamu mengalami tanda ini sebaiknya periksa kan segera ke dokter agar mendapatkan perawatan yang tepat.

Selain dari pertanda diatas, ada pula gejala yang perlu diketahui, yakni mungkin saja pertanda lainnya ialah sulit untuk berjalan, kehilangan keseimbangan, mual muntah dan kurang responsif.

Itulah beberapa tanda pembekuan darah otak yang dapat mengakibatkan stroke, yang mungkin bisa menjadi referensi. Semoga bermanfaat!

Tanggapan

Belum ada

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Konten Terkait

Konten Terbaru