5 Tanda People Pleaser, Apa Kamu Termasuk Salah Satunya?

Wiwin Indriani 0 Komentar

People pleaser bisa membuat stres, tertekan secara emosional, dan cemas berkepanjangan. Berikut terdapat beberapa tanda people pleaser.

INDIFFS.COMPeople pleaser adalah orang yang selalu ingin menyenangkan orang lain dan melupakan keinginannya sendiri. Meskipun terlihat bernilai positif, namun perilaku people pleaser yang berlebih dapat membuat seseorang stres, tertekan secara emosional, serta cemas berkepanjangan. Terdapat beberapa tanda people pleaser yang dapat kamu ketahui.

Tanda People Pleaser

Perilaku people pleaser dapat mempengaruhi potensi dan relasi seseorang terhadap orang lain. Untuk itu, perlu kamu ketahui beberapa tanda perilaku seperti ini sedini mungkin. Karena, meski nampak positif people pleaser memiliki dampak negatif secara individu. Nah, berikut ini adalah tanda-tanda people pleaser yang umum diketahui:

1. Sulit Menolak

Tanda people pleaser yang pertama yaitu sulit untuk menolak sesuatu. People pleaser akan sangat sulit bahkan jarang untuk berkata “Tidak” kepada orang lain. Hal tersebut dapat terjadi jika kita menelan mentah-mentah nasihat yang diberikan saat kita masih kecil, yaitu jangan ragu untuk mengulurkan tangan kepada orang yang membutuhkan bantuan. Tidak ada yang salah dari membantu orang lain.

Tetapi, hal tersebut dapat berdampak buruk pada dirimu jika kamu mulai mengutamakan kepentingan orang lain diatas kondisi mu, baik kondisi fisik maupun mental. Jangan ragu untuk mengatakan ‘Tidak’ pada orang lain jika kondisi fisik dan mental mu tidak memungkinkan untuk memberikan bantuan.

2. Sering Meminta Maaf

Seorang people pleaser memiliki kecenderungan sering meminta maaf untuk hal-hal yang bahkan bukan kesalahannya. Ia tidak ingin orang lain memiliki prasangka buruk tentang diri mereka. Sehingga, seolah-olah ia ingin menjadi pahlawan atau martir untuk kesalahan-kesalahan yang mungkin dapat membuat orang lain merasa tidak nyaman.

Apabila orang lain merasa tidak enak hati, maka seorang people pleaser akan bersikap overthinking dan menganggap bahwa perasaan tidak enak hati tersebut disebabkan oleh dirinya.

3. Memiliki Penilaian Rendah Terhadap Diri Sendiri

Tanda lainnya dari people pleaser yaitu jika kamu menilai dirimu sendiri lebih rendah daripada orang lain. Orang dengan penilaian diri yang rendah, umumnya membutuhkan penilaian orang untuk meningkatkan nilai personal nya. Hal tersebut dapat dicontohkan pada suatu keyakinan bahwa orang lain hanya peduli kepada kamu jika kamu berguna bagi mereka. Kamu merasa perlu mendapat pujian dan penghargaan dari orang lain untuk dapat meyakini bahwa dirimu berharga.

4. Berpura-pura Baik-baik saja Padahal Sedang Terluka

People pleaser adalah orang yang terbiasa mencurangi dirinya, ia merupakan sosok yang lihai dalam menyembunyikan perasaannya. Meskipun dia dalam keadaan marah, sedih, malu, kecewa, dan lain sebagainya. Seorang people pleaser akan menyangkal dan tetap berpura-pura terlihat baik-baik saja didepan semua orang.

Keengganan nya untuk menunjukkan kondisi yang sebenarnya itu didasari oleh adanya rasa takut akan pandangan jelek buruk orang lain terhadap dirinya. Hal tersebut yang membuat seorang people pleaser ini identik dengan karakter yang selalu ceria dan tidak punya beban hidup sama sekali. Dan tentunya selalu bersikap baik-baik saja juga tidak baik karena semua manusia pasti memiliki beban hidup.

5. Berusaha Mendapatkan Validasi

Seorang people pleaser baru akan merasa senang dan bahagia saat orang di sekitar nya merasa bahagia karenanya. Ia akan terus berusaha memenuhi kebutuhan orang di sekitar nya agar mereka memberikan pengakuan, pujian, serta rasa terima kasih atas kehadiran dan kerja keras mu. Jika dilakukan terus menerus, hal ini tentu berdampak buruk bagi dirimu sendiri karena kebahagiaan seharusnya berasal dari diri sendiri, bukan orang lain.

Tanggapan

Belum ada

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Konten Terkait

Konten Terbaru