5 Tips Menjaga Kesehatan Anak Agar Tetap Sehat

Resa Azzahra 0 Komentar

Menjaga Kesehatan Anak Merupakan hal Utama Dilakukan Oleh Setiap Orang Tua. Dalam Masa Kembangnya, Untuk Itu Perlu Untuk Perhatikan Anak

Indiffs – Untuk menjaga kesehatan anak merupakan hal utama yang penting untuk dilakukan oleh setiap orang tua. Untuk tumbuh kembang sang anak, tentunya orang tua harus optimal dalam menjaga kesehatannya. Jika anak sehat, tumbuh kembang nya pun akan optimal, maka anak akan selalu aktif dan ceria dalam keseharian nya.

Lantas bagaimana kita sebagai orang tua untuk menjaga kesehatannya? Ikuti dan simak tips berikut ini.

1. Berikan Sarapan Gizi yang Seimbang

Dengan memberikan makanan yang memiliki gizi yang seimbang dipagi hari, anak dapat menjadi lebih bertenaga serta semangat untuk beraktivitas. Karena saat tidur malam hari, tubuh tidak mendapatkan asupan makanan selama sekitar 8-12 jam, manfaat sarapan dapat membantu menjaga berat badan si buah hati dan berkonsentrasi lebih baik serta dengan terpenuhi kebutuhan gizi juga dapat melindunginya dari berbagai penyakit.

Kebiasaan sarapan pagi dengan gizi yang seimbang juga dapat membantu melancarkan pencernaan sang buah hati. Selalu perhatikan anak sarapan dengan makanan penuh gizi yang seimbang, seperti protein dan lemak (telur, ayam, daging, ikan), karbohidrat (nasi, roti), vitamin dan mineral (kacang-kacangan, sayur, buah, ), serta susu.

2. Tanamkan pada Anak Bahwa Minum Air Mineral itu Penting

Mengingat anak masih dalam masa pertumbuhan, para orang tua sangat wajib untuk selalu menanamkan pemikiran pada anak. Kalau makan makanan sehat dan minum mineral yang cukup itu adalah hak yang penting untuk tubuh. Dan berikan contoh pada anak bahwa si orang tua selalu makan makanan sehat dan minum air mineral. Jangan lupa, biasakan anak-anak untuk makan makanan serta camilan buatan rumah.

3. Pola Tidur Teratur

Anak yang kekurangan jam tidur akan menyebabkan sulit berkonsentrasi, obesitas, dan stabilitas. Jumlah waktu tidur bayi atau anak berbeda-beda, tergantung dari usia mereka, yakni

  • usia 0-3 bulan disarankan tidur 14-17 jam / hari
  • usia 4-11 bulan sebanyak 12-15 jam / hari
  • usia 1-2 tahun disarankan 11-14 jam / hari
  • usia 3-5 tahun disarankan 10-13 jam / hari
  • Anak dengan rentang usia 6 sampai 12 tahun 9-11 jam sehari.

4.Tanamkan Kebiasaan Membersihkan Diri dan Sekitar

Jika anak masih batita, maka orang tua harus memberikan contoh dan mengedukasi diri untuk meningkatkan kebersihan diri, rumah, dan lingkungan.

Dengan mengajaknya belajar membersihkan diri dan lingkungan dengan baik akan sangat bermanfaat untuk anak kemudian hari. Membersihkan diri dan lingkungan adalah salah satu upaya pencegahan penyakit. Jangan lupa untuk ajari anak bahwa penting nya mandi dua kali dalam sehari serta sering mencuci tangga, membersihkan kamar tidurnya lalu area tempat anak bermain.

5. Ajak Anak untuk Melakukan Aktivitas Aktif

Sebagai orang tua, harus pandai-pandai menemukan berbagai macam cara agar anak dapat diajak bermain sambil bercanda. Dengan beraktivitas bersama, dapat membuat otak terasa fresh dan sirkulasi darah menjadi lancar.Dengan memberikan batasan waktu, orang tua bisa mengarahkan anak untuk melakukan kegiatan lain seperti, belajar menyusun puzzle, belajar berhitung, belajar kosa kata baru, dan tujuannya adalah untuk merangsang perkembangan sensorik dan motorik anak.
aktivitas fisik juga dapat menjaga kesehatan psikis. Salah satu aktivitas fisik yang bisa dilakukan adalah berolahraga. Olahraga adalah sebuah aktivitas yang dapat membantu mengatur emosi anak. Selain itu, berolahraga juga dapat menjaga metabolisme tubuh tetap baik. Manfaat olahraga yang lain berupa meningkatkan kepadatan tulang (olahraga lompat tali / skipping),, bersepeda, berenang, sepak bola), meningkatkan kekuatan otot, meningkatkan fungsi kognitif dan kecerdasan si buah hati. Jadikan olahraga sebuah kebiasaan bagi anak agar bisa terbawa sampai anak beranjak dewasa.

Tanggapan

Belum ada

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Konten Terkait

Konten Terbaru