5 Tips Belajar Efektif di Rumah Agar Cepat Paham Dan Ingat

Resa Azzahra 0 Komentar

Beberapa Pelajar Mengalami Kesulitan Untuk Belajar Terlebih Ketika Pandemi. Padahal Belajar Bermanfaat Untuk Melatih Otak. Simak Ulasannya!

Indiffs – Kebanyakan pelajar kesulitan untuk belajar, terlebih ketikan pandemi melanda, anak menjadi tidak belajar efektif dengan benar. Padahal, belajar bermanfaat untuk melatih otak dan mempersiapkan diri untuk menghadapi tes. Belajar tidak mengenal batas usia, ada dari kalangan mahasiswa, pelajar, pekerja kantoran hingga dosen.

Sekarang sudah banyak metode efektif yang bisa kamu lakukan dirumah seperti belajar online, belajar melalui situs. Selain itu juga metode ini perlu disusun waktu dan mencatat hasil belajar.

Kurangi kegiatan yang mengganggu proses belajar seperti, menunda dan lebih memilih bermain ponsel atau memilih kegiatan lain. Menunda belajar akan membuat seseorang kesulitan mencapai tujuan. Dan berikut ini tips belajar efektif yang bisa kamu lakukan dirumah.

1. Belajar Efektif dengan Latihan Serius

Sebelum belajar, sebaiknya lakukan olahraga ringan terlebih dahulu. Pasalnya olahraga dapat meningkatkan memori dan kemampuan belajar, hal ini membantu untuk menciptakan neurin di area yang berhubungan dengan memori. Cobalah untuk melakukan olahraga ringan sebelum, sesudah atau sedang istirahat.

2. Kurangi Gangguan

Cobalah untuk menghindari atau memakai sunyi kan pemberitahuan sementara di ponsel. Jauhkan ponsel selama belajar, agar proses belajar tidak terganggu, karena ponsel bisa mengurangi waktu belajar, atur waktu untuk mengatur kegiatan, main ponsel dan belajar.

3. Memahami Informasi

Ketika belajar, pahami dulu info penting dari materi yang akan di pelajari. Info yang masuk akal akan mudah untuk dihafal dan jika tidak memahami materi yang dipelajari, cari materi lain yang menggunakan bahasa lebih mudah untuk dihafal.

4.Belajar Efektif dengan Teknik Pengulangan

Cobalah dengan membuat konsep pengulangan, konsep ini membuat informasi belajar lebih mudah diingat dan diulang. pengulangan secara tegas membantu memasukkan informasi dalam ingatan. Kamu bisa membuat kartu yang berisi pertanyaan penting ketika sedang belajar dan kartu ini akan bermanfaat untuk menguji diri untuk kembali mengingat informasi.

Contohnya, kamu membuat kartu untuk mengingat materi penting setelah 2-3 hari belajar.

5. Lakukan Tes

Kamu bisa menguji atau tes pelajaran dengan mengikuti tes maupun quis untuk uji coba. sebelum mencoba, sebaiknya membaca ulang semua catatan dari buku. Hal ini dapat menggiatkan terhadap pelajaran yang telah diingat sebelumnya.

Tanggapan

Belum ada

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Konten Terkait

Konten Terbaru